0

Training Kehumasan JSIT (0)

Supadilah S.Si April 21, 2021

Banten (20/4) – Guru SMA Terpadu Al Qudwah mengikuti training Membuat Laporan Berita Kehumasan pada yang diadakan oelh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Banten. Acara ini diadakan pada Selasa, 20 April 2021.

Pemateri dalam acara ini adalah Eko Febrianto yang merupakan produser Seputar Indonesia RCTI. Eko mengatakan pentingnya bahwa humas harus bisa mengemas berita yang diadakan oleh sekolah.

“Acara kalau dikemas dengan bagus, dan berita itu dibutuhkan media, maka berita itu akan dimuat” katanya.

Meskipun dilakukan secara daring, peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut. Eko menekankan bahwa kehumasan sangat penting bagi perkembangan sekolah.

“Agar sekolah dikenal masyarakat luas, peran Humas sangat penting. Idealnya humas sekolah dipegang oleh guru khusus humas,” ujarnya.

Menurutnya, sangat penting pula menjalin hubungan baik dengan wartawan media mainstream. Agar jika ada kegiatan di sekolah, media tersebut mau memberitakan.

Menurut Eko Febrianto, Kehumasan merupakan hal terpenting yang harus di miliki setiap lembaga di sekolah, menjalin kedekatan dengan media sebagai mitra sebuah keharusan guna menciptakan komunikasi yang baik.

Namun, yang harus diingat, humas harus melakukan komunikasi dua arah.

“Humas perlu mengetahui masukan dari orang tua. Hal ini bisa dilakukan dengan menyebarkan angket,” katanya.

Dalam menyusun berita, Eko memaparkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti pemilihan judul yang menarik, menggunakan bahasa populer, memuat 1000-1500 karakter, dan pemberitaan yang cepat.

“Umumnya pembaca ingin membaca di internet secara cepat,” tegasnya.

Tidak harus menunggu kegiatan yang besar. Kegiatan sederhana jika dikemas dengan bagus akan menjadi berita yang menarik pula. Diharapkan dengan adanya training ini humas sekolah dapat dengan rutin memberitakan kegiatan sekolah agar syiar kebaikan dapat diketahui lebih luas lagi.

“Humas merupakan corong utama setiap informasi setiap sekolah serta tim yang profesional yang tentunya di duduki oleh orang-orang yang tepat” Ujar Maya Yunus dalam sambutan pembukannya.

“Apalagi dengan misi SIT syiar Informasi sebagai dakwah maka dari itu humas harus hadir sebagai corong dakwah di sekolah” pungkasnya.

Kegiatan pelatihan ini di ikuti SIT yang berada di wilayah Banten, melalui platform Zoom. Serang, Cilegon sampai Pandeglang peserta begitu serius mengikuti setiap paparan materi yang di sampaikan.

“Di sisi lain humas harus mampu dan cakap menyusun berita dengan memperhatikan kaidah jurnalistik, memuat sekira 1000 sampai dengan 1500 karakter, memilih judul yang menarik, menggunakan bahasa yang mudah di pahami, serta membuat pemberitan secara cepat baik secara pra maupun pasca kegiatan,” ujarnya

Semoga dengan di adakannya kegiatan ini, bisa memberikan sedikit pencerahan tentang bagaimana membuat suatu berita yang busa sampai kepada masyarakat khususnya orang tua atau wali murid

Di akhir sesi peserta melakukan sesi foto bersama.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar