Uncategorized
38

Penundaan Pengumuman Semifinalis Acer Guraru Award 2013 (+9)

Pengelola Guraru November 8, 2013

Apa kabar, Guraru?

Menjawab beberapa pertanyaan dari Guraru yang bermunculan di media sosial, kami ingin memberikan penjelasan terkait penundaan pengumuman semifinalis Acer Guraru Award 2013, yang sebelumnya dipublikasikan pada tanggal 5 November 2013.

Kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas tertundanya pengumuman semifinalis Acer Guraru Award 2013. Banyaknya entry dengan kualitas yang sangat baik membuat Tim Pengelola Guraru memutuskan bahwa butuh waktu lebih untuk memilih 15 semifinalis. Hal ini bertujuan agar semifinalis Acer Guraru Award 2013 benar-benar sesuai dengan kriteria dan memiliki latar belakang yang beragam. Diharapkan yang terpilih nantinya memang berkualitas, beragam, dan dapat menginspirasi rekan guru.

Semoga penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan dari Guraru sekalian. Terus nantikan pengumuman semifinalis dan ikuti perkembangan Acer Guraru Award 2013! 🙂

20131106_AcerGuraruAward_Verifikasi

Comments (38)

  1. Authentic assesment memang bukan pekerjaan instan dan tergesa-gesa. Apa yg dialami para juri sangat bisa dimaklumi. Kita support dan doakan saja semoga para juri diberikan kemudahan. Insya Allah, bila indikator dan instrumen penilaian sudah siap dengan baik dan detail, penilaian utk #AcerGuraruAward di waktu mendatang akan lebih baik lagi.

    Selain itu, mudah2an ritme posting, komentar dan diskusi tetap stabil meskipun lombanya sudah usai. Tersisa pertanyaan dr saya, mengapa diskusi guraru di twitterland tidak seramai di microsite ini? Padahal bl ribuan anggota guraru aktif, kita bisa ciptakan tranding topic yg bisa jd pengaruh besar utk pendidikan di Indonesia. Siap???

  2. Saya sepakat sekali dengan pengelola Guraru. Berdasarkan pengamatan saya, banyak sekali guru-guru hebat dengan postingan-postingan yang sangat berkualitas dan bermanfaat yang diposting di situs Guraru. Dalam kondisi seperti ini saya pun sependapat bahwa memang tidak mudah untuk memilih 15 orang terbaik dari sekumpulan orang-orang hebat. Namun bagi saya, yg paling penting adalah tetap istiqomah membuat tulisan-tulisan yang berkualitas dan bermanfaat seperti yang pernah disampaikan oleh pengelola Guraru beberapa waktu yang lalu. Salam sukses buat semuanya !!

  3. Alhamdulillah kabar saya baik, sehat dan luar biasa. Yes..yes…yes…!!! —> Penuh semangat.

    Terimakasih pengelola Guraru atas sharingnya. Dengan postingan pengelola guraru ini maka insyaallah dapat menjawab pertanyaan rekan-rekan guraru selama ini terkait penundaan tersebut. Saya pribadi sangat memakluminya.

    Saya sependapat dengan pak Marpu dan pak Ramdhan. Guraru, mari terus menulis, berkarya dan berbagi…!

    Salam hormat kepada pengelola guraru.

  4. kapanpun waktunya tetap setia menunggu…so pasti semaikin hari semaikin banyak member GURARU…untuk itu kedepanya guraru harus bisa menentukan waktu yang cukup untuk menyeleksi dari ratusan atau bahkan ribuan blog guru yang semakn hari semakin menjamur tidak cukup dengan waktu 5 hari..agar nanti ditemukan 15 finalis guraru award yag benar-benar berkualitas yang mencerminkan guru era baru sesuai perkembangan jaman.
    semoga dewan juri bisa MEMILIH guru-guru yang berkualitas dari berbagai aspek bukan hanya karena ada ACER GURARU AWARD 2013 SAJA..konsistensi guru dalam menulis dan kualitas tulisan juga mohon diperhatikan , jangan karena ada guraru award saa aktif setelah itu menghilang…hehehe mudah2an jadi bahan pertimbangan.
    Teriring salam dan sejahtera saya buat para pengelola guraru dan seluruh member guraru di nusantara…tetap terus berkarya denngan tulisan2 kita !

  5. Lapor pak Iwan Sumantri he he he selaku admin bayangan di Guraru, keberadaan Web Guraru sudah saya sebar ke seluruh guru BK sesuai dengan tindak lanjut Admin ASLI telah menambahkan kategori Bimbingan Konseling. bunyinya seperti ini ” Ada Komunitas Guru Era Baru … silakan temen2 guru khususx BK bergabung http://guraru.org/ da berbagai wadah bwt sharing pengalaman, kumpulan RPP, bahkan bnyk aplikasi multi media yg bs bwt Qt ngajar ato info terbaru terkait dunia pendidikan …. coba ja dech & tunjukan diri bapak/ibu sebagai Guru Era Baru … he he he asik loh”
    ternyata ada juga guru mapel lain yg tertarik pak Iwan Sumantri he he he he, andai khan saja ada list khusus, berapa jumlah member dari kategori mapel mungkin tambah seru yah pak Iwan. soalnya nanti akan tahu, kompetisi mapel apa yang lebih cepat maju belajar menggunakan IT dalam PBM … Salam Guraru bukan Gurama he he he he

  6. pak Iwan, saat ini saya juga lagi mentranfer isi Web blog saya di Kajian Psikologi dan Pendidikan ke dalam Guraru, lumayan banyak sih he he he he lapor pak Iwan kalau misalnya ada upload artikel dalam sehari ada 10 atau lebih jangan di marahi yah he he he he …. niatnya saya baik pak Iwan Sumantri

  7. Pengelola Guraru, kami semua Insya Allah dalam keadaan baik, sehat rohani dan jasmani, terus berupaya sharing agar layanan pembekalan bangsa bisa optimal, sehingga mereka sukses meraih cita-citanya. Kami merasa bahagia berbagi di sini, saling mencarikan solusi yang sesuai agar tepat guna. Terima kasih banyak atas fasilitas websitenya. Insya Allah sangat bermanfaat bagi peningkatan pendidikan bangsa Indonesia, amin YRA. Salam kompak selalu.

  8. Untuk pak Dwi, kami para Guraru di sini berupaya untuk saling membantu, memberikan masukan yang tepat guna, bersama mencari suatu solusi, suatu cara agar bangsa terlayani dengan baik. Jadi sharing pembahasan di sini termasuk amat penting, satu demi satu artikel sesuai. Banyak Guraru yang memiliki banyak pengalaman dan ide, webnya amat baik, artikel pengalaman sendiri banyak, namun kami tidak posting banyak dalam setiap harinya, tujuannya bukan itu, membahas satu demi satu. Kalau Guraru ingin sesuatu dan memerlukan arikel lain, beliau-beliau sudah langsung klik alamat blog kita dan ikut menggunakannya. Saya juga sering membuka blog bapak. Terima kasih atas upayanya dan salam perjuangan.

  9. Hehehe maaf pak Dwi, maksudku ayo bersama saling membantu mencari solusi terbaik. Soalnya saat kita amat prihatin dengan sikon negara maupun dunia. Saatnya karakter bangsa harus ditangani secara intensif, banyak faktor yang mengganggu kestabilan karakter. Insya Allah masyarakat di segala kalangan yang menyadari hal ini dapat terus berjuang dari diri sendiri sebagai contoh. Kita menuju terwujudnya generasi emas dalam era cyber. Terima kasih banyak pak Dwi, salam perjuangan.

  10. Sebaiknya kalau penundaan diberitahukan sejak tanggal 5 Nov supaya ada kejelasan dan pengundurannya mohon ada batas tanggalnya (jangan hanya satu pekan). Itu akan lebih mendidik kita semua untuk lebih profesional dan disiplin terlebih terhadap aturan yang dibuat sendiri. Salah satu kelemahan yang perlu diperbaiki dari bangsa ini adalah budaya tertib terutama tertib waktu. Terima kasih.

  11. Pak Atmaja : Maaf, Kalau hanya menstransfer isi web blog bapak ke web guraru saya pikir bukan level pak Atmaja. he..he…he…(mosok sih pak Atmaja seperti itu). Pak Atmaja itu kan levelnya tinggi dan guru hebat. Saya lebih senang kalau pak Atmaja mengedepankan:
    1. Menulis dan menuangkan ide-de pikirannya sendiri.
    2. Berkarya dalam pendidikan yang lebih bermutu.
    3. Berbagi pengalaman sebagai guru BK dalam menangani anak.
    Salam hormat,

  12. Fokus ke penundaan pengumuan ….. 🙂
    Kami semua memaklumi tugas berat yang ada pada pengelola guraru, benar kata pak Rochimudin jika ada penundaan sebaiknya ada batas waktu yang ditentukan sehingga lebih jelas.
    Semoga pengelola diberi kemudahan dan benar-benar terpilih finalis yang bisa di Andalkan 🙂 🙂
    sabar menuggu ……. 😉
    >>>>>>>>>>>>>
    saya setuju dengan but Etna, Pak Sukani dan pak Sumantri, untuk posting ke guraru.org jangan langsung satu hari terlalu banyaklah … kita juga butuh waktu membaca dan mempelajari poting teman guraru yang lain. Memberi masukkan atau sekedar semangat, banyangkan jika tiap guraru posting 5 saja satu hari …. wah … wah …. bukan malah menambah ilmu, jadi bingung membacanya. Apalagi seperti sy yang pakai modem lemot**, jadi kesulitan baca banyak tulisan guraru …. peace

  13. Saya ingin memperkuat pendapat bahwa cara posting yg bagus itu tidak mesti 1 day 1 article. Cara seperti ini bisa membuat guraru bertindak instan dan “kejar tayang”, tanpa memperhatikan kualitas dan fokus pada tema serta keahlian kita sbg guru. Sebuah artikel yg berkualitas perlu data, riset, referensi dan keseriusan mengolahnya. Bukan artikel yang asal jadi, asal comot, apalagi asal copas.

    Bahkan dalam konteks SEO pun Google pun ternyata tidak memperhitungkan seberapa banyak artikel sebuah blog, tetapi seberkualitas apa kontennya. Maka 1 artikel berkualitas per minggu misalnya, jauh lebih baik drpada 1 artikel per hari dengan kualitas yang rendah. Ini artikel ya konteksnya, lain lagi kalau yang Anda tulis adalah sekadar reportase suatu kegiatan, 1 hari 10 reportase pun bisa.

    Tetapi dalam konteks lomba, saya tidak tahu pola seperti apa yang disukai oleh pengelola guraru.

  14. @marfu : Dalam buku Omjay “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”. Saya kira perlu dibaca kembali dan bagus untuk dilakukan. he..he..he…maaf ya pak. Banyak waktu senggang kita setiap hari dapat dimanfaatkan untuk menulis. Misalnya menulis sebelum tidur atau setelah bangun tidur atau pada waktu senggang. Menulis bisa dimulai hal-hal yang kecil dan sederhana. Untuk tulisan yang berbentuk analisa memang wajib didukung dengan data-data yang akurat agar tidak salah menganalisa. Membiasakan menulis setiap hari seyogyanya bisa dibudayakan oleh Guraru.
    Salam hormat saya kepada pak Marpu. Semangat pak!

  15. Tips mendapatkan ide menulis
    1. Baca top news dari portal-portal berita online, lalu tuliskan ungkapkan lagi news tersebut plus komentar kita. Lebih baik bila berisi analisis
    2. Baca head line dari media-media cetak lokal sampai nasional. Paraprasekan berita tersebut dan akhiri dengan sudut pandang kita
    3. Tuliskan pengalaman yang paling emosional (sedih atau senang) sesuai bidang kita. Misalnya, pengalaman sedih mengajar PAI, dll
    4. Segera tuliskan ide yang melintas dibenak kita, jangan tunda sampai ide itu hilang dan kita kehilangan mood menulis
    5. ??????? (Silakan tambahkan oleh sahabat guraru)

  16. Rekan Guraru, guru era baru, guru era cyber, tentulah pengelola guraru menilai berdasarkan kriteria yg dipertimbangkan secara seksama. Guru tentulah memiliki data kejadian proses pembelajaran riil yg telah dianalisis, didiskusikan, disimpulkn dalam blog pribadi. Semua data mengajar, temuan lapangan, profesionalisme yg ada di blog dilihat kualitasnya. Tak mungkin asal-asalan. Penggunaan IT juga ada data, ada testimoni, dll, kualitasnya bisa diukur dg kriteria. Kualitas tulisan dan respon di web guraru Insya Allah amat penting, karena kalau tidak, web ini akan menurun kualitas sharingnya dan rekan serta siswa di media sosial tak akan suka lagi walau kita share berkali-kali. Penundaan ini Insya Allah pengelola ingin optimal profesionalimenya, agar web ini mkn diperlukn bangsa, dan pendidikn bangsa dpt melejit. Wah maaf, kok kepanjangan, hehehe, dg penuh kasih sayang kita lanjutkn berbagi ide berkualitas dan pengalaman penting yg patut diteladani. Salam sukses selalu.

  17. Siip @ramdhani @sukani salutt deh. Ini harus jd contoh utk guraru. Komentar saya bukan fatwa utk tidak menulis tiap hari kan? Tentu saja menulis tiap hr dg artikel yang bernas, itu hebat dan patut jd teladan kita.

    Saya memberikan sudut pandang tentang bagaimana mencipta konten blog yang berkualitas, sebab salah satu fungsi blog adalah creating conten shg seorang blogger adalah content creator. Berbeda dengan twitter yg fungsinya lebih pada how to influebce

  18. Terima kasih bapak Sukani dan Ibu Etna tentang masukannya, sebenarnya yang ingin saya transfer disini adalah artikel yang ada kaitan dengan Bimbingan Konseling dan Penddiikan secara umum, sebagai respon atas hibah kategori Bimbingan Konseling oleh pengelola Guraru. Saya sangat senang, seandainya ada sharing akan tetapi kalau bisa situs Guraru ini tidak hanya pada tataran sharing atau diskusi tapi bisa lebih jauh lagi sebagai bahan referensi ilmiah adik-adik kita mahasiswa atau teman sejawat yang ingin adakan riset, walaupun masuk dalam kajian pustaka atau menjadi dasar atas penelitian selanjutnya. Insyallah sebenarnya, saya mencoba menfilter beberapa artikel yang ada dalam situs Guraru ini berdasarkan asas manfaat, asas riil, asas keilmiahan, dan khususnya artikel hasil tulisan saya sendiri. Beberapa mahasiswa khususnya prodi Bimbingan Konseling dan Psikologi sudah ada yang izin menggunakan tulisan saya untuk bahan skripsinya.
    Ada beberapa artikel dalam website saya yang memang bukan artikel saya, seperti jurnal, fakta fenomena perilaku menyimpang, sejarah, profil tokoh, dll memang ditujukan bukan hanya menambah jumlah artikel saja tapi sebagai bahan rujukan untuk proses PBM. ambil contoh, seorang guru BK ingin menerangkan tentang Bahaya Free Seks, rujukan yang dipakai adalah ulasan dari media massa tentang operasi satpol PP yang merazia pelajar di warung remang-remang, atau tentang bahaya narkoba, mengambil rujukan berita media massa tentang peningkatan jumlah pelajar yang terserang HIV/AIDS akibat jarum suntik narkoba, dll.
    Tetapi sebagai bentuk penghargaan atas ketentuan dalam forum ini, saya bisa mengerti kok bapak Sukani dan Ibu Etna. Sekali lagi mohon maaf. karena tulisan saya telah menjadi Spam dalam Guraru 🙂

  19. gilisan= giliran dan menangguk=mengangguk, itu merupakan ralat tulisan saya dikomentar sebelumnya dan bukan merupakan persamaan ddala Bahasa Indonesia. Apa yang ditulis dan dijadwalkan oleh gurau, adalah tetap tulisan manusia yang di dalamnya masih ada ruang untuk memperbaikinya. Bahkan dalam kata yang sederhana pun saya salah, mungkin karena mengantuk. Penundaan untuk sesuatu yang sangat baik bagi kita semua, dengan informasi dan penjelasan yang bisa diterima semua, saya kira tidak menjadi masalah.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar