0

WolframAlpha untuk Pembelajaran Matematika (0)

Rifana Luudi February 11, 2021

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memunculkan berbagai aplikasi/mesin penjawab/mesin pencari yang memudahkan seseorang menemukan jawaban dari apa yang sedang dicarinya. Salah satu yang muncul sebagai mesin penjawab adalah WolframAlpha.

WolframAlpha (atau biasa ditulis Wolfram Alpha) adalah mesin penjawab yang dikembangkan oleh Wolfram Research. Merupakan layanan daring yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dengan menghitung jawaban secara terstruktur.Wolfram Alpha memanfaatkan basis data terstruktur yang dimilikinya dan kemudian diolah dengan peranti lunak. Wolfram Alpha memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi dan dinilai para pakar serta informasi luring. Wolfram Alpha dirilis ke publik pada 15 Mei 2009 oleh Stephen Wolfram. (Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Wolfram_Alpha)

Tampilan WolframAlpha ( https://www.wolframalpha.com) adalah sebagai berikut :

WolframAlpha mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknik, Sosial, Budaya , Sejarah dan masih banyak lagi.

Dalam pembelajaran Matematika, WolframAlpha dapat menjadi media pembelajaran yang dapat digunakan baik untuk guru maupun siswa. WolframAlpha dapat menjadi kalkulator namun bukan kalkulator biasa, karena memiliki fungsi aritmetika yang cukup lengkap. Dengan fungsi WolframAlpha yang seperti kalkulator ini memudahkan siswa karena tidak perlu lagi membeli kalkulator karena untuk membeli kalkulator lengkap. Karena seperti yang kita ketahui bahwa keadaan ekonomi siswa berbeda-beda, ada yang mampu dan ada yang tidak mampu membeli kalkulator lengkap tersebut.

Selain kalkulator, WolframAlpha dapat digunakan untuk menemukan penyelesaian soal-soal seperti Integral, Limit,Turunan,, Geometri dan lainnya hanya dengan memasukan persamaan/fungsi/titik di kotak pencarian sesuai dengan materi. Tampilan WolframAlpha untuk bidang Matematika adalah sebagai berikut :

Contoh penggunaan WolframAlpha dalam pembelajaran matematika, dimana siswa diminta menentukan integral dari x sin x dx.

Untuk menentukan integral dari x sin x dx, langkah pertama adalah jalankan aplikasi WolframAlpha (dapat diakses melalui https://www.wolframalpha.com). Menjalankan aplikasi ini bisa melalui laptop/komputer/smartphone

Langkah kedua pada tampilan depan WolframAlpha pilih Mathematics kemudian perhatikan soal yang diberikan. Karena soal yang diberikan tentang integral maka pilih Calculus & Analysis kemudian pilihlah Integral.

Langkah ketiga, setelah memilih integral perhatikan kembali soal. Soal yang diberikan adalah mencari integral dari x sin x dx, disini integral berbentuk integral tak tentu maka pilih Compute an indefinite integral. Pada kotak pencarian dibawah tulisan Compute an indefinite integral ketikan integrate x sin x dx.

Langkah keempat, klik kotak pencarian tersebut sampai muncul tampilan sebagai berikut :

Hasil dari integral dari x sin x dx sudah didapatkan bahkan grafik pun ikut ditampilkan dalam penyelesaian soal yang diminta.

Dengan WolframAlpha, siswa dapat menemukan dengan mudah soal-soal yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, guru dapat merekomendasikan WolframAlpha untuk dapat digunakan siswa dalam pembelajaran matematika terutama di masa pandemi covid 19.

Tagged with: ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar