2

TUGAS AKHIR & DISKUSI MODUL PPKN PPG DALJAB 2020 (0)

AQILA INDANA ZULFA March 5, 2021

Ceritakan upaya apa saja yang akan/telah Anda lakukan untuk mengurangi kekerasan di lingkungan sekolah Anda.

Setidaknya langkah yang dilakukan pihak sekolah dalam menciptakan pendidikan perdamaian YAITU

  1. Kami di sekolah melaksanakanĀ  pembelajaranĀ  aman, nyaman dan menyenangkan serta terbebas dari tindak kekerasan sehngga kami meminimalisir tindak kekerasan
  2. warga sekolah sebaiknya menyepakati tentang budaya sekolah damai yang hendak ditanamkan di lingkungan sekolah dan bagaimana mekanisme penghargaan dan hukuman yang bersifat edukatif untuk membiasakan budaya tersebut.
  3. pihak sekolah mengembangkan kurikulum sekolah yang damai dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai perdamaian dan resolusi konflik. Seperti pemecahan masalah, kerja sama, dan toleransi, ke dalam unsur-unsur kurikulum (tujuan, materi, strategi pembelajaran, dan penilaian akademik murid). Kemudian merancang pengetahuan dan keterampilan manajemen konflik sebagai mata pelajaran tersendiri, atau mengadakan pelatihan manajemen konflik di luar jam belajar.
  4. kelas yang damai memiliki lima ciri utama, yaitu kerja sama, komunikasi, ekspresi emosional, apresiasi terhadap perbedaan, dan resolusi konflik. Guru berperan sentral dalam menciptakan suasana kelas yang mencerminkan kelima ciri tersebut.
  5. murid dilatih untuk menjadi mediator untuk menengahi konflik teman-temannya melalui program mediasi sejawat. Dengan mediasi sejawat, guru-guru dapat berkonsentrasi dengan tugas pokoknya, sedangkan murid bisa bertanggung jawab menyelesaikan masalahnya sendiri.
  6. masyarakat, termasuk keluarga, berpartisipasi aktif dalam memastikan anak-anak memegang teguh nilai-nilai damai dan resolusi konflik yang telah didapat dari sekolah. Misalnya, mereka memastikan lingkungan keluarga dan masyarakat bebas dari kekerasan, seperti kekerasan dalam rumah tangga, main hakim sendiri, dan politik SARA..

DISKUSI

  1. URAIKAN JENIS-JENIS KEBERAGAMAN BANGSA INDONESIA!

indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki luas wilayah yng tidak kecil. Memiliki latar belakang pernah dijajah oleh bangsa-bangsa lain dan dilalui oleh jalur perdagangan Internasional. Oleh karena itu tidak mengherankan jika di Indonesia ada banyak keanekaragaman. Oleh karena itu Indonesia memimiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda beda tetapi tetap 1 juta.

Diantara keberagaman yang dimiliki, berikut beberapa garis besarnya :

  • Keragaman agama dan Kepercayaan
  • Di Indonesia dikenal ada 5 agama yang sah dan di akui yaitu Islam, kristen, katolik, Hindu dan Buddha. Selain itu da juga kepercayaan yang sifatya masih kedaerah atau ada disuku-suku pedalaman
  • Keragaman Suku
  • Indonesia yang terdiari dari banyak pulai dari sabang sampai merauku memiliki ratusan suku yang menempati pulau pulau yang ada contohnya suku vatak, toraja, mentawai, dayak, suku bugis, makassar dan sebagaianya.
  • Keragaman Bahasa.
  • Tidak hanya suku saja, tapi bahasa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia juga sangat beragam, misalnya bahasa sunda, bahasa betawi, bahasa jawa, bahasa papua dan lain-lain. Namun walaupun memiliki banyak bahasa daerah, tapi penduduk Indonesia dipersatukan oleh bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional
  • Keberagaman adat istiadat
  • Kebaragaman adat istiadat ini dapat tumbuh dari suku-suku yang ada di Indonesia. Contoh sederhananya yaitu tentang ritual pernikahan. walaupun memiliki kepercayaan yang sama, seperti Islam, namun secara detail ada beraneka ragam kebudayaan yang tumbuh didalam masyarakat, sesuai dengan pengaruh budaya masing-masing
  • Kebaragaman Budaya.
  • Keberagaman budaya ini terlihat dari beraneka ragamanya jenis dan bentuk rumah adat, tarian daerah dan mungkin senjata daerah. Contoh Batik, ada batik pekalongan ada batik solo.
  • Keberagaman Ras
  • Indonesia memiliki setidaknya 4 jenis ras yaitu ras Melayu mongoloid, Wedoid, ras negroid dan ras papua melanesoid.

semua keaneka ragaman yang ada di indonesia mampu hidup berdampingan, walaupun memang sesekali ada konflik, namun dengan adanya rasa cinta tanah air, maka keanekaragaman bukanlah suatu kendala

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar