13

WONG DESA JUGA HARUS BELAJAR MELEK IT (+4)

Novi Komariyatiningsih May 21, 2015

Tahun 2014, merupakan kali kedua ku ikut Diklat OnLine di P4tkmatematika.  Hasilnya ku coba terapkan di sekolah.  Salah satunya adalah pembuatan diagram menggunakan Microsoft Excel.  Di desa tempat ku bertugas sekarang tidak banyak siswa yang mempunyai Laptop.  Seperti di kelas XI IPA1, hanya ada 3 siswa yang punya. Walau demikian, tidak meluturkan semangatku mendidik mereka, menyalurkan ilmu yang kuperoleh dari DOL, seperti terlihat pada gambar.

 

20150212_12080020150212_120311

 

Saat itu mereka sedang menyajikan data yang sumbernya diambil di www.dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. Sumber data saya yang menetapkan, terkait tugas ku saat itu sebagai operator sekolah, sehingga mereka mengetahui data-data yang telah ku minta ke mereka selama itu dimanfaatkan untuk apa.  Dari sana mereka mengetahui data-data sekolah, diantaranya data banyaknya guru dan siswa di sekolah.  Data-data yang diperoleh mereka sajikan dalam bentuk diagram. Hasil yang diperoleh kuminta mereka pajangkan di kelas, sehingga saat ku masuk di kelas itu, terlihat penyajian data dalam bentuk diagram di dinding kelas mereka, membuatku untuk tetap mencoba menggunakan IT walaupun hanya beberapa laptop siswa yang dapat digunakan, minimal mereka pun rasakan yang ku rasa saat bisa sedikit “melek IT”.

IMG03212-20150425-1159

Selama pembelajaran mengunakan IT, terlihat siswa semangat dalam belajar, apalagi belajarnya secara berkelompok.  Hanya saja sulit untuk mengerjakan tugas tepat waktu, dikarenakan tidak semua yang punya laptop.  Sebisa mungkin saya mengatur pembelajaran agar mereka dapat menggunakan IT, walaupun mereka tinggal di desa, dengan fasilitas sekolah yang kurang memadai, tapi tak boleh menjadi penghalang mereka untuk mengikuti kemajuan zaman, yang sekarang rata-rata semua serba on line.

Harapku kepada rekan-rekan guru terutama yang mengajar di pedesaan, cobalah menerapkan pembelajaran menggunakan IT di sekolah, sehingga mereka bisa “melek IT” seiring tuntutan zaman saat ini.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”

 

 

Comments (13)

  1. terima kasih P’Ocang, sayangny tahun ni kesempatannya tertutup, hee…paling nti mw cb ngajar di SMP juga, spy kesempatan ikut DOL lebih besar, hee..he…Sering2 pantau p4tkmatematika.org P’.., kalau ada pendaftrn diklat lngsung ikuti.
    Salam kenal P’..tetap semngt saja y mendidik di sana…salut dgn perjuangannya untuk kesana…

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar