4

Tingkatkan Memori dengan Teknik Mnemonik (0)

Yusmini March 4, 2021

Hai sahabat Guraru-ers. Kali ini pembahasan kita mengenai salah satu cara untuk meningkatkan memori yaitu menggunakan “Teknik Mnemonik”.

Teknik Mnemonik

Mnemonik (mnemonic) adalah salah satu teknik untuk mengingat informasi yang biasanya sulit untuk diingat kembali. Kata mnemonik berasal dari Yunani Kuno yaitu mnēmonikos, yang berarti ingatan atau berhubungan dengan ingatan.

Dasar penggunaan teknik ini adalah untuk mengkode informasi yang kompleks agar lebih mudah untuk diingat. Dua tipe dari teknik mnemonik yang biasa digunakan adalah akronim dan akrostik.

Tipe Akronim

Tipe pertama, “Tipe Akronim” adalah merupakan penggunaan mnemonik yang paling umum digunakan sehari-hari. Huruf pertama dari setiap kata diambil untuk mengeja kata atau frase sederhana. Sebagai salah satu teknik mnemonik, akronim membantu untuk mengingat huruf pertama dari beberapa kata dalam sebuah daftar yang nantinya akan membantu untuk mengingat isi daftar itu sendiri.

Salah satu akronim yang paling populer adalah “mejikuhibinui” untuk mengingat warna pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Dalam pembelajaran kimia, beberapa istilah yang biasa saya gunakan dalam memudahkan siswa mengingat konsep elektrokimia adalah KRAO (Katode, Reduksi, Anode, Oksidasi), KNAPE (Katode, Negatif, Anode, Positif, Elektrolisis), dan KPANG (Katode, Positif, Anode, Negatif, Galvani).

Tipe Akrostik

Tipe kedua, “Tipe Akrostik” adalah teknik mnemonik dengan cara mengambil huruf depan dari materi yang ingin dihapal, kemudian huruf depan itu digabungkan dan dibuat suatu singkatan atau cerita yang mudah untuk diingat. Banyak yang menggunakan cerita lucu untuk untuk singkatan yang telah dibuat.

Untuk dapat membuat akrostik yang lucu dan menarik dituntut kreativitas yang tinggi. Semakin lucu akrostik yang dibuat, informasi yang akan disimpan dalam memori akan dapat bertahan lama. Ketika misalnya kita agak lupa, tinggal mengulang kembali akronimnya saja.

Untuk tipe akrostik contoh dalam pembelajaran kimia yang biasa saya gunakan adalah ketika siswa diminta untuk mengingat nama-nama unsur kimia dalam Tabel Periodik Unsur untuk setiap golongannya. Misalnya untuk unsur-unsur golongan VIIIA (Golongan Gas Mulia), akrostik yang biasanya digunakan adalah Heboh Negeri Arab Karena Xerangan Ranjau. Heboh mewakili unsur Helium atau He, Negeri mewakili unsur Ne atau Neon, Arab mewakili unsur Ar atau Argon, Karena mewakili unsur Kr atau Kripton, Xerangan mewakili unsur Xe atau Xenon, dan Ranjau mewakili unsur Rn atau Radon.

Banyak cara untuk meningkatkan daya ingat, tidak ada salahnya mencoba 2 tipe dari teknik mnemonik di atas. Teknik mnemonik dapat mengaktifkan otak kanan kita dengan sangat baik, karena otak kanan sangat suka dengan hal yang berhubungan dengan imajinasi dan kreativitas. Selamat mencoba.

*Semoga bermanfaat*

Comments (4)

  1. Terima kasih komentarnya Pak. Menurut saya bisa dikatakan mnemonik, contohnya dalam kimia juga ada beberapa lagu yang isi liriknya tentang materi kimia misalnya asam dan basa. Tujuannya agar memudahkan siswa mengingat konsepnya.

  2. Ya, bu terimakasih jawabannya. Dulu saat saya ikut PPG saya sempat membuat penelitian tentang mnemonic, tapi karena satu dan lain hal akhirnya putus ditengah jalan, saat baca tulisan ibu langsung memori saya kembali mengingat. Terimakasih sudah berbagi bu

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar