0

Tips Meninggalkan Kelas Kosong Bagi Guru (0)

Cahyo Padmasana May 22, 2021

Kelas Kosong Tanpa Guru

Namun terkadang seorang guru tidak dapat hadir ke dalam kelas untuk melakukan kegiatan pembelajaran bersama dengan siswanya. Misalnya karena halangan sakit.

Atau dikarenakan ada beberapa hal keperluan yang tidak dapat ditinggalkan. Misalnya tugas dinas luar, rapat-rapat penting, atau keperluan keluarga yang sangat penting. Lalu bagaimana dengan kelas dan jam mengajar yang ditinggalkannya?

Tips Meninggalkan Jam Pelajaran

Adalah hal yang wajar jika suatu saat guru tidak dapat hadir untuk mengajar di kelas karena sesuatu hal. Namun alangkah lebih baik jika guru meninggalkan tugas bagi kelas yang ditinggalkan, agar siswa juga tetap mendapatkan pelajaran.

Nah, bagi guru yang hendak meninggalkan pelajaran di kelas, dapat mengikuti beberapa tips berikut ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Lapor pada Atasan

Tips pertama adalah melapor kepada atasan jika tidak dapat hadir melaksanakan kegiatan mengajar. Atasan di sini bisa seorang koordinator mata pelajaran, ketua jurusan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan atau kepala sekolah secara langsung. Dengan melapor kepada atasan juga merupakan absensi (izin) jika guru harus meninggalkan kelas.

Meninggalkan Tugas

Berikanlah tugas yang harus dikerjakan oleh siswa, jika kita meninggalkan kelas. Tugas yang diberikan harus terukur, sesuai dengan lama jam pelajaran yang ditinggalkan.

Tugas jangan terlalu banyak. Juga tidak terlalu singkat. Jika terlalu banyak, akan memberatkan siswa. Jika terlalu singkat juga dapat berakibat siswa menjadi ramai, di sisa watu jam pelajaran.

Tugas yang Dipahami Siswa

Berikan tugas dengan petunjuk pengerjaan yang jelas agar siswa dapat mengerjakannya sesuai dengan harapan kita. Jangan sampai siswa tidak paham apa yang harus mereka kerjakan.

Hal ini karena kita tidak dapat menjelaskan kepada siswa secara langsung tentang tugas yang harus mereka selesaikan. Maka sampaikan petunjuk pada sesorang yang kepadanya kita serahkan tugas kelas kita.

Mengumpulkan Tugas

Ini juga merupakan tips penting. Jika siswa tidak diminta mengumpulkan tugas, maka ada kemungkinan beberapa siswa tidak mengerjakan tugas tersebut karena dianggap tidak dinilai. Namun setelah tugas dikumpulkan, kita harus memberi nilai atau poin pada setiap tugas siswa yang sudah dikumpulkan tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh seorang guru jika harus meninggalkan kelas. Semoga bisa sedikit memberi solusi bagi bapak ibu guru.

Artikel ini juga penulis muat di blog www.dinginaja.com dengan judul Tips Bagi Guru Jika Meninggalkan Kelas.

1 2

Tagged with: ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar