Guraru

RPP PJOK SMA KELAS XII 2021

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BDR/PJJ                         

1

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP

MataPelajaran          : Penjas

Kelas/Semester        : XII IPS-IPA/1

AlokasiWaktu          :  8 JP ( 2xPertemuan)

  KI 1.  Mengahayati dan mengamalkan agama yang dianutnya

  KI.2.              Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan llingkungan sosial dan alam serta menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia`

  KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedur berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi seni, budaya, dan humaniora dengan wawsan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, serta menerapkan pegetahuan prosedur pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstracter kait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KD 3.1 Variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.

 KD 4.1. Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan  

                  baik dalam bentuk pertandingan.

   I    TUJUAN PEMBELAJARAN

             Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat :

  1.     Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
  2. Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

  II  MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR

  1. Alat Pembelajaran :Bola sepak atau sejenisnyaLapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnyaTiang gawangTiang pancang atau sejenisnyaPeluit
  • Sumber PembelajaranMedia cetakBuku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan KesehatanBuku permainan sepakbola Media elektronikAudio/video visual teknik dasar permainan sepakbolaRekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (liga sepakbola)

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN :

  No.  Kegiatan/Tahap  DeskripsiNilai-NilaiKarakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)  Alokasi Waktu
  1Pra Pembelajaran– Menyiapkan materi dan penilain 20”
2Proses Pembelajaran   
 a. Pendahuluan                  – Memastikan semua siswa telah mengaktifkan kontak WA – Mengucapkan salam dan melakukan membiasan berdoa – Menyampaikan motivasi tentang gambaran dan manfaat mempelajari materi lanjutan tentang sepak bola. – Menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai– Nilai-nilai Karakter 
 b. Kegiatan Inti                                                            -Kegiatan literasi peserta didik diiberi panduaan untuk melihat, meengamati, menbaca dan menuliskannya materi Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik. – Critical Thinking guru memberikan kesempatan pada pesrta didik untuk mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan dengan Melakukan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.   – Collaboration peserta didik untuk mendiskusikkan,mengumpulkaninformasi dan saling tukar informasi mengenai materi Melakukan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.   – Communication peserta didik secara individu mengemukakan pendapat tentang materi lanjutan permainan sepak bola –  Creativity guru dan peserta didik membuat kesimpulan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan hal yang belum dipahamiNilai-nilai karakter   Literasi 
 c. Penutup                       – Peserta didik membuat rangkuman tentang poin-poin penting tentang materi permainan sepak bola lanjutan. – Guru memeriksa pekerjaan peserta didik serta memberikan penghargaan kepada peserta didik yang memiiliki kinerja yang baikNilai-niilai karakter   Literasi 
3Setelah Pembelajaran      – Guru memberikan salam penutup – Guru mengevaluasi hasil belajar peserta didik melalui chat pribadi  

  IV. PENILAIAN(terlampir)

PenilaianTeknik
SikapJurnal
PengetahuanLembar Kerja
KeterampilanLembar observasi diskusi

 Lampiran 1

      INTRUMEN PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

                        Satuan Pendidikan              : SMA YPKKP Bandung

                       Tahun Pelajaran                  : 2020/2021

                        Kelas/Semester                    : XII IPS-IPA/ I

                        Mata Pelajaran                    : Penjas

                        Waktu Pengamatan             : Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring

      Kompetensi Dasar 3.1: Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk   

        menghasilkan koordinasi gerak yangbaik*)

       Indikator                        :

  1.    Melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
  2.    Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.
  1. PENILAIAN SIKAP

    – Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

NoNama SiswaAspek Sikap Yang Dinilai?NA
KerjasamaKejujuranMenghargaiSemangatPercaya diriSportivitas
  123123123123123123  
1.                     
2.                     
3.                     
4.                     
5.                     
dst                     
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

                   Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%

                          Jumlah skor maksimal

Lampiran 2

B. PENILAIAN PENGETAHUAN

    – Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola  dengan metode resiprokal :

No.Nama SiswaButir-butir Pertanyaan?NA
Soal No.1Soal No.2Soal No.3Soal No.4Soal No.5
123123123123123
1.                  
2.                  
3.                  
4.                  
5.                  
dst                  
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20    

                          Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%

                             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

NoButir Pertanyaan
1.Jelaskan yang dimaksud dengan formasi permainan sepakbola!
2.Sebutkan macam-macam formasi dalam permainan sepakbola!
3.Jelaskan cara bermain sepakbola dengan formasi 4-2-4!
4.Jelaskan cara bermain sepakbola dengan formasi 4-3-3!
5.Jelaskan cara bermain sepakbola dengan formasi 4-4-2!
  1. Rekapitulasi Penilaian
No.Nama SiswaAspek PenilaianJumlahNilai AkhirKriteria
PsikomotorAfektifKognitif
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
NIlai Rata-rata      

                        Jumlah skor yang diperoleh

Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–

                           Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :

  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%

              Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara                = Kurang dari 60

    Lampiran 3

    C. PENILAIAN KETERAMPILAN

    – Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol, menggiring dan menembak bola sepak, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

  • Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)
NoNama SiswaMengumpanMengontrolMenggiringJmlNilai ProsesNilai ProdukNilai Akhir
1234?1234?1234?
1.                    
2.                    
3.                    
4.                    
5.                    
dsb                    
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12     

                     Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%

                            Jumlah skor maksimal

  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > 30 kali…… > 25 kali100%Sangat Baik
25 – 29 kali20 – 24 kali90%Baik
20 – 24 kali15 – 19 kali80%Cukup
15 – 19 kali10 – 14 kali70%Kurang
……. <  15 kali……. <  10 kali60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > 25 rintangan…… > 20 rintangan100%Sangat Baik
20 – 24 rintangan16 – 19 rintangan90%Baik
15 – 19 rintangan11 – 14 rintangan80%Cukup
10 – 14 rintangan7 – 10 rintangan70%Kurang
……. <  10 rintangan……. <  7 rintangan60%Kurang Sekali

                                                                                                Bandung,   Juli   2020

         Mengetahui,                                                                    Guru Mata Pelajaran

         Kepala    SMA YPKKP                                                                                      

Drs. Mirwan MT Maspoetra                                            Deni caswin, S.Pd

NIP 196206092007011005                                            NUPTK: –

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)BDR/PJJ

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP

MataPelajaran          : penjas

Kelas/Semester        : XII IPS-IPA/1

AlokasiWaktu          :  6 JP ( 3xPertemuan)

  KI 1. Mengahayati dan mengamalkan agama yang dianutnya

  KI.2.  Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan llingkungan sosial dan alam serta menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia`

  KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedur berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi seni, budaya, dan humaniora dengan wawsan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, serta menerapkan pegetahuan prosedur pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstracter kait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 KD 3.2 Mennganalisis permainan bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.

 KD 4.2. Mempraktikan keterampilan permainan bola voli dengan system mengcover kalau pemain pada posisi 6

 I.TUJUAN PEMBELAJARAN

            Setelah mengikuti proses pembelajaran pesrta didik diharapkan dapat:

  1.   Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
    1. Siswa dapat bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

  II.MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR

  1.    Alat Pembelajaran :Bola voli atau sejenisnyaLapangan permainan bolavoli atau lapangan sejenisnyaNet/jarring bolavoliPeluitSumber Pembelajaran :Media cetakBuku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan KesehatanBuku permainan bolavoli
  • Media elektronik
    • Audio/video visual teknik dasar permainan bolavoli
      • Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolavoli)

III.  KEGIATAN PEMBELAJARAN :

  No  Kegiatan/Tahap  DeskripsiNilai-NilaiKarakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)Alokasi Waktu
  1Pra Pembelajaran– Menyiapkan materi dan penilain  
   2Proses Pembelajaran   
 a. Pendahuluan              – Memastikan semua siswa telah mengaktifkan kontak WA – Mengucapkan salam dan melakukan membiasan berdoa – Menyampaikan motivasi tentang gambaran dan manfaat mempelajari materi permainan bola voli lanjutan– Nilai-nilai Karakter 
    – Menyampaikan tujuan pembelajar,kompetensi yang akan di capai  
 b. Kegiatan Inti                                          – Kegiatan literasi peserta didik diiberi panduaan untuk melihat, meengamati, menbaca dan menuliskannya materi permainan bola voli lanjutan – Critical Thinking guru memberikan kesempatan pada pesrta didik untuk mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan dengan materi Permainan bola voli lanjutan – Collaboration peserta didik untuk mendiskusikan,mengumpulkan informasi dan saling tukar informasi mengenai materi Permainan bola voli lanjutan – Creativy guru dan peserta didik membuat kesimpulan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan hal yang belum dipahami– Nilai-nilai Karakter   – Literasi 
 c. Penutup                – Peserta didik membuat rangkuman tentang poin-poin penting tentang materi Permainan bola voli lanjutan– Nilai-nilai Karakter   – Literasi 
3Setelah Pembelajaran      – Guru memberikan salam penutup – Guru mengevalusi hasil belajar peserta didik melalui chat pribadi  

    IV. PENILAIAN (terlampir)

PenilaianTeknik
SikapJurnal
PengetahuanLembar Kerja
KeterampilanLembar observasi diskusi

   Lampiran 1

       INTRUMEN PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

                                     Satuan Pendidikan         : SMA YPKKP Bandung

                                               Tahun Pelajaran             : 2020/2021

                                     Kelas/Semester              : XII IPS-IPA/ I

                                     Mata Pelajaran               : penjas

Waktu Pengamatan        : Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring

       Kompetensi Dasar 3.2 : Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk  menghasilkan koordinasi gerak yangbaik*)

       Indikator                    :

  1.    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
  2. Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. PENILAIAN SIKAP

            – Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

NoNama SiswaAspek Sikap Yang Dinilai?NA
KerjasamaKejujuranMenghargaiSemangatPercaya diriSportivitas
  123123123123123123  
1.                     
2.                     
3.                     
4.                     
5.                     
dst                     
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

                   Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%

                          Jumlah skor maksimal

    Lampiran 2

    B. PENILAIAN PENGETAHUAN

        Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolavoli dengan metode resiprokal :

No.Nama SiswaButir-butir Pertanyaan?NA
Soal No.1Soal No.2Soal No.3Soal No.4Soal No.5
123123123123123
1.                  
2.                  
3.                  
4.                  
5.                  
dst                  
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20    

                          Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%

                             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

NoButir Pertanyaan
1.Jelaskan yang dimaksud dengan pola dalam permainan bolavoli!
2.Sebutkan langkah-langkah menyusun suatu pola penyerangan!
3.Sebutkan empat tahap dalam melakukan smash!
4.Jelaskan cara melakukan bermain bolavoli dengan sistem cover kalau pemain pada posisi 6 didorong ke depan!
5.Jelaskan cara melakukan bermain bolavoli dengan sistem mengcover kalau pemain pada posisi 6 didorong ke belakang!
  1. Rekapitulasi Penilaian
No.Nama SiswaAspek PenilaianJumlahNilai AkhirKriteria
PsikomotorAfektifKognitif
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
NIlai Rata-rata      

                        Jumlah skor yang diperoleh

Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–

                           Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :

  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%

   Lampiran 3

   C. PENILAIAN KETERAMPILAN

        – Lakukan teknik dasar passing, servis, smash dan block, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

  • Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)
NoNama SiswaPassingServisSmashJmlNilai ProsesNilai ProdukNilai Akhir
1234?1234?1234?
1.                    
2.                    
3.                    
4.                    
5.                    
dsb                    
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12     

                     Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%

                            Jumlah skor maksimal

  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (passing bawah dan passing atas) bola dilambungkan sendiri oleh tester/siswa) selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > 35 kali…… > 30 kali100%Sangat Baik
27 – 34 kali22 – 29 kali90%Baik
19 – 26 kali14 – 21 kali80%Cukup
11 – 18 kali7 – 13 kali70%Kurang
……. <  11 kali……. <  7 kali60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis bawah) melewati net/jaring sebanyak 6 kali servis bawah (Skor maksimal 6 X 5 = 30).
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > 25 angka…… > 20 angka100%Sangat Baik
18 – 24 angka15 – 19 angka90%Baik
13 – 17 angka12 – 16 angka80%Cukup
8 – 12 angka7 – 11 angka70%Kurang
……. <  8 angka……. <  7 angka60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Smash) melewati net/jaring sebanyak 6 kali smash (Skor maksimal 6 X 5 = 30).
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > 25 angka…… > 20 angka100%Sangat Baik
20 – 24 angka15 – 19 angka90%Baik
15 – 19 angka10 – 14 angka80%Cukup
10 – 14 angka7 – 9 angka70%Kurang
……. <  10 angka……. <  7 angka60%Kurang Sekali

                                                                                                Bandung,  .Juli   2020

         Mengetahui,                                                                    Guru Mata Pelajaran

         Kepala    SMA YPKKP                                                                                      

Drs. Mirwan MT Maspoetra                                            Deni Caswin,S.Pd

NIP 196206092007011005                                            NUPTK :-

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BDR/PJJ

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP

MataPelajaran          : Penjas

Kelas/Semester        : XII IPS-IPA/1

AlokasiWaktu          : 2 JP ( 1xPertemuan)

  KI 1. Mengahayati dan mengamalkan agama yang dianutnya

  KI.2.  Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan llingkungan sosial dan alam serta menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia`

  KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedur berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi seni, budaya, dan humaniora dengan wawsan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, serta menerapkan pegetahuan prosedur pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstracter kait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 KD 3.3 Mennganalisis pola penyerangan permainan bolabasket lanjutan

 KD 4.3 Melakukan pola penyerangan permainan bola basket lanjutan dalam bentuk tulisan 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

       Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:

  1.   Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring, menembak dan rebound bola berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.
  2. Siswa dapat bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR

1.       Alat Pembelajaran :

  • Bola basket atau sejenisnya
    • Lapangan permainan bolabasket atau lapangan sejenisnya
    • Ring basket
    • Peluit

2.         Sumber Pembelajaran :

  • Media cetak
    • Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
      • Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      • Buku permainan bolabasket
        • Media elektronik
          • Audio/video visual teknik dasar permainan bolabasket
          • Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolabasket)
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
    No    Kegiatan/Tahap    Deskripsi  Nilai-NilaiKarakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)    Alokasi Waktu
1Pra Pembelajaran  – Menyiapkan materi dan penilain  
2Proses Pembelajaran   
 a. Pendahuluan                  – Memastikan semua siswa telah mengaktifkan kontak WA – Mengucapkan salam dan melakukan membiasan berdoa – Menyampaikan motivasi tentang gambaran dan manfaat mempelajari materi Permainan bola basket lanjutan– Nilai-nilai Karakter 
    – Menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai  
 b. Kegiatan Inti                                                  – Kegiatan literasi peserta didik diiberi panduaan untuk melihat,mengamati, menbaca dan menuliskannya materi Permainan bola basket lanjutan – Critical Thinking guru memberikan kesempatan pada pesrta didik untuk mengidentifikasi pertayaan yang berkaitan dengan materi permainan bola basket lanjutan – Collaboration peserta didik untuk mendiskusikan,mengumpulkan informasi dan saling tukar informasi mengenai materi Permainan bola basket lanjutan – Communication peserta didik secara  individu mengemukakan pendapat tentang materi Permainan bola basket lanjutan – Creativity guru dan peserta didik membuat kesimpulan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan hal yang belum dipaham– Nilai-nilai Karakter   – Literasi 
 c. Penutup                             – Peserta didik membuat rangkuman tentang poin-poin penting tentang materi Permainan bola basket lanjutan – Guru memeriksa pekerjaan peserta didik serta memberikan penghargaan kepada peserta didik yang memiliki kinerja yang baik– Nilai-nilai Karakter – Literasi   
3Setelah Pembelajaran      – Guru memberikan salam penutup – Guru mengevaluasi hasil belajar peserta  didik melalui chat pribadi  

     IV. PENILAIAN (terlampir)

PenilaianTeknik
SikapJurnal
PengetahuanLembar Kerja
KeterampilanLembar observasi diskusi

     Lampiran 1

         INTRUMEN PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

                                    Satuan Pendidikan       :  SMA YPKKP Bandung

                                              Tahun Pelajaran                        :  2020/2021

                                    Kelas/Semester            :  XII IPS-IPA/ I

                                     Mata Pelajaran             : Penjas

                                    Waktu Pengamatan        : Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring

Kompetensi Dasar 3.3    : Menganalisis pola penyerangan permainan bolabasket lanjutan

Indikator                        :

  1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolabasket melempar, menangkap, menggiring, menembak dan rebound bola berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.
  2. Bermain bolabasket dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. PENILAIAN SIKAP

            – Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

NoNama SiswaAspek Sikap Yang Dinilai?NA
KerjasamaKejujuranMenghargaiSemangatPercaya diriSportivitas
  123123123123123123  
1.                     
2.                     
3.                     
4.                     
5.                     
dst                     
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

                   Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%

                          Jumlah skor maksimal

     Lampiran 2

     B. PENILAIAN PENGETAHUAN

         – Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolabasket dengan metode resiprokal :

No.Nama SiswaButir-butir Pertanyaan?NA
Soal No.1Soal No.2Soal No.3Soal No.4Soal No.5
123123123123123
1.                  
2.                  
3.                  
4.                  
5.                  
dst                  
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20    

                          Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%

                             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

NoButir Pertanyaan
1.Jelaskan yang dimaksud dengan pola penyerangan permainan bola basket!
2.Sebutkan macam-macam pola penyerangan!
3.Sebutkan dasar-dasar membuat pola!
4.Jelaskan cara melakukan adegan 1-3-1 (pola diamond)!
5.Jelaskan cara melakukan adegan 1-2-1 (pola ault mann)!
  1. Rekapitulasi Penilaian
No.Nama SiswaAspek PenilaianJumlahNilai AkhirKriteria
PsikomotorAfektifKognitif
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
NIlai Rata-rata      

                        Jumlah skor yang diperoleh

Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–

                           Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :

  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%

C. TES KETERAMPILAN (Psikomotor)

Lakukan teknik dasar melempar, menangkap, menggiring, menembak dan rebound bola ke ring basket, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

  • Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolabasket (Penilaian keterampilan kecabangan)
NoNama SiswaLempar tangkapMenggiringMenembakJmlNilai ProsesNilai ProdukNilai Akhir
1234?1234?1234?
1.                    
2.                    
3.                    
4.                    
5.                    
dsb                    
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12     

                     Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%

                            Jumlah skor maksimal

  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (melempar dan menangkap bolabasket) bola dilempar dan ditangkap ke arah sasaran dinding selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
……. > 35 kali……. > 30 kali100%Sangat Baik
30 – 34 kali25 – 29 kali90%Baik
25 – 29 kali20 – 24 kali80%Cukup
20 – 24 kali15 – 19 kali70%Kurang
…… < 20 kali…… < 15 kali60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
……. > 20 rintangan……. > 17 rintangan100%Sangat Baik
17 – 19 rintangan14 – 16 rintangan90%Baik
14 – 16 rintangan11 – 13 rintangan80%Cukup
11 – 13 rintangan8 – 10 rintangan70%Kurang
…… < 11 rintangan…… < 8 rintangan60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menembak ke ring basket) selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
……. > 20 masuk……. > 17 masuk100%Sangat Baik
17 – 19 masuk14 – 16 masuk90%Baik
14 – 16 masuk11 – 13 masuk80%Cukup
11  – 13 masuk8  – 10 masuk70%Kurang
…… < 11 masuk…… < 8 masuk60%Kurang Sekali

                                                                                                Bandung,  .Juli   2020

       Mengetahui,                                                                      Guru Mata Pelajaran

       Kepala SMA YPKKP                                                                                           

      Drs. Mirwan MT Maspoetra                                                           Deni Caswin,S.Pd

      NIP 196206092007011005                                                           NUPTK :-

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)BDR/PJJ

                               4

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP

MataPelajaran          : penjas

Kelas/Semester        : XII IPS-IPA/2

AlokasiWaktu          :  2 JP ( 1xPertemuan)

  KI 1. Mengahayati dan mengamalkan agama yang dianutnya

  KI.2.  Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan llingkungan sosial dan alam serta menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia`

  KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedur berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi seni, budaya, dan humaniora dengan wawsan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, serta menerapkan pegetahuan prosedur pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstracter kait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 KD 3.4 Mennganalisis Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan  

              kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan.

  KD 4.4 Melakukan penelitian sederhana tentang  pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis!

   I    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajar peserta didik diharapkan dapat :

  1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.

2.   Siswa dapat bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri

   II   MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR

1.       Alat Pembelajaran :

  • Raket
    • Shuttlecock
    • Lapangan permainan bulutangkis atau lapangan sejenisnya
    • Net/jaring bulutangkis
    • Peluit

2.       Sumber Pembelajaran :

  • Media cetak
    • Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
      • Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      • Buku permainan bulutangkis
  • Media elektronik
    • Audio/video visual teknik dasar permainan bulutangkis

                               Rekaman/cuplikan

III.  KEGIATAN PEMBELAJARAN :

  No  Kegiatan/Tahap  DeskripsiNilai-NilaiKarakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)  Alokasi Waktu
   1Pra Pembelajaran  – Menyiapkan materi dan penilain  
 2Proses Pembelajaran   
 a. Pendahuluan              – Memastikan semua siswa telah mengaktifkan kontak WA – Mengucapkan salam dan melakukan membiasan berdoa – Menyampaikan motivasi tentang gambaran dan manfaat mempelajari materi Permainan bulu tangkis lanjutan– Nilai-nilai Karakter 
    – Menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai  
 b. Kegiatan Inti                                                  – Kegiatan literasi peserta didik diiberi panduaan untuk melihat, meengamati, menbaca dan menuliskannya materi Permainan bulu tangkis lanjutan. – Crritikal Thingking guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan dengan materi Permainan bulu tangkis lanjutan – Collaboration peserta didik untuk mendiskusikan,mengumpulkan informasi dan saling tukar informasi mengenai materi Permainan bulutangkis lanjutan – Communication peserta didik secara individu mengemukakan pendapat tentang materi Permainan bulitangkis lanjutan – Creativity guru dan peserta didik membuat kesimpulan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan hal yang belum dipahami– Nilai-nilai karrakter   – Literasi 
 c. Penutup                             -Peserta didikk membuat rangkuman tentang poin-poin pentang materi Permainan bulutangkis lanjutan -Guru memeriksa pekerjaan peserta didik serta memberikan penghargaan kepaada peserta didik yang memilikii kinerja yang baik– Nilai-nilai Karakter   -Literasi 
3Setelah Pembelajaran    – Guru memberikan salam penutup – Guru mengevaluasi hasil belajar peserta didik melalui chat pribadi  

    IV. PENILAIAN(terlampir)

PenilaianTeknik
SikapJurnal
PengetahuanLembar Kerja
KeterampilanLembar observasi diskusi

   Lampiran 1

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan             : SMA YPKKP Bandung

Tahun Pelajaran                  : 2020/2021

    Kelas/Semester                 : XII IPS-IPA/ 2

        Mata Pelajaran                   : Penjas

                                          Waktu Pengamatan                        : Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring

       Kompetensi Dasar 3.4    : Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bulutangkis lanjutan untuk menghasilkan koordinasi gerak yangbaik*)

       Indikator                      :

1 Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand,servis dan smash (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.

2   Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina  

     nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. PENILAIAN SIKAP

            Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

NoNama SiswaAspek Sikap Yang Dinilai?NA
KerjasamaKejujuranMenghargaiSemangatPercaya diriSportivitas
  123123123123123123  
1.                     
2.                     
3.                     
4.                     
5.                     
dst                     
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

                   Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%

                          Jumlah skor maksimal

      Lampiran 2

      B. PENILAIAN PENGETAHUAN

           – Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bulutangkis dengan metode resiprokal :

No.Nama SiswaButir-butir Pertanyaan?NA
Soal No.1Soal No.2Soal No.3Soal No.4Soal No.5
123123123123123
1.                  
2.                  
3.                  
4.                  
5.                  
dst                  
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20    

                          Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%

                             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

NoButir Pertanyaan
1.Jelaskan yang dimaksud dengan pola pukulan dalam permainan bulutangkis!
2.Sebutkan macam-macam bentuk pola pukulan dalam permainan bulutangkis!
3.Jelaskan cara melakukan pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis!
4.Jelaskan cara melakukan servis pendek dalam permainan bulutangkis!
5.Jelaskan cara melakukan smash permainan bulutangkis!
  1. Rekapitulasi Penilaian
No.Nama SiswaAspek PenilaianJumlahNilai AkhirKriteria
PsikomotorAfektifKognitif
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
NIlai Rata-rata      

                        Jumlah skor yang diperoleh

Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–

                           Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :

  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%

     Lampiran 3

     C. PENILAIAN KETERAMPILAN

          – Lakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand servis dan smash, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

  • Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bulutangkis (Penilaian keterampilan kecabangan)
NoNama SiswaPukulan forehandPukulan backhandServisJmlNilai ProsesNilai ProdukNilai Akhir
1234?1234?1234?
1.                    
2.                    
3.                    
4.                    
5.                    
dsb                    
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12     

                     Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%

                            Jumlah skor maksimal

  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (pukulan forehand dan backhand) Shuttlecock dipukulkan ke tembok/dinding selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > 35 kali…… > 30 kali100%Sangat Baik
30 – 34 kali25 – 29 kali90%Baik
25 – 29 kali20 – 24 kali80%Cukup
20 – 24 kali15 – 19 kali70%Kurang
…… < 20 kali…… < 15 kali60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis) melewati net/jaring sebanyak 20 kali servis (Skor maksimal 20 X 5 = 100).
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > Angka 90…… > Angka 80100%Sangat Baik
Angka 80 – 89Angka 70 – 7990%Baik
Angka 70 – 79Angka 60 – 6980%Cukup
Angka 60 – 69Angka 50 – 5970%Kurang
…… < Angka 60…… < Angka 5060%Kurang Sekali

                                                                                                Bandung,  .Juli   2020

  Mengetahui,                                                                           Guru Mata Pelajaran

  Kepala           SMA YPKKP                                                                                      

  Drs. Mirwan MT Maspoetra                                                    Deni Caswin,S.Pd

  NIP 196206092007011005                                                   NUPTK:-

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BDR/PJJ

                               5

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP

MataPelajaran          : Penjas

Kelas/Semester        : XII IPS-IPA/2

AlokasiWaktu          :  6 JP ( 2xPertemuan)

  KI 1. Mengahayati dan mengamalkan agama yang dianutnya

  KI.2.  Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan llingkungan sosial dan alam serta menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia`

  KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedur berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi seni, budaya, dan humaniora dengan wawsan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, serta menerapkan pegetahuan prosedur pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstracter kait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

  KD 3.5 Mengevaluasi macam-macam strategi pertahanan dalam permainan softball.

KD 4.5 Menyajikan Mempraktikan hasil analisis  keterampilan gerak salah satu permainan bola softball untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik**)

   I. TUJUAN PEMBELAJARAN

            Setelah mengikuti proses pembelajaran peseta didik diharapkan dapat:

  1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball melempar, menangkap dan memukul bola softball berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan koordinasi yang baik.
  2. Siswa dapat bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

  II  MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR

1.      Alat Pembelajaran :

  • Glove atau sejenisnya
    • Bola softball
    • Stik/pemukul softball
    • Lapangan permainan softball atau lapangan sejenisnya
    • Peluit

2.     Sumber Pembelajaran :

  • Media cetak
    • Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
      • Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      • Buku permainan softball
  • Media elektronik
    • Audio/video visual teknik dasar permainan softball
      • Rekaman/cuplikan pertandingan softball

III. KEGIATAN PEMBELAJARAN :

  No.  Kegiatan/Tahap  DeskripsiNilai-NilaiKarakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)Alokasi Waktu
    1  Pra Pembelajaran    – Menyiapkan materi dan penilain  
   2Proses Pembelajaran   
 a. Pendahuluan          – Memastikan semua siswa telah mengaktifkan kontak WA – Mengucapkan salam dan melakukan membiasan berdoa– Nilai-nilai Karakter 
      – Menyampaikan motivasi tentang gambaran dan manfaat mempelajari materi permainan softball lanjutan. – Menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai  
 b. Kegiatan Inti                                                  – Kegiatan literasi peserta didik diiberi panduaan untuk melihat, meengamati, menbaca dan menuliskannya materi Permaianan softball lanjutan – Critical Thinking guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan dengan materi permainan softball lanjutan – Collaboration peserta didik untuk mendiskusikan,mengumpulk an informasi dan saling tukar informasi mengenai materi Permainan softball lanjutan – Communication peserta didik secara individu mengemukakan pendapat tentang materi Permainan softball lanjutan – Creativity guru  dan pesrta didik membuat kesimpulan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan hal yang belumdipahami– Nilai-nilai Karakter 
 c. Penutup                           – Peserta didik membuat rangkuman tentang poin-poin Penting materi Permainan softball lanjutan – Guru memeriksa pekerjaan peserta didik serta memberikan penghargaan kepada pesera didik yang memiliki kinerja yang baik– Nilai-nilai Karaker – Literasi  
  3Setelah Pembelajaran      – Guru memberikan salam penutup -Guru menevaluasi hasil belajar pesera didik melalui chat pribadi  

 IV. PENILAIAN (terlampir)

PenilaianTeknik
SikapJurnal
PengetahuanLembar Kerja
KeterampilanLembar observasi diskusi

  Lampiran 1

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

 Satuan Pendidikan         : SMA YPKKP Bandung

    Tahun Pelajaran             : 2020/2021

 Kelas/Semester              : XII IPS-IPA/ 2

 Mata Pelajaran               : Penjas

 Waktu Pengamatan       : Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring

      Kompetensi Dasar 3.5    : Mengevaluasi macam macam strategi permainan sftball lanjutan.

