0

TIK UNTUK PEMBUATAN VIDEO IKLAN (0)

Rosiana Febriyanti October 4, 2015

Syukur Alhamdulillah, akhirnya saya bisa masuk guraru lagi setelah lupa pasword dan kendala sinyal. Puluhan kali saya coba insert gambar juga tidak bisa. Baiklah, ini kali saya ingin menulis pemanfaatan TIK pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12, terutama pada materi teks iklan. Terbetik dalam benak saya untuk menugaskan santri membuat proyek pembuatan video iklan. Bukan berarti saya hendak mengajarkan santri berdagang, tapi dalam iklan ada jenis-jenisnya, termasuk iklan produk. Beberapa santri saya tugaskan membuat iklan religi, iklan produk, dan iklan layanan masyarakat, seperti tertib berlalu lintas dan menjaga lingkungan.

Mereka saya bebaskan menggunakan media apa saja, boleh rekaman langsung dari HP, boleh mengeditnya dengan Viva Video, Movie Maker atau membuat video di MS. Power Point 2010. Tentu saja, hasilnya berbeda-beda. Santri yang ikut prakarya Multimedia/TIK pasti mahir menggunakan laptop dan membuat stopmotion untuk proyek ini, sedangkan santri yang tidak mempunyai kompetensi TIK hanya membuatnya dengan kamera HP dengan kualitas suara dan gambar yang seadanya. Tidak mengapa, yang penting adalah kesungguhan mereka untuk mengerjakannya.

Dalam video tersebut, tidak mengapa mereka menggunakan bahasa gaul, asalkan tidak mendominasi. Selain itu, isi video harus mencerminkan struktur iklan, yaitu orientasi, tubuh iklan, dan justifikasi. Orientasi adalah bagian yang menarik perhatian pemirsa, tubuhnya mencerminkan keunggulan, manfaat, hal-hal yang ditawarakan berikut harga, dan segala yang menyangkut isinya, dan bagian justifikasi harus memuat nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat, dan sebagainya.

Silakan Bapak/Ibu guru yang ingin mengintip video mereka, bisa membuka channel saya di Youtube dengan kata kunci SMAIT Al Kahfi. Insya Allah akan berderet video dengan beraneka bentuk dan kualitas, termasuk yang sangat sederhana. 🙂

Berikut beberapa link video hasil karya santri-santri SMAIT Al Kahfi

  1. PULPEN RUBISCO
  2. JALIKUNG (REMAJA PEDULI LINGKUNGAN)
  3. TAS EXPORT
  4. STOP PENGGUNAAN HP SAAT BERKENDARA
  5. SMPIT DAN SMAIT AL KAHFI
  6. HAL TERLARANG BAGI ORANG YANG HENDAK BERQURBAN
  7. LANGKAH KAKI
  8. BERBURU KULINER MURAH DI SUKABUMI
  9. SUPREME STYLE
  10. SIMATI (BUKAN SIMPATI)
  11. GOLEGO TOYS
  12. LOTION ANTINYAMUK

Di sekolah kami penggunaan HP dan laptop sangat dibatasi sehingga saya menugaskan mereka membuatnya dalam liburan Idul Adha yang hanya empat hari. Hasilnya, tergantung kreativitas masing-masing. Beberapa video saya upload di Youtube sabagai apresiasi kepada mereka. Memang, seharusnya mereka sendirilah yang mengunggahnya. Berhubung keterbatasan waktu, akhirnya saya yang melakukannya karena yang memiliki akses laptop dan internet hanya guru. Ohya saya sangat bersyukur karena laptop saya ini akhirnya sudah mulai normal kembali setelah diinstal 3x di tempat servis. Laptop yang kerap mati sendiri ini juga menghasilkan karya saya lainnya, berupa bahan ajar Bahasa Indonesia. Salam hormat untuk para gurarues.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar