1

Yang Dulu Itu Kayaknya Bukan FISIKA (+2)

Ria Fauzi June 6, 2015

1. Tuliskan pendapat kamu, apakah rumus fisika penting diajarkan sejak dini (SMP)?

 

Jujur saja, saya muak dengan yang namanya rumus. Justru karena dari awal belajar fisika saya diajarkan melulu tentang rumus mentah maka saya (pernah) membencinya.

Ah, seorang guru fisika yang (pernah) membenci fisika.

 

Menurut saya, salah satu kesalahan sistem pembelajaran fisika di Indonesia adalah terlalu mengistimewakan rumus, ya meskipun dengan rumus kita bisa saja lebih cepat mengerjakan suatu persoalan hitung menghitung fisika. Tapi, fisika itu bukan melulu tentang rumus. Di mana ‘kenikmatan’nya kalau yang terus diajarkan adalah tentang rumus tanpa kita sendiri mengetahui arti dari rumus itu? Gak ada sense-nyalah yang dipelajari itu. Ya, saya khawatir kalau fisika terus diidentikkan dengan rumus maka momok menakutkan fisika tidak akan berhenti bahkan entah sampai generasi ke berapa.

 

Fisika itu ilmu istimewa, katanya. Ilmu yang berisi hukum alam, hukum yang mengatur isi semesta. Tidak selayaknya ilmu yang begitu menarik hanya diajarkan dengan hafalan deret-deret huruf dan angka yang membosankan. Ah no sense! Pengalaman pribadi saya, bila guru terus-terusan mencekoki siswa dengan rumus maka yang terjadi hanyalah kebingungan, kalau soal yang ini pakai rumus yang ini, soal yang itu pakai rumus yang itu. Terus kalau soalnya diubah sedikit mulai deh bingung, mulai deh stress, mulai deh bilang fisika itu sulit.

 

Fisika, sekali lagi saya katakan adalah ilmu unik, kita bisa mempelajari gejala alam yang bisa membuat kita berdecak kagum. Cukup sudah membuat ribuan anak bangsa membencinya, hanya karena para guru langsung memberikan rumus tanpa menjelaskan fenomenanya, bisakah hal ini berhenti hanya di saya waktu SMP sampai SMA?

 

Saya sama sekali tidak menolak pemakaian rumus dalam pembelajaran fisika di SMP, itu sah-sah saja, tujuannya untuk memudahkan siswa menyelesaikan soal-soal yang terdapat dalam bukunya. Tapi jangan langsung kasih anak-anak polos itu rumus mentah, sangat menjengkalkan untuk menelannya dan memasukkannya ke dalam brankas otak. Mulailah dengan fenomenanya, gejalanya, biarkan anak menemukan sendiri rumus apa yang harus dia ingat ketika mendapati fenomena itu, seperti gasing mungkin.

 

2. Berikan sebuah gambaran, bagaimana sebaiknya fisika diajarkan menurut kamu.

 

  • Stop pemberian rumus mentah

    Seperti yang saya katakan di atas, rumus itu benar-benar membosankan ketika kita sama sekali tidak mengetahui arti dan fenomena yang sebenarnya dirangkum oleh rumus itu.

  • Mulailah dengan menjelaskan fenomena yng terjadi di sekitar kita, yang dekat dengan dunia kita dan siswa.

    Suatu peristiwa yang memiliki emosi di dalamnya pasti akan lebih mudah diingat, benar? Fenomena yang terjadi di bumi, semuanya dirangkum oleh ilmu fisika. Anak cenderung mudah lupa rumus yang dihapalnya, kenapa? Ya karena gak ada emosinya. Coba kalau sebelum masuk ke rumus kita ajak pikiran anak melayang menyusuri fenomena alam yang menyangkut pelajaran yang akan dipelajari, pasti lebih membekas pelajaran itu.

  • Konsep, konsep, konsep.

    Fisika bukan melulu tentang hitung-hitungan ribet kok. Yang paling penting, penekanan konsep. Kalau sudah mengerti konsep, Insya Allah rumusnya dapat. 🙂

    Sekali lagi, aku berusaha percaya. Fisika itu tidak semenakutkan bayanganku dulu. Yang dulu itu, mungkin gak layak aku sebut fisika. 😀

repost from my blog :

https://riakiki.wordpress.com/2014/03/25/yang-dulu-itu-kayaknya-gak-layak-disebut-fisika/

About Author

Ria Fauzi

Saya adalah seorang mahasiwi asal Palembang yang sedang belajar untuk menjadi seorang guru di STKIP Surya Tangerang. Menjadi guru sesuatu yang tak pernah aku bayangkan, malah aku hindari. Tapi, melihat mereka, anak-anak itu, lalu mengingat aku dan sekolahku di masa lalu, hatiku tiba-tiba saja jatuh cinta.. Jatuh cinta untuk menjadi seorang guru.. Belum menjadi guru, tapi sedang mencoba...

View all posts by Ria Fauzi →

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar