5

Usaha Sampingan yang “PAS” Guru diMasa Pandemi (0)

FitriyaniElHasan December 6, 2020

DI ERA pandemi Covid-19, segala aktivitas dibatasi. Meski demikian, kondisi itu bukan berarti menjadikan kreativitas ikut terhambat, termasuk di antaranya dalam mencari peluang usaha. Betul bapak/ibu?? 😀

Banyak peluang usaha yang bisa kita lakukan sejauh covid-19 ini melanda. Beberapa sekolah ada yang terkenal “disiplin gaji”. Ketika tidak mengajar, maka akan ada potongan honor dari biasanya. Mungkin hanya dirinci honor pengganti paket data dan pemberian tugas online. Tidak dihitung berdasar jam mengajarnya. Ah itu hanya prasangka saya saja. Tapi apakah memang ada ya??

Sudahlah, tidak penting hanya memikirkan GAJI. InshaAllah jika ikhlas, rezekipun mengalir. Nah dari pada pusing² mikirin honot yang datangnya hanya sebulan sekali, bagaimana kalau kita buka usaha sampingan saja. Guru multitalenta 😉

Kira² usaha apa saja yang bisa kita lakukan ya. Sekiranya butuh modal sedikit, lancar dan juga diminati banyak orang. Nah, ini saya punya referensi usaha dari SindoNews.com yang cocok untuk kita coba. Jika punya cukup modal dan ketrampilan, kita bisa melakukannya semuanya.

  1. Bisnis Makanan. Semua orang butuh makan apapun kondisinya. Karenanya sektor inipun bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi.Terlebih selama pandemi, aturan menyatakan bahwa sektor usaha makanan tetap diizinkan beroperasi asalkan mengikuti peraturan.
  2. Jasa Desain Grafis. Jasa desain grafis bisa memiliki peluang bagus untuk diterapkan selama pandemi. Terlebih banyak individu atau lembaga yang membutuhkan konten visual untuk berbagai kepentingan, seperti promosi. 
  3. Jual Pulsa atau Paket Data. Di masa penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), muncul juga peraturan belajar atau bekerja dari rumah.Hal ini menyebabkan kebutuhan akan internet meningkat. Kondisi ini menyiratkan bahwa bisnis penjualan pulsa dan paket data bisa menjadi sangat prospektif di masa ini.
  4. Jual Masker. Penggunaan masker kini telah menjadi sebuah kewajiban bagi semua orang. Bukan hanya untuk orang yang sakit, tapi juga orang sehat. Berangkat dari situasi ini, menjual masker kain pun bisa menjadi ide usaha yang potensial dijalankan selama masa pandemi. 
  5. Penulis Lepas. Menjadi penulis lepas juga merupakan usaha yang bisa dijalankan selama penerapan PSBB. Terlebih inspirasi dan kegiatan menulis sebenarnya bisa dilakukan di mana saja. Tulisan menarik bisa menjadi incaran banyak publisher yang kemudian bisa menghasilkan uang bagi si penulisnya.
  6. Bisnis Sembako. Kebutuhan sembako ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Di saat pandemi, peluang usaha ini cukup menjanjikan mengingat kebutuhan masyarakat akan sembako cukup tinggi. Saat ini toko sembako juga sudah bisa bekerja sama dengan perusahaan transportasi online.

Nah, dari beberapa ide bisnis usaha di atas sepertinya bapak dan ibu guru di Guraru ini lebih ke poin 5 ya, hihii

Kalau saya pribadi, Alhamdulillah baru 1 bulan ini membuka jasa Fotocopy dan print data disambi toko perlengkapan alat tulis kantor. Mengapa saya memilih usaha ini? Jelas karena ketika semua serba online, banyak sekali tugas online yang terkadang mengharuskan siswa untuk mencetak materi dari Whatsapp ke HardCopy. Lalu jika ATK? Banyak sekali siswa yang membutuhkan kertas folio untuk mengerjakan tugas, dan pastinya alat tulis juga dong.

Ayo kita manfaatkan peluang selagi kuat dan mampu. Kita berikan manfaat pada banyak orang dengan ilmu yang kita miliki, ilmu teknologi masa kini. Semangat jadi guru, semangat buka usaha baru.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar