26

Workshop Video Pembelajaran: Membuat Materi Pembelajaran Lebih Interaktif (0)

Pengelola Guraru April 9, 2021

Guraru menyelenggarakan Workshop Virtual Guraru Class pada  27-28 Maret 2021 dengan tema Cara Membuat Video Pembelajaran Menarik dengan Animasi dan Quiz Interaktif. Workshop eksklusif ini  diikuti oleh 50 guru yang terpilih dari 1,200 lebih pendaftar. 

Guraru Class menghadirkan trainer berpengalaman, Bapak Dedy Setyo Afrianto, M.Pd yang merupakan Direktur Pendidikan Nurul Fikri Boarding School Bogor sekaligus penulis buku Easy Learning, Cara Mudah Menerapkan E-Learning dari A Sampai Z untuk Pemula. Beliau juga aktif menulis seputar pendidikan di blog pribadinya, dedysetyo.net.

Hadirnya workshop ini untuk memfasilitasi agar guru bisa membuat video pembelajaran efektif dan menarik selama menjalani sekolah PJJ (pembelajaran jarak jauh). Bahkan kini guru bisa menjadi seorang konten kreator video. 

Ada beberapa hal utama dalam membuat video edukasi, yaitu planning (tujuan dan cerita yang akan disampaikan), proses shooting (lokasi & lighting), audio (perangkat microphone dan meminimalisir kebisingan di sekitar) hingga proses editing dan sharing video.

Apa saja yang dipaparkan pada workshop ini? Berikut ulasan singkatnya.

Membuat Materi Simpel Namun Jelas

Sebelum langsung membuat video animasi, pastikan terlebih dahulu membuat konsep untuk materi pembelajaran yang akan disampaikan ke dalam video. Seperti yang dipaparkan pada workshop ini, trainer menampilkan beberapa poin, yaitu:

  1. Menentukan ide pokok/tema tulisan
  2. Membuat poin-poin penting  yang ingin dijadikan pesan
  3. Lengkapi informasi tulisan dengan referensi, cerita atau berita terbaru
  4. Mulai merangkai tulisan dengan gaya menulis Anda dan bisa menambahkan sudut pandang Anda.
  5. Jangan malu untuk meminta saran dan masukan orang lain

Anda harus membuat konsep materi yang akan disampaikan sudah matang sebelum membuat proses videonya.

Menggunakan Tools yang Tepat

Selanjutnya adalah memilih tools atau software video yang tepat. Pada workshop kali ini, trainer memilih tools Powtoon untuk membuat video animasi. Alasan menggunakan Powtoon, yaitu:

  • Gratis meski fiturnya terbatas, jika ingin fitur lengkap bisa menggunakan Powtoon Premium yang berbayar
  • Fleksibel dalam penggunaan konten yang tersedia
  • Anda dapat browsing fitur-fitur utama Powtoon untuk memaksimalkan konten agar relevan dengan topik yang sudah dibuat, seperti Scene atau Character
  • Template yang tersedia variatif 
  • Visualisasi mudah dan menarik untuk dioperasikan
  • Fitur export sudah terhubung dengan berbagai media sosial, seperti Facebook dan YouTube.

Mengatur Audio Agar Tersampaikan dengan Jelas

Audio menjadi pendukung penyampaian video pembelajaran yang Anda sampaikan semakin maksimal, tidak hanya melalui gambar dan tulisan. Maka hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur audio atau suara agar terdengar jelas didengar peserta didik dan tidak ada kebocoran suara lain yang masuk ke video.

Anda pun harus memperhatikan hal yang bisa menyulitkan proses recording, seperti suara kendaraan atau penjual di luar rumah hingga keterbatasan ruang yang tidak kedap suara. Maka pastikan Anda memilih tempat yang cukup kedap suara dan waktu yang tepat ketika keadaan sedang sunyi.

Untuk merekam suara Anda membutuhkan beberapa poin penting, yaitu:

  • Microphone (bisa bawaan laptop atau yang sudah embed dengan webcam tambahan)
  • Gadget yang sudah mendukung fitur recording
  • Microphone tambahan untuk memaksimalkan kebutuhan audio
  • Memilih software untuk proses rekam dan edit suara, seperti Audacity (untuk recording dan noise remover) dan Krisp (noise cancellation). 

Itulah paparan singkat Workshop Virtual Guraru Class bertemakan cara membuat video pembelajaran animasi. 

Pada workshop ini Guraru mengajak peserta mengikuti CreaTeach Video, yaitu kompetisi kreasi video pembelajaran yang bertujuan mengasah kreativitas guru sekaligus memfasilitasi guru untuk berbagi materi video pembelajaran. Pemenang utama di kompetisi ini mendapatkan laptop Acer Swift 3x dan laptop Acer Aspire 5 untuk juara dua serta lima pemenang lainnya mendapatkan voucher belanja Rp250.000.

Jangan lupa untuk selalu aktif menjadi member komunitas Guraru dan mengikuti berbagai kegiatan lainnya. Sampai bertemu di kegiatan Guraru selanjutnya!

Yuk, Simak Keseruan Guraru Class Kemarin!


Comments (26)

    • Tidak perlu khawatir ya, karena akan ada workshop menarik selanjutnya yang bisa diikuti 🙂
      Untuk aplikasi Powtoon dapat digunakan di Smartphone ya, dan bisa diunduh secara gratis di playstore 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar