Loading...
Kembali

Pembelajaran Koasakata Hiragana Melalui Permainan Ular Tangga.

Dipublikasikan oleh Yusi Rakhmah Wati, S.Pd

Pada 07 May 2024

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan                      : SMA Plus PGRI Cibinong

Kelas/Semester/Program           : X/ I (Satu) / IPS dan Unggulan

Mata Pelajaran                            : Bahasa Jepang

Materi Pokok                               : Hiragana melalui Permainan Ular Tangga

Alokasi Waktu                              :  2  x  45  menit

Pengajar                                       : Yusi Rakhmah Wati,S.Pd.

 

  1. Standar Kompetensi:
  2. Memahami dan menggunakan kosakata dasar dalam Bahasa Jepang.
  3. Mengaplikasikan kosakata dalam konteks percakapan sederhana.

 

  1. Kompetensi Dasar:
  2. Mengenal kosakata dasar dalam Bahasa Jepang dengan menggunakan karakter Hiragana.
  3. Menerapkan kosakata dalam konteks permainan Ular Tangga.

 

  1. Indikator Pencapaian:
  2. Peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan kosakata yang ditunjukkan dalam Bahasa Jepang.
  3. Peserta didik dapat menggunakannya dalam percakapan sederhana.
  4. Peserta didik dapat mempraktikkan kosakata tersebut melalui permainan Ular Tangga.

 

  1. Tujuan Pembelajaran:
  2. Peserta didik dapat mengenal dan menggunakan kosakata dasar dalam Bahasa Jepang.
  3. Peserta didik dapat mempraktikkan kosakata melalui permainan Ular Tangga.

 

 

  1. Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

Deskripsi

 

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

 

 

   - Guru memperkenalkan konsep permainan Ular Tangga.

   - Guru menjelaskan bahwa permainan ini akan digunakan sebagai sarana untuk mempelajari kosakata dalam Bahasa Jepang.

 

10’

 

 

Inti

 

 

 

1. Pertemuan Pertama:

·       Guru memperkenalkan kosakata dasar dalam Bahasa Jepang yang akan dipelajari.

·       Peserta didik diminta untuk mengulang dan menirukan setiap kosakata yang diajarkan.

·       Guru menjelaskan aturan permainan Ular Tangga dan cara memainkannya.

·       Setiap peserta didik mendapat giliran untuk melempar dadu dan maju sebanyak angka dadu yang diperoleh.

·       Jika peserta didik mendarat di petak yang berisi kosakata, mereka harus menyebutkan artinya dalam Bahasa Indonesia dan menggunakan kosakata tersebut dalam kalimat sederhana.

·       Permainan dilanjutkan hingga semua peserta didik memiliki kesempatan untuk bermain.

 

2. Pertemuan Kedua:

·       Guru melakukan review singkat terhadap kosakata yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya.

·       Peserta didik memainkan permainan Ular Tangga lagi, kali ini dengan menambahkan kalimat sederhana yang menggunakan kosakata yang telah dipelajari.

·       Jika peserta didik mendarat di petak yang berisi kalimat, mereka harus membaca kalimat tersebut dengan benar dan mencoba menggunakannya dalam percakapan sederhana.

   - Permainan dilanjutkan hingga semua peserta didik memiliki kesempatan untuk bermain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

65

 

Penutup

 

C. Penutup

1. Guru melakukan rangkuman singkat tentang kosakata yang telah dipelajari selama dua pertemuan.

2. Guru memberikan umpan balik kepada peserta didik mengenai kemajuan mereka dalam mengenal dan menggunakan kosakata dalam Bahasa Jepang.

3. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan menulis dan menggunakannya dalam kalimat sederhana.

 

 

 

 

 

 

 

 

15

 

 

  1. Penilaian
  2. Penilaian dilakukan secara formatif selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Guru menilai kemampuan peserta didik dalam mengenal, mengucapkan, dan menggunakan kosakata dalam Bahasa Jepang melalui observasi langsung dan respons peserta didik terhadap permainan dan latihan yang diberikan.

 

  1. Sumber Belajar
  2. Buku teks Bahasa Jepang tingkat SMA.
  3. Permainan Ular Tangga berisi kosakata dalam Bahasa Jepang.

 

  1. Lampiran
  2. Daftar kosakata dasar dalam Bahasa Jepang dengan karakter Hiragana.
  3. Contoh petak permainan Ular Tangga dengan kosakata dalam Bahasa Jepang

 

 

 

 

 

 

Lampiran :

A.Tabel Hiragana

Hiragana

Kosakata

Arti

あおい

Biru

いち

Satu

うみ

Laut

えんぴつ

Pensil

おかし

Permen

かさ

Payung

きつね

Rubah

くるま

Mobil

けいたい

Handphone

こえ

Suara

さかな

Ikan

しんぶん

Koran

すみれ

Bunga Violet

せんたく

Cuci

そら

Langit

たけ

Bambu

ちず

Peta

つき

Bulan

てがみ

Surat

とけい

Jam

なつ

Musim Panas

にく

Daging

ぬま

Rawat

ねこ

Kucing

のり

Rumput Laut

はな

Bunga

ひまわり

Bunga Matahari

ふるい

Penuaian

へや

Kamar

ほん

Buku

まつり

Festival

みず

Air

むし

Serangga

めがね

Kacamata

もち

Mochi

やま

Gunung

ゆき

Salju

 よ

よる

Malam

らいおん

Singa

りんご

Apel

るすび

September

れんしゅう

Latihan

ろうそく

Lilin

わかめ

Rumput Laut

ゐるす

Wirus

ゑんか

Seni

をき

Kapak

うんてんき

Cuaca

  1. gambar petak hiragana
Logo

Platform Guru Era Baru ini telah mengalami perkembangan yang awalnya adalah hanya mewadahi komunitas antara sesama guru dan praktisi pendidikan, namun kini bertransformasi menjadi sebuah wadah solusi pendidikan yang memudahkan mereka untuk dapat mengembangan kapasitas dan daya saing mereka di era digital ini melalui dukungan teknologi.