6

Video Pembelajaran Tentang Alat-alat Kimia I (+5)

Bu Etna @gurutematik March 7, 2014

Selamat Pagi Guraru. Video berikut ini berisi pembelajaran tentang alat-alat kimia yang diperlukan untuk praktik kimia baik di laboratorium, di kelas, maupun di rumah. Alat-alat ini tergolong sederhana, namun jarang dipelajari oleh siswa sebelum melakukan praktik. Umumnya siswa langsung memakainya dan pengenalannya saat praktik. Sehingga banyak siswa yang tidak memahami cara menggunakan alat, alternatif fungsi dari masing-masing alat, dan cara membersihkannya.

Insya Allah video ini dapat membantu guru dan siswa untuk memperlancar pembelajaran kimia. Video ini tidak memerlukan waktu lama, sebab guru akan membimbing siswa melalui pertanyaan yang telah tersedia. Bimbingan guru dapat terarah dan bila memungkinkan peralatan di video juga disediakan oleh guru, lengkap atau sebagian.Video pengenalan alat ada beberapa bagian dan video ini bagian satu. Apabila ada alat di video yang tidak/belum dimiliki oleh guru, maka guru dapat membelinya atau membuat modifikasinya. Guru juga dapat memakai beberapa alat yang ada bergantung pada keperluannya.

Sesuai dengan pertanyaan bimbingan yang tersedia, siswa diminta untuk membuat catatan berupa tabel kreatif yang bermakna hingga ujian, bahkan hingga kuliah atau bekerja di bidang kimia yang melibatkan peralatan kimia ini. Guru dapat menambahkan beberapa pertanyaan lagi bila diinginkan. Banyak hal dapat ditanyakan pada siswa sehubungan dengan kegiatan praktik.

Manfaat video ini selain untuk pembelajaran praktis di lab atau di kelas, bisa juga digunakan untuk tes tentang alat kimia di akhir pembelajaran. Walaupun gambar alat tercantum di video, namun pertanyaannya merupakan penalaran, sehingga gambar dapat membantu memahami teori abstrak.

Pembelajaran ini amat bermanfaat dan saya telah melakukannya sejak awal mengajar kimia. Meskipun dahulu tidak menggunakan video. Catatan siswa kelas satu/X awal tahun pelajaran, selalu harus memiliki tabel kreatif penggunaan alat dan bahan kimia berbahaya. Setelah itu barulah metode ilmiah dan penugasan metode proyek sederhana.

Terasa sekali ketika siswa praktik dan sebelumnya tidak pernah dibahas tentang penggunaan alat, banyak siswa yang melakukan kesalahan. Suasana kelas menjadi ramai dan ribut sekali, sebagian kelompok memerlukan waktu tambahan untuk mengatasi kesalahannya.

Silakan Guraru dapat share video ini untuk guru-guru yang lain. Bahkan siswa dapat memutar video ini kapanpun, di manapun. Insya Allah bermanfaat.


About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (6)

  1. Mengasyikkan sekali memanfaatkan video pembelajaran kimia untuk mengenal alat-alat kimia. Peserta didik dapat mengulang kembali pembelajaran di rumah secara mandiri dengan memutar kembali video tersebut. Terimakasih telah berbagi dan saya berikan “VOTE”.

    Salam,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar