6

Yuk Mengecek NISN Siswa ! (+4)

Siti Mugi Rahayu February 27, 2014

Untuk mendaftar SNMPTN 2014 ini, siswa harus sudah memiliki NISN atau nomor induk siswa nasional. Sebelum mendaftar, sekolahpun harus memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN). Tanpa dua nomor penting ini, siswa tidak bisa mengikuti SNMPTN.

Alurnya seperti ini, pertama siswa memiliki NISN dan sekolah memiliki NPSN. Lalu, sekolah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan menggunakan NISN tersebut. Setelah siswa dan sekolah mengisi data di PDSS, barulah siswa bisa mengikuti SNMPTN 2014.

Bagaimana kalau masih belum punya NISN ? Sekolah berkewajiban mengurusnya sebelum 6 Maret 2014 karena pengisian data di PDSS ditutup pada tanggal yang sama .

Help Desk SNMPTN 2014 tertulis bahwa NISN tidak bisa digantikan dengan nomor lainnya :

http://halo.snmptn.ac.id/knowledgebase.php?article=470

http://halo.snmptn.ac.id/knowledgebase.php?article=470

Menurut Prof Dr. Ravik Karsidi, Rektor UNS Surakarta yang juga menjabat bendahara Panitia Pusat SNMPTN 2014, sekolah bertanggung jawab terhadap kepemilikan NISN ini. Siswa bisa gagal ikut ujian seleksi jika sekolah tidak segera mengurusnya.

Ketika saya tanya siswa tentang NISN mereka, kebanyakan mereka sudah memilikinya sejak SMP. Ada yang masih menyimpan kartunya sendiri, ada yang kartunya masih di ibunya, dan ada yang masih bilang tidak tahu.

Iseng-iseng saya mencoba mengecek NISN siswa lewat website ini : http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/home karena beberapa tahun yang lalu ada siswa yang memiliki nomor NISN di kartunya, namun setelah di cek ternyata nomor tersebut tidak terdaftar. Beberapa NISN yang sudah sempat dicek barusan alhamdulillah aman.

Klik di bagian data siswa jika sudah masuk ke http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/home jika ingin mengecek NISN seperti di bawah ini :

nisn 2

Akan tampil data :

nisn 3

Tinggal ketikkan NISN siswa berdasarkan nomor yang mereka miliki atau jika data tidak ada maka pilihlah Pencarian Berdasarkan Nama. Tuliskan nama siswa, tempat dan tanggal lahir dengan benar. Mungkin akan muncul beberapa nama jika terdapat data meragukan. Misalnya begini, jika kita mengetik nama Rini M saja, akan muncul nama Rini Mulyasari, Rini Maimunah, dan sebagainya jika memiliki data tempat dan tanggal lahir yang sama. Masalah mungkin akan muncul jika data tempat tanggal lahir salah tulis ketika didaftarkan.

Sebaiknya, panitia Penerimaan Siswa Baru selalu mengecek kepemilikan NISN ini sejak awal, sehingga jika saja hilang dan tidak ada arsip lain, pihak sekolah bisa mengurusnya kembali di Dinas Pendidikan setempat.

Tagged with:

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar