4

Tutorial: Mengubah Suara Menjadi Teks dengan Google Docs (0)

widarso pep October 26, 2020

Di masa pandemik covid-19 ini banyak karyawan, termasuk para guru, yang bekerja dengan Google, baik Google Docs, Google Sheet, Google Classroom, dan tools Google lainnya. Dalam tutorial ini saya akan membagikan manfaat lain Google Docs yang jarang digunakan.

Untuk yang rada malas ngetik, Google dapat membantu Anda mengubah suara menjadi tulisan. Bahasa singkatnya, Anda bicara, Google yang ngetik. Tools ini namanya Google Docs voice-to-textTools (Bahasa Indonesia: perangkat. Tapi saya lebih sreg menggunakan kata ‘tools’ karena lebih familiar di telinga) ini hanya dapat diakses melalui browser Google Chrome, baik melalui PC (komputer), laptop, tablet, maupun smartphone (IOS maupun Android).

Kalau laptop atau HP Anda belum menggunakan Google Chrome, Anda harus install dulu. Artinya Anda mungkin menggunakan Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, atau lainnya. Anda dapat menginstall Google Chrome dari Mozilla Firefox atau Internet Explorer yang ada di laptop. Untuk HP, cari di playstore atau google play dan install Google Chrome.

Baik… kita anggap Google Chrome sudah siap di perangkat yang akan digunakan. Selanjutnya tutorial pada link berikut :

https://youtu.be/B6D3ei47lLE

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar