0

Zakat fitrah (0)

Ayuma Sofyati April 21, 2021

Zakat terbagi atas dua macam yaitu zakat mal dan zakat fitrah  

Tentang perintah zakat ini bertebaran dalam berbagai surat dan ayat Al-Qur’an juga terdapat dalam beberapa hadis sebagai dalil yang mewajibkannya dan telah di atur secara rinci

salah satu diantara dua jenis zakat tersebut yaitu zakat fitrah

Apa itu zakat fitrah ?

Zakat atau  Zakah menurut  istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Sedangkan Zakat menurut  bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’.

termasuk kedalam rukun islam ke 4 sebagai syariat islam yang di atur berdasarkan syarat dan ketentuan. Oleh karena itu, hukum zakat adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Zakat merupakan ibadah yang dilakukan dengan tujuan untuk menyucikan diri, membersihkan harta, dan berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Fitrah bermakna asal kejadian, keadaan yang suci dan kembali ke asal.

Dari segi bahasa, kata fitrah terambil dari akar kata al-fathr  yang berarti belahan.

Seseorang yang kembali kepada fitrahnya, mempunyai makna ia mencari kesucian dan keyakinannya yang asli, sebagaimana pada saat ia dilahirkan.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Muslim menjelang hari raya Idul Fitri atau dibayarkan maksimal sebelum dimulainya salat Idul fitri pada 1 Syawal tiap tahunnya dan tanda berakhirnya bulan Ramadhan sebagai pembersih dari hal-hal yang mengotori puasa. Sebagaimana yang  diriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah “telah mewajibkan zakat fitri untuk mensucikan diri orang yang berpuasa dari perkataan yang sia-sia dan kotor serta untuk memberi makan kepada orangorang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum salat id, maka itu adalah zakat yang diterima, dan barang siapa yang menunaikannya sesudah salat id, maka itu hanyalah sekadar sedekah.” (H.R. Abu Dawud).

Terdapat 8 Ashnaf ( golongan ) penerima zakat ( mustahik) berdasarkan QS Attaubah : 60 yang artinya 

” Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” . ( QS. Attaubah : 60 )

Dapat dirincikan :

  1. Fakir
  2. Miskin
  3. Amil Zakat ( pengurus zakat)
  4. Muallaf
  5. Untuk Memerdekakan hamba sahaya ( budak )
  6. membebaskan orang yang berhutang
  7. Untuk jalan Allah
  8. Untuk orang yang dalam perjalanan ( musafir)

Itulah 8 Asnaf penerima zakat. Bagaimana dengan anak yatim ? Anak yatim tidaklah medapatkan zakat karena tidak termasuk kedalam 8 golongan penerima zakat, kecuali jika anak yatim tersebut miskin atau fakir.

Tidak selamanya anak yatim berhak mendapatkan zakat karena anak yatimpun ada yang kaya atau berkecukupan dengan harta.

Syaikh abdul Aziz bin Abdillah bin Baz ulama kontemporer ahli sains,  Hadits, Aqidah, dan Fiqih. pernah ditanya , apakah anak yatim termasuk dalam penyaluran zakat ?

Beliau rahimahullah menjawab, “Jika yatim itu fakir (miskin), maka ia bagian dari orang-orang yang berhak menerima zakat, ia masuk golongan fakir dan miskin. Jika ia tinggal dalam keadaan fakir tidak memiliki pengganti orang tuanya yang menyantuninya dan tidak ada yang memberi nafkah untuknya, maka ia diberi zakat. Namun jika ada yang telah menafkahinya, ia sama sekali tidak berhak menerima zakat.”

Demikian. Semoga kita dapat melalui Ramadhan kali ini dengan benar sehingga dapat kembali kepada fitrah sebagai manusia yang sesungguhnya .

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar