20

Tutorial Video Animasi Sederhana untuk Pembelajaran, Dicoba Yuk! (0)

Pengelola Guraru March 2, 2021

Guru kini menjadi semakin harus berpikir kreatif dalam memberikan pembelajaran dari rumah. Tak hanya bagaimana mengatur jadwal kegiatan belajar online, tapi juga bagaimana membuat materi belajar yang kreatif. Selain PowerPoint, video animasi sederhana juga bisa jadi alternatif untuk menyampaikan materi belajar.

Dampak positif dari menyampaikan pelajaran lewat video adalah agar murid tak cepat bosan. Ya, untuk menjaga fokus para pelajar, guru bisa mempertimbangkan dan menantang diri agar bisa membuat video animasi sederhana yang menarik perhatian siswa.

Bagaimana caranya? Tenang, sebelum mengetahui cara membuat video animasi sederhana, simak bagaimana pentingnya video dalam dunia pendidikan di bawah ini.

Alasan Kenapa Video Sangat Penting untuk Pendidikan

Jika guru bertanya kenapa harus video, jawabannya sederhana. Mengingat para murid lahir di zaman yang berbeda, saat ini video adalah media paling populer untuk mendapatkan berbagai informasi. Salah satunya, YouTube. Tentu mayoritas pelajar setiap harinya membuka YouTube untuk mendapatkan informasi atau soft skill yang menarik bagi mereka.

Maka sangat penting jika guru dapat menyesuaikan para murid. Demi menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tak ada salahnya guru memberi materi lewat video. Memang apa menariknya dan seberapa penting media video bagi guru? Simak di bawah ini:

  • Video dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan kepedulian pada murid, sehingga dapat mendorong mereka untuk tetap fokus belajar. Jika murid tertarik dengan isi materi pada video, mereka akan memahami dan mengingat pelajaran lebih baik.
  • Materi belajar menggunakan video sangat fleksibel karena bisa pause, diulang kembali atau dipercepat. Dengan fitur ini, guru dapat menghentikan video sementara jika ada murid yang bertanya dan lanjut berdiskusi.
  • Pembuatan video mendorong para guru untuk meningkatkan soft skill ketika memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar. Sehingga guru akan lebih ‘akrab’ menggunakan teknologi terkini.
  • Video digital tak hanya dapat dinikmati oleh murid Anda, namun juga bisa menjadi materi belajar para murid di Indonesia jika Anda mengunggah video tersebut di YouTube.
  • Materi pelajaran menggunakan video dapat memudahkan guru untuk menghadapi murid yang membutuhkan waktu lebih saat mencerna pelajaran atau murid yang sedang berhalangan mengikuti sekolah online.

Sedangkan keuntungan menyimak materi pelajaran dengan media video bagi murid, adalah:

  • Video dapat dilihat kapan dan di mana saja, bahkan tanpa perlu menggunakan paket data jika video tela diunduh atau download. Sehingga murid dapat belajar nyaman menggunakan gadget mereka.
  • Murid dapat mengulas ulang pelajaran yang telah disampaikan guru lewat video. Dengan begitu, murid dapat menyimak video kembali jika ada bagian yang terlupa.
  • Materi video sangat membantu dalam pembelajaran semua mata pelajaran, terutama topik yang kompleks dan / atau sangat visual, seperti pemecahan masalah, atau rumus fisika dan matematika.
  • Materi yang disampaikan lewat video dapat meningkatkan kemahiran dalam literasi dan komunikasi digital, yang merupakan keterampilan penting abad ke-21.

Baca juga: 5 Aplikasi Video Editing untuk Proses Mengajar

Tips Membuat Materi Pelajaran Menggunakan Video

1. Buat Skenario

Jika guru harus membuat catatan apa yang harus disampaikan dalam PowerPoint, ketika membuat video pun guru perlu menulis skenario. Langkah pertama ini dibutuhkan sebagai guideline atau panduan sehingga guru dapat menyampaikan materi pelajaran lebih terarah dan tidak bingung harus bicara apa lagi saat sedang merekam video.

2. Siapkan Ilustrasi yang Menarik

Saat menulis skenario, pasti guru sudah tahu apa yang harus ditambahkan dalam video. Agar lebih menarik lagi, video dapat dipercantik dengan berbagai ilustrasi, animasi dan tabel yang keren. Jadi, sebelum merekam, pastikan Anda telah menyiapkan gambar atau ilustrasi yang berkaitan dengan mata pelajaran. Jika guru mengambil ilustrasi dari website lain, jangan lupa sertakan kredit atau sumber dalam video Anda.

3. Siapkan Peralatan untuk Merekam

Jika skenario selesai dibuat, guru dapat mempersiapkan kamera digital atau smartphone, tripod, lampu, wireless microphone dan kain putih atau hitam sebagai latar belakang saat merekam. Tak masalah jika Anda tidak memiliki wireless microphone, sebab guru dapat menggunakan fitur rekam suara pada smartphone sebagai penggantinya.

4. Edit Video dengan Desain Simple

Setelah proses rekaman selesai, langkah selanjutnya ialah mengedit video. Guru dapat menggunakan berbagai aplikasi edit video yang mudah dicari di Google. Proses ini membutuhkan ketelitian dan waktu yang lama. Pastikan Anda mengedit dengan tampilan video yang simple. Ketika ingin memotong video agar lebih singkat, pastikan tak ada bagian penting dalam video yang terpotong.

5. Unggah Video

Anda dapat menyimpan video dengan berbagai format, misalnya MP4 yang menjadi standar penyimpanan video. Jika video siap dibagikan, Anda bisa mengunggahnya ke YouTube dan membagikan link video kepada murid. Atau, guru dapat pula langsung memberikan materi video lewat grup Whatsapp.

Tutorial Membuat Video Animasi Sederhana

Untuk menghasilkan video animasi sederhana memang diperlukan kemampuan yang cukup. Namun bukan berarti guru tak akan bisa membuatnya. Pada tutorial kali ini, Guraru akan menggunakan biteable.com untuk membuat video animasi sederhana. 

Untuk memulainya, Anda harus menuju website tersebut, lalu dapat mendaftarkan diri melalui akun Gmail. Jika sudah menjadi member, simak tutorial di bawah ini ya.

1. Setelah log in biteable.com, Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini, lalu klik “Add” di sisi kiri layar jika Anda belum mempunyai materi video.

2. Jika Anda ingin memberi kesan pertama, Anda dapat memberikan animasi di awal video. Caranya setelah klik “Add”, pilih “Animation”. Nantinya Anda dapat memilih berbagai template gratis yang telah disediakan pada website tersebut. Banyak animasi yang menarik, Guraru!

3. Setelah memilih animasi yang tersedia, Anda akan diarahkan pada layar editing. Contohnya seperti ini. Untuk menambahkan teks, cukup klik box bertuliskan “Click here to add your simple message for the world”.

4. Supaya awal video memberi kesan dan tidak flat, Anda dapat menambahkan lagu. Pilih lagu gratis yang telah disediakan Biteable. Caranya klik ikon note balok di sisi kiri, lalu tentukan lagu yang Anda inginkan. Lihat gambar di bawah.

5. Jika sudah selesai membuat video animasi sederhana, Anda bisa klik “Export” lalu pilih “Free Export”. Karena yang dipilih versi gratis, video materi pelajaran Anda terdapat watermark Biteable. 

6. Setelah Biteable usai memproses export video, Anda akan diarahkan pada layar seperti di bawah ini, klik “Download Watermarked Video”.

7. Jika proses download selesai, video animasi sederhana Anda akan terlihat seperti ini, lengkap dengan watermark. Jika Anda ingin menghilangkan watermark, Anda harus berlangganan versi premium.

8. Nah, jika Anda telah memiliki materi video, Anda bisa menambahkan animasi yang ada di Biteable. Caranya, klik “Add”, pilih “My Uploads”. Jika Anda sudah memilih video yang ingin diedit klik “Upload”.

9. Lalu video animasi sederhana Anda akan muncul pada layar editing, jika ingin menambahkan animasi lagi, tinggal klik “Add”, lalu animasi dan pilih yang diinginkan, dan ikuti langkah dari nomor 1 hingga 7.

Baca juga: 5 Cara Download E-Book dan Situs Download Buku Legal

Bagaimana Guraru? kini sudah tahu ‘kan cara membuat video animasi sederhana yang menarik dan mudah? Selanjutnya, yuk bagikan informasi ini kepada rekan Guraru lainnya dan selalu aktif update informasi materi pembelajaran dan pendidikan bersama guru, praktisi atau konsultan pendidikan di website Guraru. Gabung Komunitas Guraru dan selalu semangat mengajar!

Guru Semakin Melek Teknologi Dengan Guraru
Belum bergabung ? silakan daftar disini


Comments (20)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar