4

Yuk Belajar Origami :D (+3)

jawari May 11, 2015
Rangkaian origami hasil karya anak-anak kelas Origami

Rangkaian origami hasil karya anak-anak kelas Origami

 

Mendengar kata Origami pikiran kita bisa dipastikan melayang pada kegiatan melipat kertas yang dilakukan oleh anak-anak TK. Dan kebanyakan dari kita bisa dipastikan mengatakan kalau origami itu mudah. Namun benarkah demikian?

Sejak awal tahun pelajaran ini sekolah kami mengadakan ekstrakurikuler origami, dan saya ditunjuk sebagai pengajar untuk kegiatan ekstrakurikuler ini.

Seperti halnya kegiatan ekstrakurikuler lainnya, origami boleh diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Di awal pertemuan saya sempat kaget karena begitu banyaknya siswa yang mengikuti ekskul origami. Sekitar ± 30 orang siswa. Wedew…. Beneran nggak nih? Saya pikir bisa tahan berapa lama ya mereka mengikuti ekskul ini?

Dan benar saya, di minggu-minggu pertama anak-anak antusias, namun memasuki bulan kedua dan seterusnya, jumlah peserta ekskul origami mulai berkurang dan menyusut. Kebanyakan dari mereka beralasan origami itu susah. Nah loh?

Untuk kurikulum/pengajaran ekskul origami saya membuat sendiri berhubung tidak ada kurikulum baku (atau lebih tepatnya saya belum/tidak menemukan kurikulum origami untuk tingkat SMP), maupun titipan dari sekolah. Saya bikin sederhana saja, mulai dari pengenalan origami sederhana, baru kemudian meningkat ke origami yang lebih rumit.

Kebanyakan dari anak-anak menyepelekan/menganggap mudah di awal-awal, karena mungkin mereka masih ingat saat diajarkan waktu TK sehingga sudah bosan duluan. Namun ada juga yang kemudian banyak menyerah saat memasuki tingkat yang lebih sulit sehingga memutuskan untuk tidak ikut ekskul origami lagi.

Satu hal yang membahagiakan saya adalah walaupun jumlahnya jauh menyusut hingga tinggal tersisa ± 10 orang siswa, namun semangat mereka tetap tinggi, hampir tiap minggu mereka bertanya

“Pak nanti origami kan?”

Atau bertanya

“Nanti kita bikin apa pak?”

Semangat yang patut di apresiasi dan membuat saya bersemangat dalam berbagi ilmu dengan mereka dan mencari ide-ide baru agar mereka lebih bersemangat lagi.

Satu hal lagi, kalau mereka saya ajari sesuatu yang baru banyak teman-teman mereka yang iri minta dibikinin ataupun minta diajari bikin 😀

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

Tagged with: ,

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar