9

Video Pembelajaran Cara Membuat Kabel Jaringan LAN (+4)

oloan March 18, 2014

TIK adalah pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan menumbuh kembangkan sikap-sikap positif, mengembangkan kreativitas para peserta didik. Itulah kesimpulan yang saya dapat ungkapkan setelah menjadi guru mata pelajaran TIK selama kurang lebih 6 tahun. Dimulai sebagai Instruktur β€˜bukan guru’ pada saat itu di Sekolah Swasta, cukup senang juga mengajarkan mata pelajaran ini, karena saat itu khusus untuk anak-anak SMA sesuai dengan tingkatannya, mereka sudah di kenalkan dengan berbagai Aplikasi dan pengetahuan dasar tentang Komputer, Internet dan HAKI (Hak-Hak Atas Kekayaan Intelektual) atau IPR (Intelectual Property Right). Anak-anak SMA ini sudah dikenalkan dan difamiliarkan dengan berbagai Aplikasi seperti : Ms. Office, Open Office. Org, Macromedia (dreamweaver, flash, freehand), Adobe Photoshop, Corel Draw, Pembuatan Jaringan LAN, menggunakan Internet secara baik dan sehat, dll.
Namun, setelah enam tahun mata pelajaran ini eksis, sangat disukai dan menjadi mata pelajaran favorit, kini dunia pendidikan kita dibuat pusing oleh Kurikulum 2013, yang salah satu keputusannya adalah menghilangkan mata pelajaran TIK untuk tingkat SMP dan SMA/SMU, yang secara notabene adalah identitas Negara kita salah satu Negara yang sedang menuju Negara maju. Negara yang mengikuti perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Negara yang penduduknya tidak gaptek alias gagap teknologi, melainkan Indonesia adalah Negara yang peduli dan turut meningkatkan kemakmuran penduduknya dengan memasukkan TIK menjadi mata pelajaran yang tujuannya agar generasi penerus bangsa Indonesia belajar Ilmu Pengetahuan dengan menggunakan Perangkat-Perangkat IT dan semoga dengan pembelajaran TIK ini dapat menghasilkan generasi bangsa Indonesia yang mampu mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Sebagai bukti nyata, jika pembelajaran TIK adalah menyenangkan dan mengembangkan kreativitas dan potensi para peserta didik, saya menyertakan contoh Video Pembelajaran hasil kreativitas mereka dalam hal pembuatan Kabel Jaringan LAN (Local Area Network), dimana saya sebagai guru, menginstruksikan mereka membuat tugas kelompok (setelah saya sebagai guru mereka, mendemonstrasikan bagaimana membuat kabel Jaringan LAN tersebut), dimana 1 (satu) kelompok terdiri dari 5 sampai 6 orang untuk membawa Kabel UTP (panjang 1 sampai 2 meter), RJ45 (sebanyak 6 pasang, karena dalam pembuatan Kabel UTP ini, dalam memasukkan 8 kabel Optiknya sering bermasalah). Sedangkan Network Multi Tester dan Tang Grip disediakan oleh Guru mata pelajaran.
Peserta didik kami sangat antusias dalam mengikuti praktik pembelajaran ini Berikut video pembuatannya, selamat menikmati.

Video Pembuatan Kabel Jaringan LAN Kompetisi antar kelas Juara I

Video Pembelajaran Pembuatan kabel Jaringan LAN Kompetisi antar kelas Juara II

Comments (9)

  1. Terimakasih atas komentar-komentar positifnya, semoga bermanfaat
    buat @Rudy Hilka, terimakasih pak, semoga makin dapat ide-ide cemerlang
    @pak Restu, terimakasih pak
    @Bu Etna, ini sebagai usaha untuk meraih point juga bu…he.he. biar bisa kek ibu, sukses yah bu
    @Nurita, terimakasih, silahkan di videokan bu cara pembuatan Kabel Jaringan LANnyya.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar