Loading...
Kembali

Ada Apa dengan Sidoarjo?

Dipublikasikan oleh Bertha Karyahastana

Pada 07 May 2024

Pengantar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tema: Kearifan Lokal

Kelas/Semester: Kelas 7 SMP (Semester Genap)

Durasi Pembelajaran: 1x pertemuan 2 JP (2x40 menit)

Tujuan Pembelajaran:

  1. Memahami dan menghargai kearifan lokal Kabupaten Sidoarjo.
  2. Menjabarkan keunggulan dan keunikan kabupaten Sidoarjo dari sudut pandang budaya, ekonomi, alam, dan sejarah.
  3. Menganalisis potensi budaya, ekonomi, alam, dan sejarah kabupaten Sidoarjo serta mampu merekomendasikan perbaikan pemanfaatan potensi kedepannya.
  4. Aktif mempromosikan kearifan lokal Sidoarjo.

Indikator Pencapaian:

  1. Peserta didik mampu menjelaskan kearifan lokal Sidoarjo secara menyeluruh.
  2. Peserta didik mampu mengidentifikasi keunggulan dan keunikan kabupaten Sidoarjo dari berbagai aspek.
  3. Peserta didik mampu menganalisis potensi budaya, ekonomi, alam, dan sejarah kabupaten Sidoarjo serta memberikan rekomendasi perbaikan.
  4. Peserta didik aktif dalam mempromosikan kearifan lokal Sidoarjo melalui pembelajaran berbasis game.

 

Langkah-langkah Pembelajaran:

Pengantar (20 menit)

  • Pengantar singkat mengenai review proyek P5 sebelumnya
  • Pertanyaan pemantik: Dimana kalian tinggal? Kota atau kabupaten apa? Apakah kalian tahu siapa nama bupatinya? Apa berita terkini di sana?
  • Kegiatan pembuka: mencari di web browser kata "Sidoarjo" dan membaca singkat, hasil percarian teratas (konteks awal tahun 2024 dimana bupati Sidoarjo terjerat kasus korupsi)
  • Diskusi: Mengapa lebih tahu tentang kota besar daripada kabupaten sendiri? Mengajak para siswa lebih peduli dan mengenal situasi kabupaten sekarang karena diperlukan pemimpin-pemimpin berkualitas untuk membangun kabupaten sendiri. 
  • Penekanan pada tujuan pembelajaran dan tema pembelajaran

Implementasi Game-Based Learning "Ada Apa dengan Sidoarjo" (50 menit)

  • Siswa diajak membuka LMS, menyaksikan penjelasan tutorial permainan "Ada Apa dengan Sidoarjo?"
  • Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok.
  • Setiap kelompok diberi kesempatan untuk bermain dan mengalami game "Ada Apa dengan Sidoarjo".
  • Diskusi reflektif setelah bermain game, meliputi pengalaman dan pemahaman baru tentang kearifan lokal Sidoarjo.

Pertemuan 3: Analisis dan Penyimpulan (10 menit)

  • Diskusi kelompok tentang pengalaman bermain game dan pemahaman tentang kearifan lokal Sidoarjo.
  • Siswa diminta untuk melakukan analisis lebih lanjut mengenai potensi budaya, ekonomi, alam, dan sejarah kabupaten Sidoarjo.
  • Penyusunan rekomendasi perbaikan dan strategi promosi kearifan lokal Sidoarjo.
  • Presentasi hasil analisis dan rekomendasi dari setiap kelompok.

Penilaian:

  • Partisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan kelompok.
  • Kualitas analisis dan rekomendasi yang disampaikan.
  • Kemampuan menyampaikan pemahaman tentang kearifan lokal Sidoarjo.

Sumber Materi:

Catatan Tambahan:

  • Guru dapat memberikan dukungan tambahan kepada siswa yang membutuhkan bantuan dalam menganalisis atau memahami materi.
  • Penyesuaian pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik kelas.
Logo

Platform Guru Era Baru ini telah mengalami perkembangan yang awalnya adalah hanya mewadahi komunitas antara sesama guru dan praktisi pendidikan, namun kini bertransformasi menjadi sebuah wadah solusi pendidikan yang memudahkan mereka untuk dapat mengembangan kapasitas dan daya saing mereka di era digital ini melalui dukungan teknologi.