      Indikator                        :

  1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball melempar, menangkap dan memukul bola softball berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan koordinasi yang baik.
  2. Bermain softball dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A.PENILAIAN SIKAP

            Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

NoNama SiswaAspek Sikap Yang Dinilai?NA
KerjasamaKejujuranMenghargaiSemangatPercaya diriSportivitas
  123123123123123123  
1.                     
2.                     
3.                     
4.                     
5.                     
dst                     
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

                   Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%

                          Jumlah skor maksimal

    Lampiran 2

    B. PENILAIAN PENGETAHUAN

         – Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan softball dengan metode resiprokal:

No.Nama SiswaButir-butir Pertanyaan?NA
Soal No.1Soal No.2Soal No.3Soal No.4Soal No.5
123123123123123
1.                  
2.                  
3.                  
4.                  
5.                  
dst                  
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20    

  Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%

                             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

NoButir Pertanyaan
1.Jelaskan yang dimaksud dengan taktik dalam permainan softball!
2.Sebutkan macam-macam strategi pertahanan dalam permainan softball!
3.Jelaskan cara melakukan melempar dan menangkap bola permainan softball!
4.Jelaskan cara melakukan melambungkan dan memukul bola permainan softball!
5.Jelaskan cara melakukan melambungkan, memukul dan menangkap bola permainan softball!
  1. Rekapitulasi Penilaian
No.Nama SiswaAspek PenilaianJumlahNilai AkhirKriteria
PsikomotorAfektifKognitif
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
NIlai Rata-rata      

                        Jumlah skor yang diperoleh

Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–

                           Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :

  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%

  Lampiran 3

  C. PENILAIAN KETERAMPILAN

       – Lakukan teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola softball, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

  • Contoh penilaian proses teknik dasar permainan softball (Penilaian keterampilan kecabangan)
NoNama SiswaMelemparMenangkapMemukulJmlNilai ProsesNilai ProdukNilai Akhir
1234?1234?1234?
1.                    
2.                    
3.                    
4.                    
5.                    
dsb                    
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12     

                     Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%

                            Jumlah skor maksimal

  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (melempar dan menangkap bola) bola dilemparkan  ke tembok/dinding selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
……. > 40 kali……. > 35 kali100%Sangat Baik
35 – 39 kali30 – 34 kali90%Baik
30 – 34 kali25 – 29 kali80%Cukup
25 – 29 kali20 – 24 kali70%Kurang
…… < 25 kali…… < 20 kali60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (memukul) bola sebanyak 10 kali pukulan (Skor maksimal 10 X 5 = 50).
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
……. > Angka 40……. > Angka 30100%Sangat Baik
Angka 30 – 39Angka 25 – 2990%Baik
Angka 20 – 29Angka 10 – 2480%Cukup
Angka 10 – 19Angka 6 – 970%Kurang
……. < Angka 10……. < Angka 660%Kurang Sekali

                                                                                                Bandung,  .Juli   2020

         Mengetahui,                                                                    Guru Mata Pelajaran

         Kepala    SMA YPKKP                                                                                      

         Drs. Mirwan MT Maspoetra                                                    Deni Caswin,S.Pd

         NIP 196206092007011005                                               NUPTK :-

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BDR/PJJ

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP

MataPelajaran          : Penjas

Kelas/Semester        : XII IPS-IPA/1

AlokasiWaktu          :  2 JP ( 1xPertemuan)

  KI 1. Mengahayati dan mengamalkan agama yang dianutnya

  KI.2.  Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan llingkungan sosial dan alam serta menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia`

  KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedur berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi seni, budaya, dan humaniora dengan wawsan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, serta menerapkan pegetahuan prosedur pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstracter kait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

KD 3.5 Mengevaluasi macam-macam strategi pertahanan dalam permainan tenis meja Lanjutan

KD 4.5 Menyajikan Mempraktikan hasil analisis  keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil ( tenis meja )untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik**)

 I. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran peseta didik diharapkan dapat:

  1.    Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok)  dalam bentuk pola pertahanan dan pola penyerangan dengan koordinasi yang baik.
  2. Siswa dapat bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR

1.      Alat Pembelajaran :

  • Bat/pemukul
    • Bola pingpong
    • Lapangan permainan tenis meja atau lapangan sejenisnya
    • Net/jaring tenis meja
    • Peluit

2.      Sumber Pembelajaran :

  • Media cetak
    • Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
      • Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      • Buku permainan tenis meja

III.  KEGIATAN PEMBELAJARAN :

  No  Kegiatan/Tahap  DeskripsiNilai-NilaiKarakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)  Alokasi Waktu  
1Pra Pembelajaran  – Menyiapkan materi dan penilain  
2Proses Pembelajaran   
 a. Pendahuluan                  – Memastikan semua siswa telah mengaktifkan kontak WA – Mengucapkan salam dan melakukan membiasan berdoa – Menyampaikan motivasi tentang gambaran dan manfaat mempelajari materi permainan bola kecil (tenis meja) – Menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang akan dicapai  – Nilai-nilai Karakter 
   b. Kegiatan Inti                – Kegiatan literasi peserta didik diiberi panduaan untuk melihat, meengamati, menbaca dan menuliskannya materi Permainan bola kecil( tenis meja) – Critical Thinking guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan dengan materi permainan bola kecil ( tenis meja) – Collaboration peserta didik untuk mendiskusikan,mengumpulk an informasi dan saling tukar informasi mengenai materi Permainan bola kecil ( tenis meja) – Communication peserta didik secara individu mengemukakan pendapat tentang materi Permainan bola kecil ( tenis meja) – Creativity guru  dan pesrta didik membuat kesimpulan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan hal yang belumdipahami  
 c. Penutup             -Peserta didik membuat rangkuman tentang poin-poin Penting materi Permainan bola kecil ( tenis meja ) – Guru memeriksa pekerjaan peserta didik serta memberikan penghargaan kepada pesera didik yang memiliki kinerja yang baik  
3Setelah Pembelajaran  -Guru memberikan salam penutup -Guru menevaluasi hasil belajar pesera didik melalui chat pribadi  

    IV. PENILAIAN

PenilaianTeknik
SikapJurnal
PengetahuanLembar Kerja
KeterampilanLembar observasi diskusi

       Lampiran 1

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan         : SMA YPKKP Bandung

Tahun Pelajaran              : 2020/2021

Kelas/Semester              : XII IPS-IPA/ I

Mata Pelajaran               : Penjas

      Waktu Pengamatan        : Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring

       Kompetensi Dasar 3.1      : Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil ( tenis meja )   

 lanjutan  untuk menghasilkan koordinasi gerak yangbaik*)

      Indikator                        :

  1.  Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok)  dalam bentuk pola pertahanan dan pola penyerangan dengan koordinasi yang baik.
  2. Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.
  1. PENILAIAN SIKAP

    – Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

NoNama SiswaAspek Sikap Yang Dinilai?NA
KerjasamaKejujuranMenghargaiSemangatPercaya diriSportivitas
  123123123123123123  
1.                     
2.                     
3.                     
4.                     
5.                     
dst                     
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

                   Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%

                          Jumlah skor maksimal

Lampiran 2

B. PENILAIAN PENGETAHUAN

   Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan tenis meja dengan metode resiprokal :

No.Nama SiswaButir-butir Pertanyaan?NA
Soal No.1Soal No.2Soal No.3Soal No.4Soal No.5
123123123123123
1.                  
2.                  
3.                  
4.                  
5.                  
dst                  
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20    

                          Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%

                             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

NoButir Pertanyaan
1.Jelaskan yang dimaksud dengan pola pertahanan permainan tenis meja!
2.Sebutkan macam-macam bentuk pola pertahanan permainan tenis meja!
3.Jelaskan cara melakukan pukulan servis permainan tenis meja!
4.Jelaskan cara melakukan pukulan smash permainan tenis meja!
5.Jelaskan cara melakukan pukulan servis dilanjutkan smash permainan tenis meja!
  1. Rekapitulasi Penilaian
No.Nama SiswaAspek PenilaianJumlahNilai AkhirKriteria
PsikomotorAfektifKognitif
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
NIlai Rata-rata      

                        Jumlah skor yang diperoleh

Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–

                           Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :

  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%

Lampiran 3

C. PENILAIAN KETERAMPILAN

     – Lakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand dan servis, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

  • Contoh penilaian proses teknik dasar permainan tenis meja (Penilaian keterampilan kecabangan)
NoNama SiswaPukulan forehandPukulan backhandServisJmlNilai ProsesNilai ProdukNilai Akhir
1234?1234?1234?
1.                    
2.                    
3.                    
4.                    
5.                    
dsb                    
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12     

                     Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%

                            Jumlah skor maksimal

  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (pukulan forehand dan backhand) bola dipukulkan ke papan/dinding selama 30 detik.
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > 35 kali…… > 30 kali100%Sangat Baik
30 – 34 kali25 – 29 kali90%Baik
25 – 29 kali20 – 24 kali80%Cukup
20 – 24 kali15 – 19 kali70%Kurang
…… < 20 kali…… < 15 kali60%Kurang Sekali
  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis) melewati net/jaring sebanyak 20 kali servis (Skor maksimal 10 X 5 = 50).
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
…… > Angka 40…… > Angka 30100%Sangat Baik
Angka 30 – 39Angka 22 – 2990%Baik
Angka 20 – 29Angka 15 – 2180%Cukup
Angka 10 – 19Angka 8 – 1470%Kurang
…… < Angka 10…… < Angka 860%Kurang Sekali

                                                                                                Bandung,  .Juli   2020

         Mengetahui,                                                                    Guru Mata Pelajaran

         Kepala    SMA YPKKP                                                                                      

Drs. Mirwan MT Maspoetra                                            Deni Caswin, S.Pd

NIP 196206092007011005                                            NUPTK :-

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BDR/PJJ

Satuan Pendidikan   : SMA YPKKP

MataPelajaran          : Penjas

Kelas/Semester        : XII IPS-IPA/1

AlokasiWaktu          :  2 JP ( 1xPertemuan)

  KI 1. Mengahayati dan mengamalkan agama yang dianutnya

  KI.2.  Menunjukan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan llingkungan sosial dan alam serta menepatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia`

  KI.3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedur berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi seni, budaya, dan humaniora dengan wawsan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, serta menerapkan pegetahuan prosedur pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

  KI.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstracter kait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 KD 3.1 Mennganalisis macam-macam teknik dasar lari gawang dalam canbang Atletik.

KD 4.1 Mempraktikan hasil analisis  keterampilan gerak salah satu cabang olah raga Atletik ( lari Gawang )

               untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik**)

I.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran peseta didik diharapkan dapat:

  1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jangkit (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
  2. Siswa dapat melakukan perlombaan lompat jangkit dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

II.  MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR

1.         Alat Pembelajaran :

  • Lintasan lompat jangkit
    • Bak lompat jangkit
    • Kapur
    • Bendera
    • Peluit

2.         Sumber Pembelajaran :

  • Media cetak
    • Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
      • Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
      • Buku atletik
        • Media elektronik
          • Audio/video visual teknik dasar atletik
          • Rekaman/cuplikan perlombaan lompat jangkit

III.  KEGIATAN PEMBELAJARAN :

  No  Kegiatan/Tahap  DeskripsiNilai-NilaiKarakter/PPK/ 4C/HOTS/Literasi/Kecakapan Hidup/PHBS/Protokol Covid-19)  Alokasi Waktu  
1Pra Pembelajaran  – Menyiapkan materi dan penilain  
2Proses Pembelajaran   
 a. Pendahuluan        – Memastikan semua siswa telah mengaktifkan kontak WA – Mengucapkan salam dan melakukan membiasan berdoa– Nilai-nilai Karakter 
  – Menyampaikan motivasi tentang gambaran dan manfaat mempelajari materi tentang cabang olah raga Atletik ( lari Gawang) – Menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang akan dicapa  
    
 b. Kegiatan Inti            – Kegiatan literasi peserta didik diiberi panduaan untuk melihat, meengamati, menbaca dan menuliskannya materi cabang olah raga Atletik ( lari gawang) – Critical Thinking guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan dengan materi cabang olah raga atletik ( lari gawang) – Collaboration peserta didik untuk mendiskusikan,mengumpulk an informasi dan saling tukar informasi mengenai materi cabang olah rga atletik ( lari gawang) – Communication peserta didik secara individu mengemukakan pendapat tentang materi cabang olah raga atletik ( lari gawang ) – Creativity guru  dan pesrta didik membuat kesimpulan juga diberi kesempatan untuk menyampaikan hal yang belumdipahami  
 c. Penutup                       – Peserta didik membuat rangkuman tentang poin-poin Penting materi tentang cabang olah rga atletik( lari gawang) – Guru memeriksa pekerjaan peserta didik serta memberikan penghargaan kepada pesera didik yang memiliki kinerja yang baik  
3Setelah Pembelajaran      – Guru memberikan salam penutup -Guru menevaluasi hasil belajar pesera didik melalui chat pribadi  

    IV. PENILAIAN

PenilaianTeknik
SikapJurnal
PengetahuanLembar Kerja
KeterampilanLembar observasi diskusi

  Lampiran 1

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan      : SMA YPKKP Bandung

                                                  Tahun Pelajaran         : 2020/2021

Kelas/Semester           : XII IPS-IPA/ I

       Mata Pelajaran           : Penjas

       Waktu Pengamatan    : Pada saat pelaksanaan pembelajaran daring

       Kompetensi Dasar 3.1     : Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan olah raga cabang atletik ( lari gawang) untuk menghasilkan koordinasi gerak yangbaik*)

      Indikator                        :

  1. Melakukan teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
  2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari gawang 110 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.

A. PENILAIAN SIKAP

Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)

Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

NoNama SiswaAspek Sikap Yang Dinilai?NA
KerjasamaKejujuranMenghargaiSemangatPercaya diriSportivitas
  123123123123123123  
1.                     
2.                     
3.                     
4.                     
5.                     
dst                     
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18   

                   Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Afektif  =  —————————————– X  100%

                          Jumlah skor maksimal

Tes Pengetahuan (Kognitif

Lampiran 2

B. PENILAIAN PENGETAHUAN

    – Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar lari gawang (110 meter) dengan metode resiprokal :

No.Nama SiswaButir-butir Pertanyaan?NA
Soal No.1Soal No.2Soal No.3Soal No.4Soal No.5
123123123123123
1.                  
2.                  
3.                  
4.                  
5.                  
dst                  
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15    

                          Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Kognitif  =  —————————————– X  100%

                             Jumlah skor maksimal

      Contoh Butir Pertanyaan

NoButir Pertanyaan
1.Sebutkan macam-macam teknik dasar lari gawang!
2.Sebutkan start yang sering digunakan pada lari gawang!
3.Jelaskan sikap badan di atas gawang lari gawang!
4.Jelaskan cara kaki menapak lari gawang 110 meter!
5.Jelaskan cara melakukan gerakan lari gawang 110 meter!
  1. Rekapitulasi Penilaian
No.Nama SiswaAspek PenilaianJumlahNilai AkhirKriteria
PsikomotorAfektifKognitif
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       
6.       
7.       
8.       
9.       
10.       
NIlai Rata-rata      

                        Jumlah skor yang diperoleh

Nilai Akhir (NA)  =  —————————————–

                           Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :

  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara                = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                              = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                          = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                         = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara             = Kurang dari 60%

Lampiran 3

C. PENILAIAN KETERAMPILAN

Lakukan teknik dasar lari gawang 110 meter, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

  • Contoh penilaian proses teknik dasar lari gawang 110 meter (Penilaian keterampilan kecabangan)
NoNama SiswaSikap AwalGerakan LariFinishJmlNilai ProsesNilai ProdukNilai Akhir
1234?1234?1234?
1.                    
2.                    
3.                    
4.                    
5.                    
dsb                    
  JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12     

                     Jumlah skor yang diperoleh

Penilaian Proses  =  —————————————– X  100%

                            Jumlah skor maksimal

  • Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (lari gawang 110 meter).
Perolehan NilaiKriteria PengskoranKlasifikasi Nilai
PuteraPuteri
….. < 25 detik….. < 30 detik100%Sangat Baik
25,01 – 30.00 detik30.01 – 40.00 detik90%Baik
30.01 – 40.00 detik40.01 – 50.00 detik80%Cukup
40.01. – 50.00 detik50.01 – 60.00 detik70%Kurang
…… > 50.00 detik…… > 60.00 detik60%Kurang Sekali

                                                                                                     Bandung,  .Juli   2020

         Mengetahui,                                                                    Guru Mata Pelajaran

         Kepala    SMA YPKKP                                                                                      

Drs. Mirwan MT Maspoetra                                            Deni caswin, S.Pd

NIP 196206092007011005                                            NUPTK :-

LINK DOWNLOAD RPP PJOK SMA KELAS XII 2021>>https://userscloud.com/au1fkdtpl2xf

Loading

2 thoughts on “RPP PJOK SMA KELAS XII 2021”

  1. FitriyaniElHasan

    Ngomong mapel penjaskes ini ya pak. Rekan saya selaku guru pengampunya malah sedikit kebingungan dengan RPP darurat daring ini ?

    1. Adit Tristian

      Iyabu, bagaimana?
      Kebetulan saya dpt dr rekan yg guru pjok. Mohon maaf jk msh jauh dr sempurna??

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top