0

Waspadai Ketersediaan Air Bersih (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 17, 2021

Pemanasan global berimbas pada naiknya air laut. Sehingga terjadi pengurangan daratan yang juga berpengaruh pada sumber air bersih untuk konsumsi manusia menjadi lebih sedikit. Ketersediaan ini makin tahun makin berkurang, sehingga perlu tindakan antisipasi oleh manusia terutama di Indonesia yang banyak terdapat kepulauan dan sangat dekat sekali dengan air laut.

Mulai dari sekarang sudah mulai disadari upaya pencegahan dan antisipasi. Mulai digalakkan cinta lingkungan , sayangi bumi, menjaga mangrove. Tetapi dilapangan masih ada yang mengeksploitasi hutan untuk lahan dengan cara membuka lahan dengan cara dibakar, sehingga tak urung setia musim kemarau bencana asap di daerah sumatera dan kalimantan mengalaminya. Kampanye lingkungan hidup seharusnya semakin gencar dilaksanakan. Jangan sampai kita mewariskan anak cucu kita lingkungan yang sudah rusak, dan keterbatasan oksigen dan air yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup manusia.

Belajar dari beberapa negara yang menrapkan pengolahan air laut menjadi air bersih yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan manusia sehari-hari yaitu dengan teknologi pemurnian air. Pemurnian air dengan menggunakan teknologi osmosis terbalik atau reverse osmosis diharapkan menjadi solusi ketersediaan air bersih, mengingat kita negara kepulauan dan sumber daya air laut sangat melimpah. Teknologi dalam bidang pengelolaan sumber daya air sudah berkembang. Teknoogi untuk pengaturan supaya tidak terjadi fluktuasi antara musim kemarau tidak terjadi kekeringan dan musim hujan tidak kebanjiran. Dan teknologi yang sudah menjadi idola adalah bagaiman mengubah air dari kategori B menjadi kategori A, dan mengubah air laut menjadi air tawar dengan reversible osmosis.

Air laut secara alami banyak terdapat disekitar manusia tetapi karena masih banyak zat pengotornya yaitu zat garam dan mineral lainnya, sehingga perlu dimurnikan. Air laut yang kaya mineral ini berimbas pada air ditanah atau air disumur pemukiman penduduk disekitar laut atau pesisir, sumur didaerah pesisir airnya payau sehingga untuk konsumsi penduduk pesisir kurang nyaman. Hal ini juga banyak terjadi pada daerah pesisir yang tekstur tanahnya lahan gambut, rembesan dari muara disekitar pemukiman tentu akan masuk ke sumurĀ  penduduk.

Pemisahan air laut atau pemurnian air laut dengan cara destilasi dan reverse osmosis sudah dilaksanakan dibeberapa daerah, sebagai contoh di daerah Las Pamas. Di Kota Las Palmas kepulauan Canary Spanyol, 76% kebutuhan air tawar untuk kota yang berpenduduk 370.000 orang berasal dari air laut yang di murnikan. Emalsa, perusahaan air minum kota Las palmas menggunakan air laut untuk kebutuhan 3 unit alat destilasinya. unit pertama melakukan proses kombinasi, yaitu air laut dihilangkan rasa asinnya melalui penguapan. uap air akan melalui beberapa tahap pemulihan kondensasi. Proses ini dinamakan Enthalpy Jump yaitu penurunan temperatur dan tekanan hingga menghasilkan banyak energi.Unit kedua digunakan pada saat beban puncak penggunaan air. Sedangkan unit ketiga menggunakan metode osmosis terbalik yang menggunakan membran untuk menyaring air laut.

Reverse Osmosis dalam proses pemurniannya melalui beberapa tahapan penyaringan sehingga menghasilkan kualitas air murni. Filter Sediman 5 mikron/1 mikron menyaring kotoran yang lebih besar dari mikron dan 1 kiron seperti karat, pasir, lumpur, bahan mikro dan kapur. GAC Karbon aktif berbentuk butiran, menyaring bahan-bahan organik seperti bau, rasa, klorin, detergen, trikloromentana, bajakimia, CTO. Carbon Block Aktif 10 mikron, menyaring sama seperti diatas hanya saja dengan daya saring yang lebih tinggi. Membran Karbon Reverse Osmosis, menyaring karbon, bakteri, virus, racun logam arsenik, plumbum, kadmium, raksa) ion logam, cahaya, pada tahap inilah ion air dipisakan dari air kotor sehingga menghasilkan air yang murni. Post Carbon – Karbon Teraktif Kualitas Tinggi, menyerap bahan organik, menjamin kualitas/ rasa air dan mengembalikan rasa air.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar