0

Tiga Kekayaan Yang Harus Dimiliki Agar Sukses Dunia Akhirat (+4)

Sri Sugiastuti December 31, 2013

Siapa pun orangnya pasti ingin sukses, ingin ada perbaikan dalam hidupnya, dan ingin menggapai yang terbaik. Tiga kekayaan yang dimaksud disini bukan berupa materi, melainkan kekayaan yang abstrak karena tidak bisa diraba dan tidak terlihat wujudnya.
Bagi yang ingin sukses sangat mutlak memilikinya. Diantaranya adalah:

 
1. Kekayaan akidah. Akidah berupa keyakinan yang mutlak kepada Sang Khalik. Yang akan menghatarkan keimanan seseorang akan adanya Allah, malaikat, Kitab, Rasul, Hari kiamat dan Takdir Allah. Inilah hakikat dari kekayaan akidah. Kalau sudah punya satu modal ini, sudah sepertiganya. Karena sudah yakin akan kebenaran dari janji Allah. Memperoleh pembenaran melalui proses berpikir yang jernih yang mendalam tentang sang pencipta, alam, manusia dan kehidupan.
Dengan akidah yang benar manusia akan selalu tegar ketika permainan Jetcoasternya sedang melambung di atas atau sedang terombang-ambing di bawah. Ketika mengadapi tzunami maupun gempa bumi kehidupan dia tetap tegar.Bisa berpikir jernih dan mampu melewati fase tersebut dengan selamat.Seseorang yang akidahnya kokoh akan mendapat kekuatan untuk tetap istiqomah,terhindar dari bid’ah dan segala macam bentuk syirik. Dia akan mencintai Allah dan Rasulnya di atas rasa cintanya terhadap segala sesuatu yang menarik hatinya. Contohnya akidah dari Siti Hajar yang rela meninggalkan Ismail putranya demi berjuang mencari air dari satu bulit ke bukit yang lain. Dan akhirnya dia memdapatkan sumber air zamzam. Karena pengorbanan dankeyakinannya lah dia memperoleh air kehidupan tersebut

 
2. Kekayaan ilmu/tsaqofah.Seorang yang ingin sukses harus memiliki ilmu yang luas, tidak hanya tentang Islam tetapi juga ilmu-ilmu yang lain . Kekayaan ini akan menjadi referensi yang akurat bagi seseorang dalam menyelesaikan masalah yang dia hadapi, dia akan memiliki pribadi yang matang, berkualitas dan percaya diri. Sehingga dalam bertindak tidak ragu-ragu. Dengan ilmu maka dia akan tanggap dan cermat menerima informasi global, berita dunia keislaman, atau perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat.
Teladanilah kecerdasan Aisyah RA. Dia memiliki kemampuan yang luarbiasa dalam menyeap ilmu. Dikenal juga sebagai guru yang handal yang mempunyai lidah yang fasih dan lancar. Karena kecerdasannya dan daya ingatnya yang tajam, beliau juga dikenal sebagai periwayat hadist nabi.
Sebaiknya bekali diri dengan dengan ilmu-ilmu Islam, terus belajar mengkaji hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah,makanan, pakaian,, hukum perbuatan dan masalah masalah yang terkait dengan sistem pendidikan, ekonomi dan politik dalam Islam, sehingga kemampuan analisanya pun semakin tajam dan akhirnya lebih argumentatif dalam menyampaikan kebenaran Islam

 
3. Kekayaan Amaliyah. Sebanyak apa pun ilmu yang dimiliki, semua itu akan sia-sia bila tanpa amal karena antara ilmu dan amal merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Dengan kata lain akidah dan ilmu harus diaplikasikan salah satunya dalam bentuk amal.Ingat QS. Al Mulk : 2; …”Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa diantara kamu yang terbaik amalnya”. Dan amal yang baik(ikhsanul ‘ amal) hanya terwujud dengan dua syarat; Pertama adalah; beramal yang niatnya semata mata karena Allah, bukan karena pamrih atau sebagai umpan untuk mendapatkan sesuatu. Sedang syarat yang kedua adalah seperti yang tertera dalam hadist ini” Barang siapa yag melakukan suatu amal yang tidak sesuai dengan urusan kami maka ia tertolak”( Bukhari dan Muslim)

 
Kesuksesan akan terbentuk dengan sendirinya ketika sudah mampu memjaga lisan, fikrah dan akhlaknya. Maka dia akan menjaga amalamalnya agar menjadi amalan yang terbaik di sisi Allah SWT. Dengan amaliyah dan ketaatannya yang sungguh sungguh akan menjadi penyejuk dan sekaligus motivasi yang luar biasa bagi orang yang ada di sekelilingnya
Maka janganlah puas dengan mencari ilmu, perbanyak juga silahturahmi. Dan pilihlah lingkungan yang baik , karena sesungguhnya tingkat keimanan seseorang itu berfluktuasi seperti harga saham. Jagalah agar tetap pada titik yang aman, agar senantiasa istiqomah di jalan Allah SWT hingga akhir zaman. Amin.

 

*Terinspirasi dari beberapa sumber yang pernah dibaca

No comments yet

The comments are closed.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar