Loading...
Kembali

6 Rekomendasi Media pembelajaran berbasis ICT yang menarik

Dipublikasikan oleh AFINA ANINNAS

Pada 19 November 2024

Halo, Rekan Guraru! Di era disrupsi teknologi ini, kita sebagai seorang guru dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal dan dapat memfasilitasi peserta didik sesuai dengan generasinya. Peserta didik generasi kini tidak pernah terlepas dari gadget yang tentu memiliki dampak positif dan negatif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk berupaya meminimalisir dampak negatif dengan memberikan pengalaman belajar yang dinamis dan “menarik perhatian”. Satu diantaranya adalah melalui media pembelajaran berbasis ICT agar peserta didik dapat bijak menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajaran sekaligus dapat menstabilkan semangat dan motivasi belajarnya. Kali ini, pengelola guraru akan memberikan 6 rekomendasi media pembelajaran menarik. Namun sebelum itu, mari simak dulu apa itu media pembelajaran.

 

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam keutuhan perangkat pembelajaran. Media Pembelajaran adalah suatu alat yang dapat membantu peserta didik untuk memvisualisasikan sebuah konsep atau pengetahuan yang abstrak agar makna atau pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif. Keberadaan media pembelajaran sangat penting karena berfungsi sebagai salah satu sumber belajar peserta didik untuk memperoleh pengetahuan yang bermakna. 

6 Rekomendasi Media Pembelajaran

  • Assemblr Edu

Assemblr Edu merupakan sebuah aplikasi Augmented Reality yang dirancang secara khusus untuk keperluan pembelajaran. Teknologi 3D dan AR dalam aplikasi ini memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Assemblr Edu tentunya sangat mudah untuk diakses baik oleh guru maupun peserta didik. Terdapat fitur topik yang dapat dieksplorasi secara “gratis” dan dapat langsung digunakan. Rekan Guraru dapat memilih topik pembelajaran yang diinginkan secara langsung maupun dapat merancang sendiri sesuai kreativitas. Rekan Guraru dapat melihat  Video Tutorial ini untuk membuat media sendiri melalui Assemblr Edu 

  • Quizizz

Fitur Lesson oleh Quizizz merupakan fitur presentasi online interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran sekaligus assessment for learning pada kegiatan pembelajaran. Tentunya, fitur lesson ini bukan seperti presentasi pada umumnya, Rekan guraru dapat merancang presentasi pembelajaran berupa teks, video maupun gambar serta menyisipkan kuis di sela-sela slide. Rekan guraru dapat memberikan penjelasan materi kemudian diikuti dengan kuis tanpa harus membuka aplikasi kuis lain. Slide presentasi juga dapat digunakan sebagai keterangan tambahan atau penjelasan dari kuis yang disajikan sebelumnya. Rekan guraru dapat mengeksplorasi pada fitur “cari” dan menggunakan filter “lesson” pada Quizizz.

  • Liveworksheet

Liveworksheet merupakan platform digital yang dapat membantu Rekan Guraru dalam membuat sajian media pembelajaran yang dapat diakses melalui url. Meskipun sebenarnya Liveworksheet ini umumnya digunakan sebagai LKPD elektronik, namun Rekan Guraru dapat memodifikasi platform ini sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif dengan cara menyajikan video pembelajaran, gambar, teks, serta kuis dalam satu url. Keunggulan dari liveworkheet sendiri adalah terdapat 2 pilihan akses yaitu akses untuk guru dan akses untuk siswa. Akses untuk guru dapat digunakan untuk membuat dan mempersiapkan media pembelajaran maupun LKPD bahkan dapat digunakan sebagai assessment of learning. Selain itu, terdapat ratusan referensi LKPD yang telah tersedia dan dapat digunakan secara gratis, cukup dengan klik menu “interactive worksheet” sesuai mata pelajaran yang Rekan Guraru ampu. 

  • Gimkit

Gimkit merupakan platform pembelajaran berbasis game agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Gimkit memungkinkan peserta didik lebih terlibat dalam pembelajaran sekaligus membantu untuk meningkatkan retensi pengetahuan bagi peserta didik. Gimkit mendorong peserta didik untuk belajar secara mandiri sehingga pembelajaran menjadi lebih alami, menyenangkan dan bermakna. Cara penggunaan Gimkit sangat mudah, Rekan Guraru cukup mendaftar dengan akun google kemudian memilih kuis individual atau mode langsung di kelas. Peserta didik dapat bergabung dalam game di kelas melalui url, undangan email, maupun kode yang telah dibagikan oleh guru. Game dapat dilaksanakan secara langsung sehingga peserta didik dapat mengajukan pertanyaan dan dijawab langsung oleh temannya.

  • Puzzle from Canva

Puzzle merupakan salah satu media pembelajaran inovatif dan menyenangkan yang dapat Rekan Guraru terapkan pada semua jenjang kelas. Puzzle dapat memberikan dampat positif bagi peserta didik dalam hal ketertarikan dengan pembelajaran dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Rekan Guraru tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam membuat dan mendesain puzzle. Rekan Guraru dapat memanfaatkan aplikasi canva pada fitur elemen dan add image dan mengatur sesuai dengan keinginan Rekan Guraru. Contoh penerapan puzzle sebagai media pembelajaran adalah tebak gambar sel hewan atau tumbuhan. Peserta didik dapat diarahkan untuk menata puzzle agar memahami bagaimana perbedaan bentuk sel hewan dan tumbuhan. 

  • Powtoon

Powtoon merupakan aplikasi online yang memungkinkan Rekan Guraru untuk dapat membuat presentasi dan animasi pembelajaran menarik. Fitur yang tersedia pada powtoon sangat dinamis dan menarik, diantaranya adalah tulisan tangan, animasi kartun dan efek transisi yang jelas serta lebih modern sehingga lebih nyaman dilihat oleh mata. Bagi Rekan Guraru yang mayoritas peserta didiknya memiliki gaya belajar audio visual, powtoon merupakan media yang sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran. Rekan Guraru dapat memodifikasi sesuai dengan kreativitas dan karakteristik materi yang akan diajarkan.

Itulah 6 rekomendasi media pembelajaran dari Pengelola Guraru, semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi Rekan Guru untuk mengembangkan media pembelajaran menarik dan dan berpihak pada peserta didik. Nantikan artikel terbaru dari Pengelola Guraru di sesi selanjutnya. Semangat berkarya!  



Referensi

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

https://bpmpriau.kemdikbud.go.id/2022/01/belajar-seru-dengan-assemblr-edu/

https://erickunto.com/2020/09/dua-cara-membuat-presentasi-interaktif-quizizz.html

https://www.techlearning.com/how-to/what-is-gimkit-and-how-can-it-be-used-for-teaching-tips-and-tricks












Logo

Platform Guru Era Baru ini telah mengalami perkembangan yang awalnya adalah hanya mewadahi komunitas antara sesama guru dan praktisi pendidikan, namun kini bertransformasi menjadi sebuah wadah solusi pendidikan yang memudahkan mereka untuk dapat mengembangan kapasitas dan daya saing mereka di era digital ini melalui dukungan teknologi.