3

Youtube Sebagai Media Pembelajaran Era Milenial (0)

Ega Bekti October 27, 2020

Website Video Sharing dan sekaligus merupakan Media sosial paling terkenal saat ini adalah Youtube. Sejalan dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, popularitasnya akan terus meningkat. Youtube sangat umum di kalangan anak muda dan dewasa saat ini.

Tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk belajar atau mendapatkan data, pengguna internet mengunjungi Youtube. Peluang di bidang pendidikan adalah kebangkitan Youtube sebagai salah satu jejaring sosial paling terkenal. YouTube dapat digunakan sebagai alat pengajaran dalam arti belajar.

Kehadiran website dalam bentuk video memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasi dan membagikan informasi yang diperlukan secara mandiri. Banyak orang lebih tertarik pada item yang bersifat audio-visual daripada belajar buku. Video / konten yang ditampilkan akan dibuat semenarik mungkin melalui Youtube agar penonton lebih mudah memahami konten video tersebut.

Media pendidikan yang menarik mampu membangkitkan rasa ingin tahu dan semangat belajar seseorang. Minat adalah sikap jiwa seseorang, termasuk tiga fungsi jiwanya (kognisi, konasi, dan emosi) yang didasarkan pada sesuatu dan aspek perasaan yang kuat dalam hubungan itu, menurut Ahmadi (2009: 148).

Sementara motivasi biasanya dicirikan sebagai inisiatif dan arah tindakan dan pembelajaran tindakan, menurut Moscowits dalam Hasibuan (2009: 220).

Menurut M. Dalyono (2009: 57), motivasi belajar merupakan kekuatan pendorong atau pendorong bagi seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan yaitu belajar. Menurut M. Dalyono (2009: 57), motivasi belajar merupakan kekuatan pendorong atau pendorong bagi seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan yaitu belajar. Hamzah B. Uno (2011: 23) menyatakan bahwa motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal bagi siswa yang sedang belajar untuk melakukan perbaikan perilaku, biasanya dengan beberapa indikator atau

Kehadiran Youtube akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi penggunanya. Cakupannya yang sangat luas, bahkan tanpa batas akan memungkinkan kami mendapatkan informasi apa pun melalui Youtube.

Namun, itu tergantung pada bagaimana kita menggunakannya dengan bijak. Tidak jarang, beberapa orang menggunakan Youtube untuk melihat konten yang tidak pantas atau dewasa.

Anak-anak di bawah umur saat menggunakan media sosial (bukan hanya Youtube) tidak boleh lepas dari pengawasan orang tua karena alasan ini.

Tagged with:

Comments (3)

  1. Setiap hal itu ada sisi positif dan negatifnya. Media youtube juga memuat konten2 yang tidak bertanggungjawab, yang kadang sumbernya tidak jelas dan tidak layak jadi rujukan akademik.
    Alangkah baiknya siswa juga dibekali kemampuan memfilter konten, mana yang layak dan mana yang kurang.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar