7

Tips sehat ketika makan nasi goreng (+3)

Bu Etna @gurutematik January 22, 2014

Selamat Siang Guraru. Ketika saya memposting artikel yang membahas tentang nasi goreng, beberapa Guraru yang memiliki waktu luang telah membaca dan merespon. Ketika itu kami berdiskusi mencari solusi agar tetap energik, tak mudah mengantuk saat beraktivitas, dan tetap sehat. Namun diskusi di kolom respon tak bisa kami lakukan secara tuntas. Oleh sebab itu, berikut saya tuliskan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi keluarga besar Guraru. Insya Allah kita tetap dapat disiplin menjaga kesehatan, walaupun kadang masih ingin makan nasi goreng.

Nasi goreng banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Setiap sore hingga malam hari banyak sekali penjual nasi goreng, baik yang berada di pinggir jalan, depot/warung, hingga resto besar, bahkan banyak pula penjual yang menjajakan nasi gorengnya. Di rumah, para ibupun banyak yang suka memasak nasi goreng, biasanya pagi dan sore hari. Agar tetap sehat, maka ketika memasak dan makan nasi goreng, kita harus memperhatikan beberapa hal penting yang tak bisa diabaikan.

Nasi yang digoreng, haruslah nasi yang agak kasar, agar setiap butir nasi bisa lepas dan terkena bumbu. Nasi yang baru matang umumnya tidak bisa menghasilkan nasi goreng yang bagus dan enak, sebab butiran nasinya masih panas hingga mudah lengket. Oleh sebab itu, biasanya nasi malam digoreng pada pagi harinya. Sebaiknya nasi dihabiskan pada sore atau malam hari, sebab nasi yang menginap semalam kurang baik untuk kesehatan. Kalau terpaksa, nasi yang dimasak malam dan tak dimasukkan ke dalam magic jar, bisa digoreng pagi harinya.

Nasi goreng yang di makan saat sarapan, kurang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu juga membuat kita mudah mengantuk saat aktivitas agak longgar atau terjadi sesuatu yang membosankan. Apabila suatu saat sarapan nasi goreng tak dapat dihindari, misal ingin sekali, atau adanya hanya itu, atau sayang terhadap sisa nasi yang masih banyak, ya kita cari solusinya. Sebaiknya, ketika memasak nasi goreng, minyak dipilih yang nabati/organik dan secukupnya. Tambahkan protein, mungkin telur atau yang lain. Bisa dicampur langsung atau digoreng tersendiri. Upayakan banyak bawang putihnya dan gunakan tomat segar. Bila memiliki bawang bombay, bisa ditambahkan. Hindari terasi di pagi hari. Nasi goreng yang sudah matang beserta lauknya, perlu tambahan sayur/buah yang sesuai, bisa juga sebagai lalapan atau salad, bergantung pada persediaan atau kebiasaan. Jika tak ada, harus digantikan dengan jus buah, atau vitamin tablet. Sebelum sarapan minumlah air segelas, selang 10 hingga 30 menit baru sarapan. Kerupuk dll silakan.

Tindakan preventif pada saat sarapan dengan nasi goreng di atas tergolong penting, khususnya untuk anak-anak atau remaja yang sedang menuntut ilmu. Selain menghindari kantuk, juga untuk kelancaran kerja otak dan seluruh proses enzimatik tubuh, khususnya metabolisme/pencernaan. Slama aktivitas belajar/bekerja, sebaiknya kita disiplin untuk tetap gembira dan rileks. Dengan kata lain selalu berpikir positif, dan mengontrol emosi. Dengan cara yang sama kita lakukan pula ketika ingin makan nasi goreng di sore atau malam hari. Sebaiknya makan berat termalam adalah jam 7. Selamat mencoba, salam sehat selalu. Amin.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (7)

  1. Bisa bu Sri, itulah maksudku, harus ada sayur/buahnya. Wah itu enak sekali bu, namun berhati-hati lho jam termalam untuk makan berat sekitar jam 7, kalau memungkinkan sebelum Magrib (biasanya untuk diet, hehehe). Thx responnya, semoga bermanfaat bu. Salam sehat.

  2. Guraru, nasi goreng itu ada yang berwarna merah dan ada yang putih. Banyak orang suka yang merah. Sebenarnya tak apa, asalkan warna merah itu dari tomat segar dan cabai merah, bukan saus tomat instant yang ada bahan pewarna merahnya. Insya Allah info ini bermanfaat. Amin.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar