9

Yuk , Jadi Orangtua Cerdas (+3)

Sri Sugiastuti January 8, 2014

Menjadi orangtua cerdas secara emosioanal dan spiritual diawali dengan membangun kesadaran dan ‘menjagai’ agar senantiasa dalam kesadaran. Banyak situasi yang membuat seseorang kehilangan kesadarannya dan juga kendali atas dirinya sendiri.
Mari kita mengasah secara berkala, rutin, atau incidental agar menjadi orangtua yang cerdas dengan merancang untuk mengikuti program parenting, membeli buku-buku pendidikan anak, membaca barang satu jam untuk memambah wawasan, mengikuti seminar dan pelatihan, saling mengunjungi dan berbagi sesame orangtua.

Pentingnya Keseimbangan. Jiwa yang kuat dibangun di atas iman yang kuat dan disuburkan dengan ibadah yang benar dan kontinu, serta dirawat dengan akhlak mulia. Kualitas ruhiyahnya membuat ia memiliki wibawa di manak-anaknya, memiliki kedudukan istimewa dan memiliki kalimat yang berbobot. Segala tingkah lakunya akan mendorong anak untuk mengikuti. Kehadirannya membawa aura yang menyejukkan dan menentramkan.

Saat Anda diliputi banyak urusan dan persoalan ,berhentilah sejenak lalu berzikirlah dan istigfar. Dzikrullah akan membuat Anda terkendali. Maka milikilah karakteristik dasar seorang pendidik berikut ini;
• Ikhlas. Mendidik anak sebagai amanah Allah. Jadikan anak saleh untuk menjalankan perintah Allah dan membela agama-Nya.Tanpa mengharapkan pamrih duniawi.
• Taqwa. Taqwa adalah rahasia seseorang dengan Allah karena dia berada dalam lubuk hati yang paling dalam . Namun ia maujud dalam prilaku yang selalu berpegang kepada perintah Allah.
• Ilmu. Orangtua harus membekali diri dengan ilmu dan ketrampilan . Belajar sepanjang kehidupan menjadi kunci untuk tak pernah kenyang dengan ilmu.
Penyabar. Kesabaran tidak memiliki batas. Sabar dalam senyuman mungkin lebih mudah, namun sabar ketika harus menghukum, itulah ujian yang berat.
• Rasa Tanggungjawab. Tanggungjawab secara duniawi mendidik dan menjaga anak agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan bangsanya, sedang tanggungjawab kepada Allah untuk merawat titipan-Nya dan mengembalikan kepada Allah sesuai dengan fitrahnya.
• Kasih Sayang. Hanya kasih sayang yang membuat seseorang bertahan mencintai anak tanpa henti. Kasih sayang akan memotivasi kita selalu menjaga anak agar senantiasa dalam kebaikan.
Kiat Keseimbangan dalam Rumah dan Diri Anda.
• Awali hari Anda dengan Bismillah
• Bangun minimal setengah jam lebih awal, shalat malam, dan bersantailah nikmati keheningan malam
• Sekali-kali setellah jam weker setiap jam. Lemaskan punggung, ambil nafas, tersenyumlah, dan berzikirlah
• Ambil waktu pribadi untuk meresapi setiap guyuran air yang mengalir membasahi tubuh Anda
• Pegang anak Anda dan peluklah, bisikkan kata-kata saying.Pancarkan kasih sayiag dan kelembutan dengan mata Anda

Libatkan anak Anda dan pasangan Anda untuk mengerjakan tugas-tugas rumah.
Luangkan waktu untuk baca Al-Quran dengan tartil yang benar dan baca terjemahannya.
Pendek kata Anda dapat merencanakan hal-hal yang sekiranya dapat menyenangkan hati Anda dan anak Anda.
Sedangkan kiat keseimbangan dengan Lingkungan Sosial bisa Anda coba beberapa tips sebagai berikut:
• Terseyumlah pada tetangga setiap hari dan ucapkan salam
• Masaklah lebih banyak agar sekali-kali bsa memberi hadiah pada tetangga
• Undanglah anak tetangga atau teman anak untuk makan siang bersama.
• Ajaklah anak untuk membagi mainan yang sudah tidak disukai lagi
• Ajaklah anak mengeluarkan baju atau barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi untuk disumbangkan
• .Sesekaki siapkan beberapa bungkus nasi untuk disedekahkan ketika sedang mengadakan perjalanan.
• Jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah,lalu sapalah para tetangga dan perbincangkan dengan anak
• Ajak anak ke tepi sungai dekat perkotaan yang padat dengan penduduk yang tidak seberuntung kita, agar wawasan anak bertambah

Dapat kita rasakan ketika kita berbagi ada rasa kepuasan tersendiri karena bisa membahagiakan orang lain. Banyak orang yang mendapatkan pengalaman spiritual ketika memberi dengan ikhlas. Melakukan kebaikan membawa Anda bahagia. Respons lingkungan atas perbuatan positif Anda , membuat Anda lebih bahagia.
Sumber; SMART PARENTS: MENYAYANGI ANAK SEPENUH HATI
Oleh: Ida Nur Laila

Comments (9)

  1. Benar ibu, kita semua telah difasilitasi oleh Allah SWT kecerdasan secara total, intelektual, emosional, dan spiritual. Ajakan ibu amat bermanfaat bagi keluarga besar Guraru, dan siapapun yang membaca artikel ini. Thx for sharing, salam sukses.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar