4

Yok Bershalawat, Ini Kelebihannya (0)

Zubaili January 11, 2021

Mari kita awali membaca artikel ini dengan membaca shalat,

اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ.

Dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56, Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيما

Artinya:

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya.” (QS Al-Ahzab 33: 56)

Dalam ayat ini memberi pesan kepada kita bahwa Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Kenapa kita hambaNya malas bershalawat kepada Nabi?

Shalawat mempunyai beberapa arti, dan tergantung siapa yang mengucapkannya. Shalawat yang berasal dari Allah mempunyai arti rahmat. Sedangkan shalawat yang berasal dati malaikat atau Manusia bermakna doa. Dan salam dapat diartikan sebagai keselamatan dari marabahaya dan kekurangan.

Mulai sekarang, mari lazimkan diri kita untuk sesering mungkin bershalawat kepada Rasulullah Saw, Insya Allah akan mendapat syafaat dari beliau kelak dihari akhirat (hari yang sangat kita butuhkan pertolongan). Disamping cukup banyak kelebihan yang lain bagi orang yang bershalawat.

Sangat banyak hadits yang menjelaskan tentang kelebihan orang yang bershalawat kepada Baginda Rasulullah Saw, antara lain:

مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

Artinya:

“Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridha kepadanya, maka hendaknya ia memperbanyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).”

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ ثُمَّ تَقًرَّقُوْا مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ اللهِ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ إلَّا قَامُوْا عَنْ أنْتَنَ مِنْ حِيْفَةٍ

Artinya:

Mereka yang berkumpul (di suatu majelis) kemudian berpisah dengan tanpa dzikir kepada Allah dan membaca shalawat kepada nabi, maka mereka seperti membawa sesuatu yang lebih buruk dari bangkai.”

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

Artinya:

Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.”

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

Artinya:

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.”

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ

Artinya:

“Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.”

Akhirnya, penulis mengajak para

pembaca sekalian, untuk tidak bosan-bosan bershalawat kepada Baginda Rasulullah Saw baik sedang bekerja, membaca, menulis, santai, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan dengan berkah Shalawat berkah umur kita, berkah rezeki kita, dan Insya Allah mendapat syafaat dari Rasulullah Saw kelak Aamiin.

اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ

Semoga tulisan ini bermanfaat. # Akhii | Zubaili .

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar