5

Tetap Belajar dalam Keterbatasan (+6)

Tri Winarsih June 16, 2014

Bismillahirrahmanirrahim,
Kalimat yang mengawali semua kegiatan agar bernilai ibadah. Keinginan untuk memulai aktifitas yang berhubungan dengan IT dan tulis menulis muncul begitu kuat ketika saya membuka web, menemukan yang namanya diklat Online Guru melek IT. Saya membaca dan berpikir, mampukah saya mengikuti? Tidak malukah ketika nanti saya membuat kesalahan. Saya buang jauh-jauh rasa minder dan kurang percaya diri karena saya ingin belajar.

Menunggu waktu diklat dimulai terasa lama. Saya begitu penasaran dengan diklat ini. Hingga tibalah saatnya tanggal 15 Juni 2014.

Dengan penuh semangat saya buka alamat https://e-traininggurumelekit.edu20.org, saya login dengan password yang diberikan oleh Great Trainer, Bapak Sukani tiga hari sebelumnya. Petunjuk saya buka, laptop saya buka dua layar. Membaca petunjuk langsung saya praktikkan. Mulai pagi sampai sekitar menjelang maghrib, saya coba berulang-ulang mencocokkan yang tertulis di panduan dan tampilan yang saya buka tidak sama.
Akhirnya saya beranikan diri untuk menelepon Yth. Bapak Sukani. Saya mencari HP saya sampai jam 7 malam tidak ketemu. Masuk kelas Diklat Guru Melek IT Angk.2 juga tetap tidak masuk. Akhirnya saya pinjam HP suami untuk menelepon Bpk. Sukani. Beliau akan cek sekitar jam 11 malam. Saya tunggu dan saya buka jam 12 malam tetap sama seperti semula. Pagi jm 4, tanggal 16 Juni saya buka lagi, tetap belum ada perubahan. Sampai saya menemukan icon “you are unenroll” tertanggal 13 Juni 2014. Apa salah saya? Mau masuk ke kelas harus memasukkan access code. Ya sudahlah, mungkin Alloh punya rencana yang lebih baik.

Alhamdullillah, sekitar pukul 11.00 siang tanggal 16 Juni 2014,HP saya ketemu dan saya lihat ada sms masuk dari Pak Sukani mengirimkan access code. Saya langsung memasukkan kode dan semua tampilan layar sudah sesuai dengan modul yang saya pelajari.
Begitu masuk ada notification, due pretest dan due absensi. Sekali lagi karena kekurangtahuan saya, saya hanya coba buka “membuat elearning di EDU20”. Tiba-tiba sekitar jm 4 sore ada sms dari Our Great Teacher lagi untuk melaksanakan pretest. Sekali lagi, bagaimana saya pretest? Icon pretest tidak muncul di layar. Lemes lagi deh ….

Saya diam beberapa saat mengerjakan tugas rumah yang lain. Tiba-tiba ada sms lagi dari Bapak Sukani agar saya mengecek icon pretest sudah muncul apa belum. Saya cek ternyata sudah muncul dan saat itu juga saya mengambil pretest. Pretest belum selesai ada tamu. Suami tidak ada, dengan terpaksa saya menyampaikan pada tamu,

“Ma’af saya sambil mengerjakan tugas ya?”

Sang Tamu bingung, “Tugas apa Bu?’

Saya jawab,“Tugas Diklat OL guru melek IT.”

“Ooo… bagaimana bisa diklat online?”

Saya semakin tidak bisa konsentrasi … hadew ….

Akhirnya terucaplah, “Bu, saya selesaikan ini dulu, waktu tinggal 15 menit, setelah ini kita bisa banyak ngobrol.

“Saya tidak ingin ngobrol, tapi ingin tahu diklat OL itu” kata Sang Tamu. “itulah Bu, maksudku.”
Ketika pretest waktunya sudah habis, finished saya hanya menyampaikan “Saya ingin belajar membuat pembelajaran OL seperti ini, punya Bapak Sukani,” jawabku sekenanya.
Subhanallah jawabannya membuatku terkejut, “Saya juga ingin bisa”

Akhirnya Alhamdullillah, Insya Alloh dari satu sekolah kami SMPN 5 Trenggalek angkatan 3 nanti yang ikut ada 3 orang.
Ketika saya menuliskan artikel ini kondisi psikis saya dalam proses mengumpulkan semangat yang masih tersisa karena takut salah dan kurang percaya diri. Mohon maklum apalah diri saya ini tanpa kritik dan masukan dari semuanya dalam rangka membangun dan menjadi penyemangat saya untuk belajar dan melek IT. Jika ada upload yang tidak pantas dari saya itu hanya semata-mata kekurangmampuan saya mengelola, tidak ada unsur kesengajaan.
Kondisi teknik awal saya seperti itu tidak akan mematahkan semangat saya dan saya tetap mencoba menyelesaikan tugas sesuai jadwal dari Great Trainer dan jadwal saya sebagai Panitia PPDB, sebagai Pembantu Urusan Kurikulum mempersiapkan tahun ajaran baru, Sebagai seorang Isteri yang harus melayani suami dan Sebagai seorang Ibu yang harus mengurus 4 orang anak. “Diklat Saya harus Tuntas, karena Saya Guru yang harus Melek IT”
Bravo diklat OL Guru Melek IT Pola 12 hari!

Comments (5)

  1. Terima kasih masukannya Bu Etna, mohon masukan dan saran juga untuk berikutnya.
    Terima kasih Bapak Kasmadi, mau klik latihan ngeblog saya.
    Harap maklum belum melek nih … Apapun adanya mohon saran dan masukan dari semuanya.

  2. Terimakasih ibu Tri Winarsih telah berbagi. Ibu Tri Winarsih adalah guru hebat dan motivasinya sangat luar biasa. Saya bangga dengan ibu. Tugas-tugas ibu dapat diselesaikan dengan apik dan interaksi di dalam forum diskusi juga sangat baik. Patut untuk dijadikan contoh bagi guru-guru yang lainnya. Salam sukses bu.

  3. Terima kasih Bapak Sukani.
    Bapak tidak hanya sekedar memberi kesempatan dan membimbing kami untuk memanfaatkan berbagai macam kecanggihan IT dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran namun juga memotivasi kami peserta diklat untuk selalu disiplin mengerjakan tugas-tugas, sehingga hasilnya langsung bisa dilihat. Saya akan selalu mencoba memfasilitasi siswa dengan pembelajaran yang menarik, media buatan sendiri hasil diklat guru online Melek IT tahun 2014.
    Sayangnya sampai saat ini, terkait dengan ‘rekaman audio’, hasilnya masih belum memuaskan.
    Tetap semangat dalam belajar.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar