6

7 Rekomendasi Teknologi Belajar Online Agar Semakin Menarik (0)

Pengelola Guraru September 30, 2020

Kegiatan belajar mengajar online memang sudah dilaksanakan lebih dari setengah tahun demi menekan jumlah penularan COVID-19. Sudah pasti perubahan ini penuh tantangan untuk para guru, pihak sekolah, murid dan orang tua. Sisi baiknya, para guru semakin update dengan memanfaatkan teknologi untuk belajar mengajar online di era new normal.

Nah, perangkat teknologi seperti laptop, monitor atau smartphone kini sangat diandalkan sebagai media berkomunikasi jarak jauh antar murid dan guru. 

Tidak hanya itu, ada berbagai perangkat gadget dan teknologi pendukung lainnya yang dapat meningkatkan proses belajar mengajar lebih maksimal. Apa saja? Simak rekomendasi teknologi untuk belajar online agar mendukung proses belajar mengajar berjalan mulus.

Chromebook

Apakah Guraru masih asing mendengar Chromebook? Sederhananya, Chrome adalah sistem operasi yang menjadi nyawa laptop. Tanpa sistem operasi, laptop tak akan punya fungsi. Nah, Windows, iOS, Linux hingga Ubuntu adalah nyawa yang dibutuhkan laptop. Begitu pula Chrome. Chromebook adalah perangkat laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome dari Google.

Bedanya, laptop yang menggunakan laptop sistem operasi Chrome punya keunggulan yang menguntungkan penggunanya. Sebab, pengguna dapat merasakan fitur dan akses ribuan aplikasi pendidikan dari Google Play Store. 

Plusnya lagi, laptop Chromebook yang menggunakan ChromeOS memungkinkan kita mengakses Google Docs secara offline. Sehingga sistem operasi laptop yang menggunakan ChromeOS sangat cocok untuk mendukung proses belajar mengajar dari rumah.

Baca juga: Pilihan Laptop Chromebook dari Acer untuk Indonesia 

Laptop Jenis Convertible 

Laptop convertible adalah jenis notebook dengan fitur engsel fleksibel yang bisa diputar hingga 360 derajat. Sehingga ketika diputar, laptop seperti berbentuk sebuah tablet, namun keyboard tetap menyatu dan tidak bisa dilepas.

Desain yang sangat fleksibel ini tentunya memudahkan Guraru ketika mengoperasikan laptop. Misalnya laptop Spin series dari Acer yang bisa diganti mode menjadi tent atau tablet jika harus memperlihatkan materi kepada murid melalui video.

Laptop yang dapat berubah fungsi menjadi tablet seperti ini tentunya sangat mendukung para guru di saat pandemik seperti ini. 

WebCam Eksternal

Tentu semua laptop yang dijual di pasaran sudah dilengkapi dengan kamera built-in atau kamera bawaan. Fungsi kamera pada laptop biasanya digunakan untuk berkomunikasi lewat video. Seperti kondisi saat ini, kamera laptop sebagai salah satu teknologi dalam mendukung proses belajar online.

Kualitas gambar yang baik sangat dibutuhkan agar proses belajar mengajar online maksimal. Jika kamera laptop bawaan sedang bermasalah atau kurang memuaskan, Guraru bisa mencari sebuah solusi. Misalnya dengan melengkapi laptop dengan WebCam eksternal. Cara ini sangat solutif dan pemasangannya pun cukup mudah.

Baca juga: Tantangan Lingkungan Sekolah di Era New Normal

Selain menambahkan WebCam eksternal, Guraru juga dapat menyesuaikan agar layar monitor tidak terlalu terang. Karena cahaya laptop akan memantul pada wajah, sehingga hasil video call terlihat kusam atau buram. Lalu, pastikan pula posisi guru tidak membelakangi cahaya, karena dapat menyebabkan backlight yang membuat wajah Anda tidak terlihat dan hanya terlihat siluet saja. 

Selain itu, sebaiknya pilih latar belakang yang polos. Misalnya dinding atau background kain bermotif polos untuk menghindari hasil video terlalu buram.

PC AIO, Perpaduan Monitor dan Desktop

Bekerja seharian di depan laptop memang melelahkan mata. Namun akan berbeda jika bekerja di depan monitor yang layarnya lebih lebar dan tajam dibanding laptop. Sehingga tidak terlalu melelahkan mata.

Misalnya saja dengan menggunakan PC AIl In One yaitu menggabungkan desktop dengan layar, sehingga area kerja yang sempit menjadi terasalebih luas.

Selain itu, jenis PC AIO ini lebih nyaman digunakan untuk pengguna yang bekerja depan di depan layar dengan waktu yang lama. Seperti para guru dan murid yang lebih sering di depan layar ketika proses belajar mengajar dilaksanakan.

Pastikan juga layar pada perangkat ini memiliki teknologi Bluelight Shield yaitu teknologi yang membantu mengurangi mengurangi emisi cahaya biru yang dipantulkan oleh layar. Sehingga mata akan lebih terlindungi dan proses mengajar pun jadi lebih nyaman, β€˜kan?

Headphone Berkualitas Baik

Untuk memudahkan proses komunikasi saat belajar online, guru bisa menggunakan headphone yang berkualitas baik. Meski dari laptop Anda tetap bisa mendengar suara para murid ketika bertanya, namun suara sekitar yang bising dapat mengurangi fokus saat mengajar. Sehingga perangkat headphone sangat diperlukan untuk meningkatkan fokus dan komunikasi antara murid dan guru berjalan lancar. 

Namun jangan salah ketika membeli headphone. Pilihlah headphone dengan kualitas suara yang jernih serta sudah dilengkapi mikrofon untuk berkomunikasi dengan murid atau rekan kerja.

Media Sosial YouTube

Jejaring media sosial seperti YouTube nyatanya tak hanya sebagai media hiburan. Kini, sejak COVID-19 melanda, sosial media YouTube juga berfungsi sebagai media edukasi. Para guru kini bisa memanfaatkan YouTube sebagai media untuk memberikan sebuah materi pelajaran dengan cara yang menarik dan tak biasa.

Anda bisa membuat mengunggah bahan ajar dalam bentuk video dan para siswa pun dapat mengulang video sampai mereka mengerti. Secara tidak langsung, kegiatan ini juga mengasah kreativitas para guru dalam membuat video interaktif.

Baca juga: Adaptasi dan Solusi Belajar dari Rumah Selama New Normal

Website dan Aplikasi Interaktif untuk Edukasi

Berkembangnya teknologi menghadirkan berbagai aplikasi edukasi yang mumpuni, seperti Google Classroom yang mendukung proses interaksi belajar mengajar antara guru dan murid. Bisa untuk kelas virtual, distribusi tugas sekolah atau membuat soal ujian. 

Ada pula website Kahoot! yang bisa menampilkan video dan gambar interaktif untuk materi belajar agar tidak membosankan. Bahkan menyediakan survei atau program khusus membuat kelas online yang menarik. 

Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun menyediakan Rumah Belajar sebagai sumber materi belajar dengan berbagai fitur yang dapat diakses secara gratis.

Itulah beberapa teknologi untuk belajar online yang bisa Guraru manfaatkan agar proses mengajar semakin nyaman dan menyenangkan. Tetap semangat mengajar!

Jangan lupa bagikan artikel teknologi untuk belajar online ini kepada guru lainnya, ya. Nah, Guraru juga bisa mendapatkan atau membagikan informasi pendidikan bersama guru, praktisi atau konsultan pendidikan lainnya di website Guraru. Mari bergabung dengan Komunitas Guraru untuk saling berbagi sekarang!

Belum daftar di Guraru ? Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (6)

  1. Daring pada umumnya menggunakan gatget. karena kondisi masyarakat yang umumnya berekonomi menengah ke bawah. apatah lagi dengan kondisi seperti sekarang stay at home.

    Semoga wabah ini segera menghilang. Aamiin

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar