2

Virus Menulis Itu …. (+3)

Sri Sugiastuti February 11, 2014

http://http://sphotos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/t1/1656193_10201415619374209_1714209680_n.jpg

Salam. Guraruers yang dimuliakan Allah, Alhamdulillah sore hari menjelang asar ketika hujan turun lebat sekali, hati ini sempat harap-harap cemas, apakah saya bisa hadir menjumpai santri-santri di Ponpes Ta’mirul yang sudah menunggu kehadiran saya.

Ini pertemuan yang keempat mereka semakin semangat saja untuk menjadi penulis yang hebat. MIinggu lalu saya beri tugas untuk menulis 5 alasan mereka mengapa ingin jadi penulis, dan jawaban mereka sangat luar biasa bervariasinya.

Sebagian tulisan mereka 5 alasan mengapa mereka ingin jadi penulis saya kutip sebagai berikut;
1. Aku ingin membahagiakan orangtuaku
2. Aku ingin dikenal dan pergi ke luar negeri
3. Aku ingin menyalurkan bakatku lewat tulisan
4. Aku ingin membeir motivasi untuk orang lain.
5. Aku ingin menjadi yang terbaik untuk keluargaku

Sebelum saya beri tugas tersebut saya sudah menerangkan 10 alasan saya ingin menjadi penulis yaitu:
1. Ingin pintar: Karena Kalam Allah Iqra yang begitu dahsyat , maka ikatlah ilmu dengan menulisnya karena kalau tidak diikat akan berlarian. Membaca dan menulis pasangan ideal.

2. Berdakwah lewat tulisandan bisa menyampaikan pesan , menyeru kebaikan ,mendengar lalu menuliskan karena ingatan serba terbatas jadi harus ditulis dan bisa mendokumentasikan peristiwa/kejadian

3. Ingin berpikir lebih sistematik. Dengan banyak berlatih menulis insyaalla ketika bicara jadi fokus , pikiran tidak tidak melompat lompat , dapat bersikap atau berbicara tegas tidak ngelantur dan pandai menata jalan pikiran pada point yang akan dibicarakan atau disampaikan

4. Memperoleh kepuasan batin. Mengapa ? karena menulis itu menyalurkan hobi. Bisa menuangkan apa yang diinginkan sehingga merasa puas sudah bisa menyampaikan ide ,layaknya orang yang selesai BAB ..plong dan sangat melapangkan dada

5. Mengendalika empsi; Seperti saran para ahli jiwa bahwa menulis itu melatih emosi , marah juga bisa diungkapkan dalam bentuk tulisan sehingga menulis bisa dijadikan terapi ketika hati sedang galau dengan menulis kita bisa belajar membahasakan kemarahan tanpa emosi.

6. Memberi pembelaan. Sungguh kata Sayyid Qutb Pena yang digoreskan lebih tajam daripada goresan pedang. Dengan tulisan kita bisa menyalurkan empati dari suatu musibah atau keadaan seseorang yang kurang beruntung. Dan yang terpenting bisa mengungkapkan kebenaran lewat tulisan

7. Ingin awet muda . “Menulis lebih baik daripada operasi pengencangan kulit wajah”(Fatima Mernissi penulis wanita asal Maroko) dan dikatkan juga bahwa menulis meningkatkan aktivitas sel yang ada di kantung bawah mata.Bila tidak yakin silahkan perhatian banyak penulis yang wajahnya terlihat lebih muda dari usia seharusnya.

8. Ingin banyak teman. Ini alasan yang sangat masuk akal karena dengan menulis punya komunitas penulis , kemudian punya penggemar,sering berintersaksi dengan dunia luar yang bisa jadi sumber tulisan , sehingga ada juga feed back dari pembaca maka terjalin silahturahim yang indah dan bermanfaat .

9. Ingin mendapatkan penghargaan baik materi maupun non materi . Memang awalnya sebagai kebutuhan menyalurkan hobi , lalu bisa mendapat honor, mendapat royalty atau bisa juga karya tulisannya dibeli penerbit dan akhirnya datang undangan untuk Bedah buku, seminar, dan motivator. Dari keistiqomahan itu bila satu tahun bisa menulis 5 buku yang baik insyaallah bisa hidup layak.

10. Menulis membuat hati bahagia. Hilangnya kesedihan tersalur lewat tulisan ; diantaranya bisa berbagi ilmu yang dituangkan dalam bentuk tulisan , memberikan nasehat atau masukan yang dibutuhkan ,memberikan motivasi yang baik dan yang terpenting ketika bisa menolong dan memberi saran dalam tulisan kebahagiaan akan tercurah pada diri kita.

Ya dari materi yang saya berikan minggu lalu jelas sangat memotivasi mereka untuk semangat membaca dan diikuti dengan berlatih menulis. Bagaimana dengan guraru apakah sudah rajin menulis???

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar