5

Tiada Hari Tanpa Membaca Al-Qur’an Walau Satu Ayat (0)

Zubaili January 29, 2021

Judul tulisan ini saya ambil, dan kemudian saya  tulis terinspirasi dari sebuah plamplet yang ada di di depan pekarangan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 29 Aceh Besar, tempat saya  mengajar. Tulisan yang singkat tetapi mempunyai pesan moral yang sangat bagus. Ini adalah bagian dari edukasi bagi siapa yang membacanya, khususnya bagi siswa (i) Min 29 Aceh Besar.

Tulisan ini kadang kadang juga saya copy paste , selanjutnya saya sampaikan kembali kembali kepada anak didik saya yang ada di sekolah atau tempat lain dengan sedikit penambahan bahasa dari saya untuk memotivasi mereka untuk rajin, dan tak pernah bosan membaca Al-Qur’an dimana saja mereka berada.

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu pekerjaan yang sangat mulia, bernilai ibadah, bagi yang membaca mendapat pahala. Bahkan pahala yang diberikan bagi yang membacanya berlipat ganda.

Sangat beruntung bagi kita yang mau membaca Al-Qur’an walau hanya satu ayat. Apalagi sampai satu surah, satu juz, atau khatam. Karena pahala yang diberikan cukup banyak, walau kita membacanya tanpa tahu maknanya.

Banyak sekali hadits yang mengatakan tentang kelebihan membaca Al-Qur’an walau hanya bacaannya satu ayat, antara lain 3 hadits di bawah ini:

Hadits pertama, yang diriwayat oleh Tirmidzi

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

. “ Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (H.R. Turmiszi)

Hadits Kedua, yang diriwayatkan oleh Muslim:

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ 

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Hadits ketiga, yang diriwayatkan oleh Bukhari:

وعن عثمان بن عفان رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : “خيركم من تعلم القرآن وعلمه” ((رواه البخاري

“ Diriwayatkan dari Utsman bin Affan Ra,- dia katakan, bahwa Rosulullah Saw, telah bersabda;  Sebaik-baik seseorang dari kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an, kemudian mengajarkannya. [HR. Bukhari]

Dan masih banyak hadits hadits yang lain yang menjelaskan tentang kelebihan membaca AL-Qur’an. Insya Allah di artikel selanjutnya akan saya tulis dan bagikan/share di sini. Semoga bermanfaat.

Akhii | Zubaili   

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar