4

Teknologi, bukan hanya memudahkan. Juga Memberdayakan. (0)

Marlina Iryatie October 18, 2020

Oleh: Marlina Iryatie, SE, MM

Sebetulnya, pembelajaran dengan metode daring cukup menyenangkan bagi saya. Dengan teknologi yang canggih, semua materi kuliah bisa dibuat dalam bentuk video, sehingga bisa diputar berulang kali oleh mahasiswa. Dosenpun tidak harus selalu mengulang-ulang materi jika memegang banyak kelas.

Nah, ada sebuah pengalaman menarik dari kuliah daring dan penggunaan teknologi. Pada sesi ke 2 kuliah Pengantar Manajemen yang lalu, mahasiswa saya kasih tugas membuat video presentasi tentang 3 Tingkatan Level Manajemen. Ketika briefing mellaui Google Meet, ada mahasiswa yang tanya, “bu, boleh gak kita buat video-nya seperti video materi pengajaran ibu?”. Saya bilang, “boleh!”.

Sejak pandemi semua sesi perkuliahan menjadi daring. Dan untuk memudahkan saya sebagai dosen juga memudahkan mahasiswa, saya membuat materi kuliah dalam bentuk video, yang saya upload ke cloud, yang kemudian di-compress menjadi kecil, lalu linknya saya embeded di elearning system kampus. Ringan, video mata kuliah 60 menit tidak lebih dari 20mb aja. Mahasiswa bisa nonton berulang kali, tidak menghabiskan quota dan ketika harus berhenti nonton ditengah tidak harus ulang dari awal. Sayapun bisa memantau dari dashboard cloud, berapa mahasiswa yang sudah view dan berapa kali mereka nonton.


Contoh video mata kuliah saya ada di link bawah ini ya (sapa tau ada yang kepo…:))

https://app.motvio.com/frame/9txkl

Ternyata, I must say that I am super impressed dengan hasil yang mahasiswa-mahasiswa upload di system😘. Walopun tidak menggunakan screen recorder yang sama seperti saya, tapi hasil tampilannya keren! And most important thing mereka mampu melakukan presentasi 7 menit dengan lancar dan dengan gaya bahasa “mahasiswa”.

Dalam prosesnya saya membayangkan langkah2 yang mereka lakukan sbb:
1. Mencari bahan materi tugas
2. Menuangkan dalam ppt
3. Mencari platform yang pas untuk video. Bahkan sampai ada yang pakai backsound🤭
4. Shooting
5. Edit untuk yang pakai kinemaster
6. Mencari aplikasi video compress karena max hanya boleh 50mb bole upload di elearning system

Isn’t it cool?! Di era digital sayang banget memang kalo “hanya” belajar materi kuliah aja. Dengan 6 langkah tersebut saya yakin adik-adik mahasiswa jadi bertambah wawasannya untuk mulai “ngulik2” teknologi yang memang lagi “lucu2”-nya ini.. 😁😊 Jadi, mari manfaatkan teknologi digital untuk mempermudah proses belajar-mengajar. It is emerging, fast and sophisticated…😊

#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (4)

  1. Selamat Malam 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

  2. Terima kasih sharingnya Bu. Di masa pandemi ini memang teknologi sangat membantu kita melaksanakan PJJ. Saya yang dulunya selalu menunda untuk belajar aplikasi-aplikasi pembelajaran, akhirnya mau tidak mau harus memaksa diri banyak belajar aplikasi-aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk PJJ. Banyak belajar, kita jadi banyak tahu.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar