Uncategorized
20

Penerima Acer Guraru Award 2013: Sukani (+5)

Pengelola Guraru December 3, 2013

 

 20131128_Tiga_Juara

 

Pak Sukani mengaku sangat gembira campur tak percaya mendengar pengumuman Acer Guraru Award 2013 di acara Kopdar Guraru 2013 kemarin. Namun, konsistensinya sejak lama dalam berbagi dan berinovasi seputar pendidikan, baik online maupun offline membuktikan bahwa dirinya memang pantas menjadi Penerima Acer Guraru Award 2013.

Saat mengetahui bahwa ketiga finalis harus melakukan presentasi, guru Matematika di SMK Bakti Idhata ini merasa terkejut, tapi juga senang. Sebab, meskipun tahap ini belum pernah ada di Acer Guraru Award sebelumnya, presentasi merupakan kesempatan yang baik baginya untuk menampilkan presentasi yang aplikatif di depan dewan juri dan rekan-rekan Guraru. Merasa tertantang, Pak Sukani pun menyediakan waktu untuk mempersiapkan diri di sela-sela kesibukannya mengajar dan membantu Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kejuruan (K3SK) Jakarta Selatan dalam persiapan Tes Kendali Mutu (TKM) Desember 2013.

Yang pertama dipersiapkan oleh Pak Sukani adalah mencari bahan-bahan presentasi terkait topik “Penggunaan Aplikasi Game dalam Pembelajaran dan Digital Native” yang akan ia bawakan dan membuat presentasi menggunakan aplikasi Prezi untuk menyajikan tampilan yang agak berbeda. Kemudian, ia membuat aplikasi game sederhana dengan PowerPoint; lengkap dengan animasi, skor, dan skenario pembelajarannya. Tak hanya itu, Pak Sukani juga membuat alat peraga dan video animasi terkait materi pembelajaran.

Setelah melakukan uji coba terhadap presentasi, game, alat peraga, dan video tersebut, ia pun memperhitungkan waktu presentasi agar sesuai dengan batas waktu yang disediakan. Sambil menunggu pengumuman penerima Acer Guraru Award 2013, tentunya, Pak Sukani tak lupa untuk terus menulis, berkarya, dan berbagi di media sosial.

Ingin tahu seperti apa isi presentasi Pak Sukani di Kopdar Guraru? Silakan baca artikelnya di sini!

2,157 total views, 2 views today

Comments (20)

  1. Terimakasih pengelola guraru atas sharingnya. Alhamdulillah saya bersyukur, semoga ini menjadi berkah buat keluarga dan menjadi motivasi saya untuk menjadi yang lebih baik lagi, terus berbagi dan berkarya.

    Saya menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga saya sebagai makhluk yang lemah dan memiliki kekurangan. Maafkan jika selama ini saya telah banyak melakukan kesalahan atau menyinggung hati bapak/ibu guraru.

    Doakan saya ya bapak/ibu Guraru, saat ini saya sedang membuat dan menyelesaikan beberapa produk inovasi pembelajaran matematika berbasis video animasi yang saya kolaborasikan dengan digibook (digital book). Selain itu juga saya sedang merancang aplikasi game untuk penilaian/evaluasi matematika.

    GURARU, AYO SEMANGAT dan TERUS BERKARYA..!

  2. SETUJU dengan pengelola guraru, Pak Kani layak jadi Juara …. selain aplikasi yang kreatif beliau juga penunggu guraru. (24 jam + 1jam tidak pernah tidur heeeeee) dan ON disetiap artikel dengan komentar yang RAMAI heeeee …. sip … sip …. 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar