1

Tantangan Baru, Manfaatkan Teknologi Terkini di Era New Normal (0)

Ribet Intan Permatasari October 18, 2020

Writer: Ribet Intan Permatasari

Sudah mampukah menjadi guru yang melek teknologi? Mari sukseskan proses pembelajaran  BDR (Belajar dari Rumah) dengan memanfaatkan teknologi terkini di era new normal!

Mengajar di kelas dengan sistem tatap muka memang sangat efektif untuk mengetahui kondisi siswa. Kesiapan siswa dalam berdiskusi, kepahaman, kemampuan, dan aktif atau tidaknya seorang siswa bisa diamati oleh guru di dalam kelas. Namun, kondisi di seluruh dunia berkehendak berbeda. Dunia berkehendak untuk menjadikan teknologi bagian dari salah satu sarana yang sangat efektif berperan di era new normal. Sudahkah guru di seluruh dunia siap dengan tantangan ini? Siap atau tidak, seorang guru harus bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini. Demi suksesnya pendidikan walaupun pembelajarannya BDR. Seorang guru harus menciptakan inovasi baru yang kreatif, yaitu dengan memanfaatkan teknologi terkini.

YouTube merupakan salah satu platform yang sangat banyak peminat dan pengunjungnya dari seluruh dunia. Faktanya, YouTube memiliki 2 milyar pengguna, atau 25% dari populasi di dunia, dan salah satu penggunanya adalah saya, bisa jadi anda juga termasuk salah satunya. Ada 500 konten baru yang di unggah setiap menitnya. Fakta berikutnya, menurut KataData.com Youtube masih menduduki posisi pertama sebagai media sosial yang digunakan tahun 2020 ini.

Akses masuk ke YouTube juga sangat mudah. Siapkan internet aktif, e-mail aktif, login ke YouTube, dan kita bisa mencari video-video yang kita butuhkan. Khususnya video pembelajaran untuk menunjang proses BDR. Siapa yang tidak tertarik dengan salah satu teknologi ini. Tentunya banyak channel guru di era new normal ini yang berlomba-lomba membuat video pembelajaran untuk memudahkan siswanya dalam belajar. Salah satunya saya, sebagai guru di Madrasah menggunakan YouTube sebagai sarana untuk menunjang proses BDR.

Sarana ini sangat efektif. Saya membuat video pembelajaran Bahasa Inggris, khusunya untuk siswa Madrasah yang saya ajar dan tentunya juga bermanfaat untuk siswa dimanapun mereka berada yang menonton video-video di Channel “Miss Intan”. Silakan klik link berikut jika ingin melihat video pembelajaran hasil karya saya, klik disini. Meskipun belum sempurna, sebagai seorang guru saya berusaha memberikan yang terbaik yang saya bisa di era new normal seperti saat ini. Begitupun juga dengan anda. Kita bantu wali murid atau orang tua yang menemani belajar di rumah dengan memberikan materi atau bahan ajar yang mempermudah proses BDR.

Tekologi terkini sangat banyak sekali jenisnya. Guru di seluruh nusantara maupun di dunia bisa memilih ingin menggunakan teknologi yang mana. Contoh sederhananya melalui aplikasi WhatsApp, hampir semua kegiatan komunikasi dilakukan melalui aplikasi itu untuk guru yang berada di Indonesia. Untuk semua guru dimanapun berada, tetap semangat berinovasi, berkreasi, dan berikan yang terbaik semampu kita. Semoga tulisan ini bisa menjadikan motivasi dan semangat baru untuk menunjukkan bahwa kita mampu memanfaatkan teknologi dan beradaptasi di era new normal.

#WritingCompetition

#NewNormalTeachingExperience

Comments (1)

  1. Selamat Malam 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar