27

Video Pembelajaran Tematik Integratif Untuk SD (+8)

Bu Etna @gurutematik March 1, 2014

Selamat Sore Guraru. Walaupun video di youtube untuk pembelajaran sangat banyak, namun harus berhati-hati dalam memilihnya. Selain video harus disesuaikan dengan alokasi waktu, isi video harus dicek dahulu. Ada video yang bisa digunakan di sekolah, ada pula yang sebaiknya untuk di rumah bersama keluarga. Selain isi, bahasa amat penting. Sebagus apapun video, kalau sebagian tak sesuai dengan kompetensi dan RPPnya tak memakai RPP yang langkah-langkahnya memang menggunakan video, maka kemungkinan bisa terjadi hal yang tak diinginkan.

Dalam pendidikan dan pelatihan (Diklat) guru, video disetel dan sering di pause, kemudian didiskusikan langkahnya. Pertanyaan sisipan untuk siswa dan tugas open ended/closed ended harus disiapkan. Soal-soal juga disesuaikan agar isi video juga dibuatkan soalnya. Itulah sebabnya sebagian guru lebih suka memakai video foto yang disusun bersama di sekolah (MGMPS).

images (25)

Tentang pembelajaran bertema lingkungan hidup sudah amat banyak di youtube. Sebagian adalah tugas siswa yang oleh gurunya memang sengaja diupload ke youtube. Ini juga salah satu alasan bahwa kita harus selektif terhadap kualitas video. Berikut saya contohkan video yang menyangkut pendidikan karakter mengenai pembuangan sampah.

Seyogyanya sejak balita sudah berjalan dan berbicara, harus segera dilatih cara membuang sampah di sekitar rumah. Video berikut baik pula digunakan untuk pembelajaran di kelas. Kellas I hingga III pendekatannya tematik integratif total, jadi Insya Allah bermanfaat. Untuk anak SD kelas IV hingga VI video ini bisa dimasukkan ke pelajaran IPA. Pertanyaan dan tugasnya ditingkatkan, mengarah ke konsep-konsep IPA. Teori abstrak sudah mulai bisa dinalar. Penalaran ini Insya Allah akan mudah dan lancar ketika dibimbing dari kejadian nyata sehari-hari di rumah atau lingkungan rumah dan sekolah, kemudian video diberikan saat kegiatan inti. Video sengaja dipilih yang pendek namun padat isi. Selamat bervideo.

http://www.youtube.com/watch?v=9G0CRRmpXf0

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (27)

  1. Menarik sekali bunda. Terimakasih telah berbagi video pembelajaran tematik integratif untuk SD tentang lingkungan hidup. Sangat bermanfaat.., Tips nya juga bagus dalam memanfaatkan video dalam proses pembelajaran. Saya berikan ‘Vote” +1. Salam hormat,

  2. Thx Pak Rasyid, video itu mengambil dari youtube, bukan buatan saya. Saya memilih video yg sdg banyak tersedia itu utk tematik integratif SD, agar guru-guru juga dapat berbuat spt itu. Utk video buatan sendiri sy sdg latihan yg sederhana dan ada beberapa yg sdh saya posting di sini. Alhamdulillah. Salam.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar