Uncategorized
0

Evaluasi bersama Siswa (+1)

Steven Sutantro January 18, 2014

angket

Evaluasi adalah langkah awal untuk membuat perubahan yang lebih baik. Jika anda ingin membuat hal yang berbeda dan lebih baik lagi tahun ini, beri kesempatan kepada siswa anda untuk mengevaluasi proses belajar mengajar yang anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan di kelas:

1.    Ingat Kembali (Flashback)

Ajak siswa mengingat kembali aktivitas yang mereka lakukan di kelas anda, mulai dari proses pembelajaran, tugas, proyek, bahkan ulangan. Anda dapat menunjukkan  foto kegiatan atau hasil karya siswa yang sudah dinilai.

2.    Refleksi Pengalaman (Highlight)

Minta siswa membagikan pengalaman terbaik dan terburuk yang mereka alami di kelas. Berikan kesempatan kepada siswa menjelaskan sebab dan dampaknya terhadap mereka.

3.    Analisis Spesifik (Specific)

Diskusikan dengan siswa hal-hal yang spesifik dari proses pembelajaran dari berbagai perspektif mulai dari proses pengerjaan, waktu yang diberikan, tempat pengerjaan, alat atau sumber yang dibutuhkan hingga hasil nilai yang diperoleh siswa.

4.    Sebarkan Angket (Survey)

Bagikan survey tertulis dimana siswa dapat menuliskan pendapat mereka. Bisa dilakukan dengan memberikan angket tertutup maupun terbuka yang mengevaluasi hasil belajar mereka dari kegiatan belajar anda.

5.    Diskusikan Rekomendasi (Recommend)

Berikan kesempatan kepada siswa memberikan komentar dan saran  untuk aktivitas yang akan dilakukan. Diskusikan dampak dari hal-hal yang mereka rekomendasikan untuk aktivitas ke depan yang anda lakukan.

Melalui langkah-langkah evaluasi di atas, anda dapat merencanakan aktivitas belajar yang lebih berpusat pada siswa di semester ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar