14

Video Motivasi Pembinaan Karakter (+8)

Bu Etna @gurutematik March 3, 2014

Selamat Pagi Guraru. Ketika saya berkutat untuk bisa mengupload video pertama saya ke youtube, ada suatu rasa malas untuk melanjutkannya. Mengapa saya malas? Apa alasan saya malas? Satu hal saya merasa sulit untuk mengupload video. Belajar sendiri rasanya memerlukan banyak waktu. Banyak aktivitas yang harus saya tunda. Ah tak mungkin saya menunda program yang sudah saya jadwalkan. Sebaiknya upload video ini yang harus dijadwal dahulu. Kapan?

Guraru saya ingin sekali belajar banyak tentang membuat video sendiri dan memakainya untuk variasi pembelajaran di home schooling. Namun seminggu ini acara begitu padat. Tantangan admin Guraru yang ingin saya jawab masih dalam proses. Namun ternyata tak mudah mengubah jadwal yang sudah tersusun untuk satu bulan ini. Waktu yang tersedia untuk online di web Guraru hanya selingan diantara program. Waktu untuk menulis ternyata tak cukup untuk membuat video dan belajar seputar upload dll.

Akhirnya timbul rasa malas untuk melanjutkan edit video dan upload ke youtube. Tak terasa ada suatu keputus asaan masuk ke pikiran dan perasaan saya. Sehari penuh saya tak melakukan apa-apa untuk video. Saya hanya sesekali oline di web Guraru, membaca, dan respon. Respon saya dapat dihitung dengan jari. Menulis artikel? Tak saya lakukan, sebab artikelnya bulan ini harus berhubungan dengan video. Terus apa yag harus saya lakukan? Tak ada. Ya Allah, ampuni hamba.

Malas, ya malas sekali saya membuka video yang sudah setengah jadi. Tidak, saya tak boleh malas. Rasanya saya agak jengkel pada sifat saya sendiri yang tampaknya mulai berbeda dengan biasanya. Malu … ya saya malu walau tak ada orang yang melihat. Ya Allah, hamba tak ingin malas, namun hampir 2 hari hamba tak mampu berbuat untuk video.

Ketika klik-klik cara upload video, eh … tahu-tahu jariku ini memencet huruf yang merangkai kata motivasi malas. Di youtube muncul motivasi Mario Teguh yang semalam saya tonton bersama suami. Ehm … ya, kemudian saya mencari cara menghilangkan rasa malas. Alhamdulillah ada dan saya langsung memutar video tersebut. Hehehe saya tambah malu. Saya tersenyum dan tertawa bersama pak Mario. Ya Allah, terima kasih. Hamba tak ingin malas lagi. Tak mungkin orang lain dapat membantu mencari jalan keluarnya agar hamba tak malas. Harus hamba sendiri. Alhamdulillah.

Guraru, video motivasi di atas bagus sekali lho. Ya memang menurut saya yang sudah mulai sedikit terkena virus malas. Hampir saja rasa malas itu berkepanjangan. Silakan diputar, Insya Allah dapat memotivasi Guraru seperti halnya yang terjadi pada saya. Allahu Akbar.

Setelah video di atas saya tunjukkan pada beberapa ibu tetangga, ternyata ibu-ibu meminta untuk datang lagi dan memutarnya untuk keluarganya, erutama anak-anaknya yang malas. Ibu-ibu sangat berharap bahwa video pilihan seperti ini segera disampaikan ke guru-guru sekolah untuk pendidikan anak. Kata ibu-ibu itu pak Mario Teguh sangat terkenal, Insya Allah bermanfaat untuk sekolah. Nah Guraru, saya pun berpendapat begitu. Video ini dapat digunakan untuk pembinaan karakter siswa. Selain itu juga dapat disetel di ruang guru, ruang TU, dan ruang BK. Insya Allah bermanfaat. Terima kasih.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (14)

  1. Guraru, pembinaan karakter bangsa memang tak mudah, namun Insya Allah tak sulit. Pembinaan ini sering memerlukan waktu ekstra seperti yang saya laporkan terdahulu, yaitu masalah anak super malas Gundi. Sekarang saya akan berangkat home schooling, Insya Allah video motivasi ini bermanfaat. Marilah bervideo yang tepat guna, Insya Allah kita bisa. Salam perjuangan.

  2. Agar cepat upload video ke youtube, video sebaiknya diconvert dulu dengan Total Video Converter, filenya pilih WMV, biasanya kalau MPG yang aslinya 80 MB setelah diconvert jadi 10 MB, apalagi kalau pakai camtasia, convert video jadi lebih kecil lagi, namun kualitas gambar tetap bagus, he he he semua upload video saya di youtube adalah convert dengan camtasia, semua jadi mudah. dan agar cepat Gunakan 2 laptop (1 untuk kerja sibuk rutin Ibu dan yang satunya lagi untuk sambil iseng-iseng edit upload), Salam takzim juga ibu teruslah bermanfaat.

  3. Wahhh…inilah yang juga menjadi favoritku…menonton video atau acara TV berbau motivasi termasuk membaca buku2 motivasi. Dannn …mmg sangat perlu sekali2 kita menyisihkan waktu setelkan ini ke siswa kita utk melawan malas salah satunya. Trims Bunda Etna! Saya jadi pengen juga nihh…praktekkin di kelas! 🙂

  4. Iya benar bu Sri, saya yg hanya home schooling door to door saja barusan sampai rmh. Agak kuwalahan juga sebab tugasku termsk motivasi anak dan seisi rmh. Ya enaknya sih ada blog dan video. Namun hal tertentu hrs lgsg termsk merayu seseorg agar rajin. Padat karya ya, alhamdulillah. Thx responnya. Salam sehat.

  5. Agar cepat upload video ke youtube, video sebaiknya diconvert dulu dengan Total Video Converter, filenya pilih WMV, biasanya kalau MPG yang aslinya 80 MB setelah diconvert jadi 10 MB, apalagi kalau pakai camtasia, convert video jadi lebih kecil lagi, namun kualitas gambar tetap bagus, he he he semua upload video saya di youtube adalah convert dengan camtasia, semua jadi mudah. dan agar cepat Gunakan 2 laptop (1 untuk kerja sibuk rutin Ibu dan yang satunya lagi untuk sambil iseng-iseng edit upload), Salam takzim juga ibu teruslah bermanfaat.
    Subhan

    *******************
    masukan Pak Subhan keren abis …. trims Pak

    wah bunda etna luar biasa nih ….. masih mau belajar upload segala heeee … ayo CONVERT ya

  6. Iya pak Bakri, tadinya saya mungkin tergolong lugu dlm hal IT hehe. Saya tak melihat kapasitas dll. Makanya kok berat, lemot, ternyata itu toh masalahnya. Saat sekolah dulu ya gak ada. Jadi guru saja dulu ngetik soal dg mesin ketik hehe. Belajar sepanjang hayat hore sip kan pak Bakri. Di sini banyak yg ngajarin. Thx ya Guraru yg baik hati. Salam perjuangan. Insya Allah gak ingin malas. Hahaha.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar