5

Tidak Ada Rotan, Akarpun Jadi ….. (+4)

emha.0110 May 12, 2015

Mungkin peribahasa itulah yang cocok untuk mengawali cerita saya di ajang lomba ini. Berawal dari keinginan saya mendalami dunia IT, maka sejak tahun 2011 saya mulai mengajar mata pelajaran TIK di salah satu madrasah di kab. Rembang. Waktu itu saya mengajar kelas IX yang materinya kebanyakan tentang jaringan (Internet).
Masalah mulai muncul saat praktek. Dimana perangkat yang paling urgent dibutuhkan untuk praktek itu, di madrasah kami belum ada. Sehingga saya kesulitan saat menjelaskan dan mempraktekkan tentang mengakses web untuk memperoleh Informasi.
gambar 1
Terbersit dalam benak untuk membuat website yang bisa di buka pas offline. Saat googling Alhamdulillah ketemu websitenya Gede Lumbung. Dengan menggunakan server xampp dan beberapa source code untuk membuat website, akhirnya masalah saya dalam menyampaikan materi tentang internet bisa teratasi. Anak-anak saat itu belum tau kalau yang saya tampilkan adalah versi offline. Sehingga ketika mereka mencari informasi selain materi maka muncul “The page you requested was not found”.
gambar 2
Dengan website offline ini, saya bisa upload beberapa materi pelajaran yang di butuhkan oleh anak-anak terkait dengan bahan pembelajaran. Apalgi didukung keberadaan beberapa PC dan 1 LCD proyektor yang berada di lab computer. Semua PC di pasang xampp sebagai servernya kemudian saya upload semua database yang telah ada. Diantaranya adalah website sekolah,lab computer dan elearning.
Semua peserta didik di beri hak akses dengan username dan password masing-masing untuk Login ke elearning dan mengerjakan soal-soal yang ada didalamnya sesuai dengan materi yang telah diterimanya. Layaknya online, nilai juga akan muncul saat mereka selesai mengerjakan soal tersebut.
Sementara untuk website madrasah, semua guru juga diberikan hak akses masing-masing untuk membuat atau menambah berita terkait dengan materi atau yang lain yang berkaitan dengan madrasah.
elearning
Alhamdulillah berkat web offline ini proses belajar mengajar di madrasah saya dapat berjalan dengan baik terutama untuk kelas IX. Tidak ada jaringan, offline pun jadi. Untuk website sekolah, pada saat penerimaan siswa baru bisa digunakan untuk presentasi ke calon peserta didik guna menjelaskan profil madrasah, visi misi dan tujuan madrasah.
“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”

Comments (5)

  1. tulisannya asyik dan saya sangat suka
    Pada dasarnya saya sangat senang mengoprek web berbasis localhost, tanpa ada jaringan internet dengan bantuan software XAMPP, WAMP dan sejenisnya, namun belum bisa praktek langsung karena dilembaga belum memiliki lab komputer
    namun sama seperti kata pepatah diatas… g ada LAB KOMPUTER apapun bisa kami lakukan,
    misalnya dengan cara ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/pakematik-ala-guru-pedesaan/

    salut dan terinspirasi, satu VOTE buat tulisannya

  2. Buat Pak Taufik : Matur sembah nuwun atas commentnya. saya dan teman-teman guru di Madrasah semua punya tekad yang sama pak. Jangan sampai keterbatasan yang kami alami membuat semangat mengajar kami jadi mengendor. Butuh dukungan dan Doa dari temen-temen kayak Bapak taufik untuk selalu mensuport kami. Thank’s For All …

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar