0

TEMAN=TOPI (0)

Riyo February 19, 2021

Jangan sampai salah untuk mengartikan kata ”TEMAN”. Karena tidak semua orang paham tentang kata tersebut. Teman atau dalam bahasa inggris yang berarti friends (jamak), atau dalam bahasa arab yang memiliki arti sohib (tunggal)—ashab (jamak) rupanya tidak asing lagi kita dengar. Namun secara harfiah kata ”teman” mengandung arti bahwa orang atau sekelompok orang memiliki kepentingan yang sama dengan kita. Kepentingan ini sifatnya saling memenuhi atau biasa disebut kepentingan yang komplementer. Teman itu sendiri merupakan orang yang selalu menjadi sahabat dan mitra kerja kita sehari-hari. Bayangkan saja ketika kita tidak mempunyai teman atau hanya sedikit teman yang kita miliki, maka secara otomatis pengaruh terhadap diri kita pun sangat kurang. Itulah tadi gambarannya bahwa semakin banyak teman maka kehidupan kita akan semakin berwarna, menjadi berarti karena rezeki semakin banyak, tidak hampa, atau minimal ada orang yang mengerti ketika kita sedang dalam suasana duka maupun suka.

Topi sangat identik sebagai pelindung ketika ”cuaca mendung dan bergerimis”. Dengan keunikan topi yang berfungsi sebagai pelindungan. Ada banyak filosofi yang terkandung pada kata ”TOPI”. Yang salah satunya sudah dijelaskan di atas. Pelindung” Protection” mengandung arti bahwa, teman yang sekarang Anda miliki harus tetap menjadi mitra kerja Anda sehari-hari, dan perlu Anda lindungi jika sewaktu-waktu keadaan dirinya sedang turun, putus asa, dan seterusnya.  Melindungi teman dari ancaman musuhpun perlu, karena itu sebuah kewajiban yang dijelaskan oleh Allah SWT di dalam banyak ayat Al-Qur’an. Selain itu, di dalam Al-Qur’an, Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk bersatupadu, bergabung dalam barisan iman melawan kekufuran (pengingkaran terhadap Allah), menganggap dan mencintai satu sama lain sebagai saudara sendiri, bersikap memaafkan dan memberi perlindungan, serta benar-benar menghindari perpecahan, ketidakutuhan, dan percerai-beraian. Allah berfirman:

Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi ujung neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk. (QS:Ali ‘Imran:103)
 
Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan
bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapatkan rahmat. (QS: Al-Hujuraat:10)
 
Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang. Dan bersabarlah, sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar. (QS
: Al-Anfaal:46)

Dan orang-orang yang kafir, sebagian mereka melindungi sebagian yang lain. Jika kamu tidak melaksanakan apa yang diperintahkan Allah (saling melindungi), niscaya akan terjadi kekacauan di bumi dan kerusakan yang besar. (QS:Al-Anfaal:73)
 
Dan (bagi) mereka yang diperlakukan dengan zalim, mereka membela diri. (QS
:Asy-syuuraa:39)
 
Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh. (QS
:  Ash-Shaf:4)

Tagged with:

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar