0

Upaya Pencegahan Untuk Menghindari Seks Bebas (0)

oloan February 21, 2021

Pergaulan bebas wajib dihindari, karena merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang. Pergaulan bebas juga membawa dampak buruk pada berbagai bidang, misalkan kesehatan dan pendidikan. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan adalah salah satu cara mengatasi pergaulan bebas. Dalam buku Pergaulan Bebas (2017) karya Salam Al Farisi, menjaga pola keseimbangan hidup merupakan salah satu cara mengatasi pergaulan bebas. Mengelola emosi, energi serta pikiran dapat mengatasi pergaulan bebas.

Memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan hal positif serta mengendalikan diri agar tidak mudah emosi atau terbawa perasaan. Cara menghindari pergaulan bebas Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah 10 cara menghindari pergaulan bebas: Bersikap optimis dan percaya diri Memiliki sikap optimis serta percaya diri dapat membuat remaja lebih menghargai dirinya sendiri. Melakukan berbagai kegiatan positif Berbagai kegiatan positif yang dilakukan saat waktu luang bisa mengalihkan pikiran serta perilaku negatif.

Baca juga: Mengenal Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris Memiliki dan menjaga pola keseimbangan hidup Menjaga pola makan serta memiliki gaya hidup bersih dan sehat adalah salah satu cara menjaga keseimbangan hidup. Selektif dalam memilih teman Lingkungan pertemanan sama pentingnya dengan keluarga karena merupakan pihak yang paling sering menjalin relasi dengan remaja.

Berusaha mengembangkan talenta untuk meraih cita-cita yang diinginkan Memiliki kegiatan yang bertujuan mengembangkan talenta, juga bisa mengalihkan pikiran serta perbuatan negatif. Berpikir tentang memiliki rencana masa depan yang baik dan menyenangkan Memiliki pikiran atau rencana masa depan membuat remaja akan berpikir dahulu sebelum bertindak.

Membentuk dan memiliki karakter yang positif, artinya memiliki pendirian yang kokoh serta kuat Memiliki pendirian yang kokoh membuat remaja tidak mudah terbawa arus pergaulan bebas. Remaja juga lebih berani mengatakan tidak pada perbuatan perilaku menyimpang.

Pergaulan bebas yang akhirnya mengarah kepada seks bebas biasanya berdampak pada diri remaja sendiri, orang tua dan masyarakat.

Bapak/ibu sebagai orang tua tentunya tidak perlu melakukan pengawasan 24 jam karena mereka bukan bayi lagi, namun adalah remaja yang perlu dipahami, dimengerti dan diarahkan sehingga tumbuh menjadi pribadi yang matang dan bertanggung jawab.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghindari seks bebas antara lain:

1. Batasi waktu untuk keluar rumah. Waktu bermain memang perlu bagi remaja namun orang tua perlu membuat aturan kapan anak pergi dan pulang terutama pada waktu malam hari supaya anak paham bahwa orang tua memperhatikan keberadaannya.

2. Hindari lingkungan yang buruk. Pantaulah dengan siapa anak bergaul, bagaimanapun teman memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pergaulan.

3. Tanamkan pada diri anak untuk melakukan hal yang positif bagi masa depannya. Membiarkan anak terlalu bebas dengan waktu luangnya cenderung menjadikan anak berbuat seenaknya sendiri.

4. Beri tahu anak tentang dampak pacaran, kehamilan dini dan penyakit HIV/AIDS apabila terlibat seks bebas.

5. Cobalah untuk mengadakan pendekatan dengan guru misalnya untuk razia hp yang ada gambar/film porno sehingga anak tahu bahwa ada pengawasan dari sekolah.

6. Dekatlah dengan anak misalnya cerita saat pulang sekolah, atau ketika anak punya masalah sehingga anak percaya kepada orangtuanya.

7. Dampingi anak saat bermasalah dan berikanlah waktu yang cukup buat remaja sehingga anak merasa lebih nyaman di rumah ketimbang di luar rumah.

Upaya pencegahan untuk menghindari seks bebas

1.Penanaman ajaran agama pada remaja harus dimulai sejak kanak-kanak dan seefektif mungkin, baik dilingkungan keluarga, tetangga, sekolah maupun masyarakat.

2.Perlu diciptakan lingkungan remaja yang kondusif terhadap pergaulan yang sopan, yang menjungjung tinggi moralitas.

3.Menyediakan sarana bagi remaja agar mereka sibuk dengan pekerjaan atau belajar, dan olahraga.

4.Pengawasan yang ketat dari orang tua

5.Perlu dipertegas penegakan hukum di lingkungan masyarakat

Sekian dan terimakasih

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar