3

Tentang Profil Pelajar Pancasila (0)

oloan February 28, 2021

Profil Pelajar Pancasila yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan gambaran ideal tentang pelajar Indonesia, untuk membangun Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul. Dalam konsepsi Kemendikbud, SDM yang unggul merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Karena itu, pengembangan SDM harus bersifat holistik dan tidak terfokus pada kemampuan kognitif saja. Dengan merujuk pada Pancasila, Kemendikbud memberikan kriteria pelajar yang ideal. Pertama, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan berakhlak mulia. Kedua, mandiri. Ketiga, bernalar kritis. Keempat, berkhebinekaan global. Kelima, bergotong-royong. Keenam, kreatif.

Penerbitan Profil Pelajar Pancasila sangat tepat momentumnya ketika dikaitkan dengan komitmen Kemendikbud untuk meniadakan tiga masalah akut dunia pendidikan kita, diantaranya: intoleransi, kekerasan seksual, dan bullying atau perundungan yang kerap terjadi di dunia pendidikan kita.

Kriteria diatas bisa dimaknai sebagai prinsip-prinsip utama untuk membentuk pelajar yang dicita-citakan di negeri kita. Dalam logika kefilsafatan, prinsip-prinsip merupakan penjabaran dari nilai-nilai yang telah disepakati sebagai nilai utama yang kemudian diturunkan dan terwujud dalam Profil Pelajar Pancasila. Selanjutnya Profil Pelajar Pancasila ini tentunya akan dijabarkan dalam kebijakan-kebijakan yang lebih teknis dan diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan nasional.

Namun, karakteristik Pelajar Pancasila akan semakin baik jika diperkaya dengan memperkuat karakter yang bersifat keharusan (condition sine quanon) dari nilai-nilai Pancasila. Karakter tersebut adalah, pertama, religiositas dan semangat kebangsaan. Bahwa Negara Berketuhanan Yang Maha Esa, merupakan konsep yang mencerminkan sikap religius bangsa Indonesia.

Ia tidak menunjuk pada ajaran agama tertentu saja, tetapi menghargai semua agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Kehidupan beragama dan kehidupan berkebangsaan tidak saling meminggirkan satu sama lain. Keduanya penting untuk saling menjaga keberlanjutan bangsa.

Kedua, penghormatan HAM (Hak Asasi Manusia). Bahwa kehidupan masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari fenomena globalisasi yang telah memberi implikasi pada kesadaran HAM. Namun, harus dilakukan penyeimbangan antara kepentingan kebebasan individu, warga negara, dengan kepentingan keamanan negara.

Ketiga, keniscayaan tentang pluralisme. Bahwa persatuan dan kesatuan Indonesia adalah sikap kebangsaan yang saling menghormati perbedaan dan keberagaman, baik itu agama, bahasa maupun budaya.

Keempat, perpektif gender. Artinya, ada kesadaran bahwa atribut gender harus selalu diperhitungkan dan dihargai dalam setiap pengambilan keputusan. Kelima, berwawasan lingkungan. Sadar bahwa pengelolaan lingkungan hidup merupakan keharusan untuk menjamin keadilan antargenerasi (intergenerational equity) dan lebih dari itu, wujud cinta terhadap Tanah Air.

Kebangsaan Indonesia bukan sekedar timbul karena persatuan perangai yang tumbuh karena persatuan nasib, tetapi lebih dari itu, karena adanya persatuan antara orang dan tanah air yang didiaminya.

Berdasarkan nilai-nilai tersebut kemudian dirumuskan prinsip-prinsip yang dapat di pertimbangkan untuk ditambahkan sebagai kriteria, dalam Profil Pelajar Pancasila.

Dari sisi manajemen, Profil Pelajar Pancasila bisa diandaikan sebagai outcome dari suatu proses bertahap, berkelanjutan, dan sistematik. Namun, mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sesungguhnya merupakan proses budaya yang tidak mudah.

Tantangan beratnya adalah betumbuhnya karakter-karakter baru sebagai dampak kemajuan teknologi komunikasi, yang sejatinya merupakan ancaman bagi eksistensi Pancasila itu sendiri.

Apakah kita sebagai Guru siap untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila ini terhadap Peserta Didik kita?

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar