7

Ternyata Kita Bisa Melakukan Hal Ini di Microsoft Word!!! (0)

AfanZulkarnain January 26, 2021

Tulisan ke-46 Tahun 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain.

Jujur dari kemarin-kemarin ingin sekali menulis artikel ini. Beberapa hari yang lalu saya terlibat dalam suatu pekerjaan bersama seorang teman. Kami harus mengetik beberapa naskah. Kami membagi tugas dengan rata. Saat saya mengetik di Microsoft Word, dia hanya geleng-geleng kepala.

“Kamu hidup di zaman berapa, bro?” Begitu sindirnya.

Lalu dia memberitahu saya sesuatu yang belum saya ketahui selama ini. Tentang Microsoft Word. Software wajib yang dimiliki siapapun. Software paling efisien dalam pengolahan kata. Namun sayangnya, selama ini kita hanya mengerti beberapa shortcut saja dari microsoft word. Sebut saja yang paling familiar adalah CTRL+C dan CTRL+V. Keduanya adalah shortcut untuk menyalin kata. Shortcut andalan hehehe…

Ada beberapa shortcut yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Kalau misalnya anda mengethaui shortcut lain yang belum tertulis disini, mohon menambahkan dengan cara mengetikkan di kolom komentar.

Pertama, F8. Shortcut ini cocok untuk kaum rebahan yang malas memblok kata atau kalimat menggunakan mouse atau kursor. Ya, cukup meposisikan kursor pada kata yang ingin diblok lalu klik F8, maka secara otomatis kata tersebut akan terblok.

Jika Bapak Ibu ingin memblok satu kata, maka cukup menekan F8 satu kali. Jika ingin memblok satu kalimat, cukup menekan F8 dua kali. Apabila ingin satu paragraf terblok, tekanlah F8 tiga kali. Apabila ingin satu dokumen terblok cukup tekan F8 sebanyak empat kali.

Lantas bagaimana caranya mengembalikan kata atau kalimat atau paragraf yang telah terblok? Mudah saja. Hanya dengan menekan Shift + F8.

Kedua. Jika Bapak Ibu ingin mengubah ukuran huruf, cukup diblok kata atau kalimat yang ukuran hurufnya ingin anda ubah. Kemudia tekan CTRL+Shift+> untuk memperbesar ukuran huruf, dan CTRL+Shift+< untuk memperkecil ukuran huruf.

Ketiga. Terkadang kita kerap kali menyalin kalimat dari internet ke microsoft word. Namun saat kita pindahkan, ternyata kalimat tersebut memiliki format huruf yang sama seperti di website. Nah, untuk mengubahnya agar memiliki format yang sama dengan standar microsoft word, maka bloklah kalimat yang disalin dari internet tersebut, lalu tekan CNTRL+ Spasi. Seketika, format hurufnya akan berubah, menyesuaikan dengan standart font pada Microsoft Word milik kita.

Keempat, Shift+F3. Shortcut ini memudahkan anda yang ingin mengubah bentuk tulisan. Dengan menekan Shift+F3, anda dapat mengganti huruf yang awalnya lowercase ke Capitalize Each Word ke UPPERCASE ataupun sebaliknya, Namun sebelumnya, jangan lupa untuk memblok kata atau kalimat yang ingin diubah. Lalu tekan Shift+F3 sebanyak beberapa kali hingga bentuk kata tersebut berubah sesuai dengan apa yang anda ingini.

Kelima. Jika Bapak Ibu ingin memiliki halaman potrait dan landscape dalam satu dokumen, caranya mudah sekali. Buka page layout, pilih page setup, margin, lalu custom margin. Selanjutnya anda dapat memilih potrait atau landscape sesuai dengan apa yang anda inginkan. Langkah terakhir, klik apply dan pilih selected text.

Jujur,nih saya begitu tahu lima hal tersebut jadi minder. Sudah berapa lama saya menggunakan Microsoft Word, kok baru tahu dengan hal-hal itu. Saya yakin ada banyak Bapak Ibu guru yang sudah mengetahui “rahasia tersembunyi” dari Microsoft Word ini. Sekali lagi , apabila ada “hal baru” selain yang disebutkan di atas, sila Bapak Ibu menuliskan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih

Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar