15

Video Presentasi Portofolio Kimia Terapan (+6)

Bu Etna @gurutematik March 16, 2014

Selamat Pagi Guraru. Insya Allah kita semua sehat wal afiat. Beberapa hari saya mengedit hasil shooting pembelajaran melalui portofolio, sampai tak sempat membaca artikel Guraru khususnya hari Sabtu. Maaf jari-jari ini sudah tak seperti dulu lagi, maklum sudah 60 tahun lebih terpakai. Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Terima kasih atas bimbingan pak Sukani, pak Subhan, pak Restu, pak Taufik, dan contoh-contoh video Guraru lainnya. Namun saya masih kembali lagi menggunakan WMM dan saya sudah belajar mengatur durasi, cahaya, dan warna.

Sejak digalakkannya tugas siswa pada mata pelajaran PKn tentang portofolio, saya ikut belajar bersama guru PKn dan siswa. Saat itu saya pun menerapkan portofolio dalam pembelajaran kimia. Karena banyak kompetensi kimia yang saling terkait satu sama lain dan pembelajarannya dapat terintegrasi dengan mengikuti urutan logis, maka portofolio amat bermakna dalam pengembangkan nalar dan wawasan siswa. Apalagi kimia ada di mana-mana, katakanlah tiada hari tanpa kimia, maka sayanglah apabila portofolio ini tak segera diaplikasikan. Semua bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan konsep abstrak yang harus dikuasai siswa dapat dimanfaatkan untuk memulai pelajaran dari konkrit menuju teori abstrak secara bertahap dan kembali diaplikasikan ke hal yang nyata sesuai dengan tema bahasan. Sungguh luar biasa, afektif, psikomotor, dan kognitif terintegrasi. Banyak karakter yang dapat dilatihkan, termasuk sikap ilmiah, disiplin dalam banyak hal, kemandirian, kekompakan, kepemimpinan, dsb.nya.

Suatu ketika para siswa begitu berani menantang saya untuk mengikuti suatu lomba yang melibatkan survey. Karena saya saat itu pembina olimpiade, maka keinginan siswa yang menggebu ini saya setujui. Mereka ingin melakukan sosialisasi manfaat pembelajaran kimia terapan. Ini suatu tantangan juga bagi saya. Tak hanya itu, mereka ingin meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat ekonomi lemah di sekitar sekolah. Saat itu saya deg-degan juga. Eh … mereka sudah mengadakan rapat dan menyodorkan keinginannya. Ternyata mereka ingin kimia yang menyangkut kesehatan dan nantinya dibuat portofolionya. Begitulah latar belakang dari pembelajaran ini.

Berikut video presentasi dari salah satu portofolio mereka tentang manfaat tomat. Insya Allah bermanfaat. Amin.


About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (15)

  1. Ada beberapa manfaat dari portofolio manfaat tomat ini
    1. Siswa kerja keras untuk membuat visualisasi bahan presentasi
    2. Siswa menjadi bangga karyanya dihargai dan diapresiasi baik oleh kelasnya maupun oleh gurunya dan youtube tentunya sehingga bisa dinikmati orang lain
    3. Siswa dilatih presentasi dan siswa lainnya belajar menangapi
    4. Guru tertantang membuat/edit video
    5. Siswa lain ditayangkan/shoot juga menandakan bahwa presentasi ini dilakukan dalam kelas hanya kalau bisa shoot wajah jangan cepat-cepat sebaiknya minimal 5 detik lalu pindahkan perlahan-lahan ke yang lainnya, mengapa 5 detik ? agar berilah kesempatan kepada mereka untuk menikmati wajahnya sendiri di video karena bagaimanapun kata mereka wajahnya lebih menarik dari apapun dalam video tersebut (he he he kata metro TV)
    6. Mantaaaap bu

  2. Amin ya rabbal alamin. Thx Pak Subhan. Saat shooting tangan saya masih sering bergetar. Hehehe gak gampang ya. Dana sertifikasi sebagian saya belikan handycamp, hehehe. Sebelum pensiun hampir setiap guru ingin saya shooting mengajarnya. Laris deh. Namun saya hampir tak ada gambarnya. Ehmm asyik juga. Ya ya Pak, Insya Allah saya akan tingkatkan lagi. Salam.

  3. Iya pak Restu, ternyata shooting itu tak mudah ya, hehehe. Jari-jariku suka gemetar. Saya akan terus upaya untuk belajar dan ingin hasilnya menjadi bagus. Thx pak atas sarannya. Dulu kok tidak belajar ini ya, sudah lansia baru belajar. Namun tak ada kata terlambat, iya kan pak?

  4. Hah? Pakai 3 tangan? Wah apa tidak tambah repot pak? Handycampku kecil dan kupegang dengan tangan kanan dan langsg jari-jarinya yg klik-klik begitu. Kalau tangan kiri, ah kok tak terbayangkan. OK deh saya coba nanti malam shooting cucuku yang sedang belajar. Hehehe thx tipsnya pak Restu, sebelum membeli tripod.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar