2

Tentang ‘ Besi ‘ (0)

Ayuma Sofyati March 30, 2021

Apa kabar Rekan guraru? semoga baik yah. Salam semangat  untuk terus menulis di platform  keren ini untuk terus saling berbagi dan saling menginspirasi. Tema apapun  yang kita tulis, ide apapun yang kita tuangkan, gagasan apapun yang kita torehkan semoga tetap bermakna dan bermanfaat untuk kita. Sekali lagi salam semangat !

Oya ! Kalau beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang buah-buahan dan juga hewan yang terdapat dalam Al-qur’an. Nah,Kali ini saya ingin menulis tentang ‘Besi’. Ya, besi. Besi  merupakan salah satu benda penting yang mempunyai kekuatan dahsyat yang kita gunakan dan manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam Al-Qur’an tentang besi ini terdapat dalam  surah ke-57. Surah ini di turunkan di madinah hingga digolongkan kedalam  surah Madaniyah yang terdiri atas 29 ayat. Merupakan juz ke -27 dan berjumlah 4 ruku’. Dinamakan Al Hadiid yang berarti besi diambil dari perkataan Al Hadiid yang terdapat pada ayat ke-25 surat ini yang artinya

” Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha kuat, Mahaperkasa” .

“Besi”  mempunyai nilai dan manfaat yang luar biasa yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan besi dapat di buat berbagai macam keperluan manusia dan dengan besi pula manusia dapat membina kekuatan bangsa dan negaranya, karena dari besi dibuat segala macam alat perlengkapan pertahanan dan keamanan negeri, seperti senapan, kendaraaan perang dan sebagainya.

Menurut beberapa sumber, bahwa besi ternyata mempunyai keistimewaan dimana sifat fisis unsur ‘Fe’ ini jika dipanaskan terus menerus maka sebelum mencair ia akan mengalami fasa pelelehan, Fasa dimana besi dalam keadaan padat tapi ia memiliki sifat lunak. Karenanya pada fasa atau keadaan ini besi mudah dibentuk walaupun hanya dengan menggunakan teknologi tradisional yang sederhana

Dengan teknologi yang sederhana tadi maka dalam sejarah perkembangan manusia pemanfaatan besi telah digunakan banyak dalam aspek kehidupan manusia sehari-hari, termasuk juga untuk perang.

Selanjutnya, tentang kekuatan besi inipun telah di jelaskan dalam  QS saba ayat 10-11 yang  memuat kisah Nabi Daud AS yang  dikenal sebagai nabi yang mempunyai keahlian dalam menempa besi dan juga membuat baju perang dari besi.

Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), “Hai gunung-gunung dan burung­-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud, ” dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.

Dalam menafsirkan kedua ayat ini Ibnu Katsir  mengutip pendapat Hasan Bashri yang mengatakan bahwa anugerah yang diberikan Allah kepada Nabi Daud adalah kemampuan yang sangat luar biasa dalam menipiskan atau memipihkan atau membakarnya untuk menempa besi tersebut. ”Daud tidak perlu membakar besi terlebih dahulu untuk memipihkannya dengan palu. Namun, cukup dengan lipatan-lipatan tangannya sebagaimana yang dilakukan para tukang jahit. Karena itu, Allah berfirman, ‘Buatlah baju besi yang besar-besar’.” sebagaimana bunyi awal ayat ke 11 dari surat Saba  tersebut di atas.

Begitu besar manfaat dari besi ini untuk kehidupan manusia bahkan tubuh kitapun memerlukan zat besi agar tetap berlangsung hidup. Puji syukur kepada Allah Ta’ala atas semuanya.

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar