2

Teknologi Sebagai Inovasi dan Motivasi Pembelajaran (+1)

Sofian Hadi May 21, 2017

 

Hampir semua orang tidak pernah boring/ bosan ketika membicarakan tentang teknologi. Sebagai sebuah kebutuhan primer yang tidak bisa dibendung lagi kehadirannya ditengah masyarakat luas, teknologi telah mengubah kiblat semua sistem manual menjadi modern. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Dengan pesatnya gelombang arus teknologi khususnya di dunia pendidikan, maka akan melahirkan sebuah inovasi dan motivasi positif baik itu bagi tenaga pendidik dan siswa itu sendiri.

Memang tidak dapat dipungkiri, kemajuan teknologi telah memberikan beberapa kemudahan dalam akses informasi serta perkembangan dunia modern. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya berbagai inovasi di dunia pendidikan, khususnya program pembelajaran yang berdasarkan teknologi dan informasi.

Secara tidak langsung teknologi pun telah megubah paradigama pendidikan dan pembelajaran yang dahulunya hanya bermodalkan sebatang kapur tulis namun sekarang hanya dengan mengetik huruf atau angka di keyboard maka akan muncul secara otomatis. Bagi seorang guru, tentunya dengan adanya teknologi di dunia pendidikan dan pengajaran merupakan sebuah angina segar dalam menggali informasi dan ilmu sebanyak-banyaknya.

Seyogyanya, teknologi harus dapat memberikan sebuah inovasi dan motovasi belajar baik bagi guru, terlebih bagi para siswa. Di dalam dunia belajar, hal yang sangat diperthatikan adalah bagaimana membuat siswa tersebut termotivasi dalam setiap proses pembelajaran yang diterima. Untuk menunjang motivasi itulah dengan adanya teknologi Internet, projector, Television, serta laptop menjadi pilihan sarana yang akan membangkitkan daya tarik siswa. Ketika siswa ingin menggunakan sarana tersebut, tentunya dibutuhkan pengawasan dan bimbingan dari guru, agar proses pembelajran berjalan dengan baik.

Teknologi telah menjadi instrument fital dalam dunia pembelajaran masa kini. Dengan memanfaatkan sarana teknologi maka akan timbul inovasi dan motivasi dalam diri siswa untuk menjadi lebih tahu tantang ilmu dan informasi. Pekerjaan Rumah (PR) bukan sebaliknya akan menjadi beban, akan tetapi PR akan menjadi sebuah hiburan positif. Belajar dengan menggunakan teknologi sangat menyenangkan dan solutif. Begitu juga dengan seorang guru, ia akan berlalu termotivasi dalam memberikan materi-materi yang relevan dengan pelajaran yang diampuhnya.

            “Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar