Penerapan Pembelajaran Digital Game Based Learning di Kelas VI Digital MIS Terpadu Langsa Oleh : M. Lutfi, S.Pd
Dipublikasikan oleh M. Lutfi, S. pd
Pada 20 May 2024
Penerapan Pembelajaran Digital Game Based Learning di Kelas VI Digital MIS Terpadu Langsa
Oleh : M. Lutfi, S.Pd
Pembelajaran digital telah menjadi fenome na yang tak terhindarkan dalam dunia pendidikan. Dengan kemajuan teknologi, guru dan siswa kini dapat memanfaatkan perangkat digital sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Salah satu metode yang sedang populer adalah pembelajaran berbasis game (game based learning). Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang penerapan pembelajaran digital game based learning di kelas dan manfaatnya bagi siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran digital dan game based learning di kelas
- Penerapan Pembelajaran Digital Game Based Learning di Kelas
Pembelajaran adalah salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan. Melalui pembelajaran yang efektif, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan mereka. Namun, dalam era digital seperti sekarang ini, metode pembelajaran tradisional seringkali dianggap kurang menarik bagi generasi muda. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mengadopsi metode pembelajaran yang relevan dengan kehidupan siswa saat ini. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Pembelajaran Digital Game-Based Learning.
Pembelajaran digital telah menjadi fenome na yang tak terhindarkan dalam dunia pendidikan. Dengan kemajuan teknologi, guru dan siswa kini dapat memanfaatkan perangkat digital sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Salah satu metode yang sedang populer adalah pembelajaran berbasis game (game based learning). Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang penerapan pembelajaran digital game based learning di kelas dan manfaatnya bagi siswa.
Penerapan pembelajaran digital game based learning di kelas merupakan salah satu pendekatan yang inovatif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan permainan interaktif yang dilakukan melalui media digital, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Pembelajaran tidak lagi terasa monoton dan membosankan, tetapi menjadi lebih menarik dan menggairahkan bagi siswa.
Apa itu Pembelajaran Digital Game Based Learning?
Pembelajaran digital game based learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan unsur permainan dengan materi pembelajaran. Siswa akan belajar melalui permainan interaktif yang dirancang secara khusus untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Dalam hal ini, guru berperan sebagai fasilitator dan siswa menjadi peserta aktif dalam proses pembelajaran.
- Manfaat Pembelajaran Digital Game Based Learning
Penerapan pembelajaran digital game based learning di kelas memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi siswa. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari metode pembelajaran ini:
1. Meningkatkan motivasi belajar
Dalam pembelajaran digital game based learning, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar karena mereka terlibat dalam permainan yang menarik dan kompetitif. Mereka akan merasa tertantang untuk mencapai target atau mencapai level tertinggi dalam permainan. Hal ini membuat siswa lebih bersemangat dan enggan untuk melewatkan kesempatan belajar.
2. Meningkatkan keterlibatan siswa
Permainan interaktif dalam pembelajaran digital game based learning membuat siswa menjadi peserta aktif dalam proses pembelajaran. Mereka harus terlibat secara langsung dalam permainan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini membuat siswa lebih fokus dan terlibat dalam proses belajar.
Mempermudah pemahaman konsep
Melalui permainan interaktif, siswa dapat dengan mudah memahami konsep yang sulit atau abstrak. Mereka dapat melihat dan merasakan konsep tersebut secara langsung melalui permainan. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih nyata dan terasa lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Meningkatkan keterampilan social
Pembelajaran digital game based learning juga dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Dalam permainan, siswa dapat berinteraksi dengan teman sekelas atau bahkan siswa dari sekolah lain. Mereka dapat bekerja sama, berkomunikasi, dan bersaing secara sehat dalam permainan. Hal ini membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial mereka.
D. Penerapan Pembelajaran Digital Game Based Learning di Kelas
Penerapan pembelajaran digital game based learning di kelas dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut:
Identifikasi tujuan pembelajaran
Guru harus mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui pembelajaran digital game based learning. Tujuan tersebut harus spesifik dan terukur agar dapat dievaluasi dengan baik.
Pilih permainan yang sesuai
Guru perlu memilih permainan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Permainan harus mampu membangkitkan minat siswa dan menghadirkan tantangan yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.
Sediakan perangkat dan infrastruktur yang memadai
Sebelum melaksanakan pembelajaran digital game based learning, guru harus memastikan bahwa perangkat dan infrastruktur yang diperlukan sudah tersedia. Hal ini meliputi komputer, laptop, atau tablet yang memadai, serta koneksi internet yang stabil.
Berikan panduan dan instruksi yang jelas
Guru harus memberikan panduan dan instruksi yang jelas kepada siswa sebelum memulai pembelajaran. Siswa perlu memahami aturan permainan, tugas yang harus dilakukan, dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Kesimpulan
Penerapan pembelajaran digital game based learning di kelas merupakan langkah inovatif dalam proses pembelajaran. Metode ini dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, pemahaman konsep, dan keterampilan sosial siswa. Dengan memilih permainan yang sesuai dan menyediakan infrastruktur yang memadai, guru dapat memperkaya pengalaman belajar siswa melalui pembelajaran digital game based learning. Selain itu, metode ini juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Oleh karena itu, pembelajaran digital game based learning perlu menjadi bagian integral dari sistem pendidikan kita.
DAFTAR PUSTAKA
Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Mahardhika, G. P. (2015). Digital Game Based Learning Dengan Model ADDIE untuk Pembelajaran Doa Sehari-Hari. Teknoin, 22(2), 1–8. Tersedia pada http://journal.uii.ac.id/index.php/jurnal-teknoin/article/view/3700 (diakses 3 April 2024).
Munir. (2012). Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Di masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 121–127. Tersedia pada https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5498 (diakses 3 April 2024).