2

Wirausaha muda sekolah (+4)

Muhamad Fajri Firdaus May 24, 2014

Membangan para Wirausahawan mudah dari sekolah itu

Sekolah sebenarnya bisa menjadi pabrik untuk mencetak wirausaha muda dengan bantuan guru-guru. Tentu sangat membanggakan apabila di kemudian hari ada salah satu dari murid kita yg sukses menjadi pengusaha di kemudian hari. Wah, tidak terbayangkan ya?

Sekolah bisa jadi salah satu tempat untuk menciptakan para pengusaha muda baru itu. Caranya tidak lah sesulit yang di bayangkan, yaitu dengan proses pembelajaran yang guru atur sedemikian agar bisa menimbulkan rasa, atau percikan semangat wirausaha di hatinya. Memang sulit terbayangkan jika belum di coba, tapi saya yakin ini bisa menjadi titik awal perubahan paradigm.

Selama pengalaman saya berwirusaha, 80% harus praktek, dan di tunjang 20% teori. Tidak mungkin ada wirausaha yang hanya mempelajari teorinya tapi tidak mau praktek. Disekolah pun begitu, materi bab wirausaha hanya di jadikan sebagai pelajaran teori, dan mengerjakan soal saja tapi tidak ada prakteknya. Sehingga, makna dari pelajaran itu tidak sampai.

Kita bisa mengubah cara belajar di kelasagar anak-anak kita mampu dan pede menjual, hal kita harus praktek, mustahil jika hanya teori saja. Semoga tahapan pembelajaran yang saya berikan ini bisa di coba oleh teman-teman sekalian. Adapun tahapannya sebagai berikut :

  1. Guru bisa menyiapkan suatu benda yang bisa di jadikan sebagai benda yang akan di jual oleh murid dan juga menyiapkan uang mainan sebagai alat untuk membeli barang tersebut.
    ( contoh : di sini kita bisa menggunakan kertas berwarna yang akan di kreasikan oleh anak – anak kita sebagai benda yang akan di jual )
  2. Setelah itu anak-anak kita harus mampu menuliskan kegunaan dari hasil karya mereka dan menetapkan berapa harga rasional untuk barang itu.
  3. Setelah mampu menulis, tiap anak di berikan kesempatan untuk mempresentasikan manfaat dan harga yang di tawarkan dari hasil karyanya.
  4. Setelah proses presentasi, maka siswa lain di ijinkan untuk bertanya dan mengajukan harga belinya. Di sini proses jual beli dan negosiasi terjadi
  5. Deal ! barang terjual
  6. Siswa yang paling banyak mendapatkan uang hasil jualannya adalah jadi pemenangnya.

Memang cara ini tidak semudah dan sesederhana dari apa yang saya jabarkan, tapi saya yakin jika hal ini di lakukan maka proses dari pembentukan karakter wirausaha bisa tercipta sedikit. Selain itu juga sekolah harus bisa menjadi sarana anak-anak yang memiliki minat terhadap wirausaha dengan cara yang bisa di sesuaikan dengan keadaan sekolah masing-masing

Semoga tulisan saya kali ini berguna dan bisa membantu teman-teman untuk melakukan proses pembelajaran di sekolah. Saya mohon masukan, kritik, dan saran atas proses belajar ini karena agar tidak salah arahan dan melenceng kemana-mana

yuk kita ngobrol dan bertukar informasi

follow ya twitter saya : @kakfajri

Blog : kakfajri.blogspot.com

Comments (2)

  1. Bagus mas. saya setuju kita kembangkan sejak sd kebetulan fotonya sudah di hapus siswa saya diajarkan membuat kap lampu innsyaAALLLOH nanti saya muat lagi , sangat penting untuk memnumbuhkan kemandiriaan siswa.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar