5

Tanda-tanda Bahwa Anda Menjiwai Profesi Guru (0)

Tantri February 5, 2021

Sekian lama menjadi guru, ada satu pertanyaan yang penting untuk kita jawab. Apakah kita menjiwai tugas kita sebagai guru?wah bagi yang sudah mengajar bertahun-tahun atau belasan tahun bahkan berpuluh-puluh tahun rasanya apakah pertanyaan ini perlu dipertanyakan? jawabannya tergantung kita. bisa iya bisa tidak.

tapi memang ya semangat untuk mengajar ada baiknya di upgrade terus. Nah apa tanda kita bersemangat menjadi guru? Setidaknya beberapa hari ini bisa menjawab bahwa kita masih semangat atau tidak menjadi guru.

Pertama, mau melakukan persiapan mengajar.Ya, seberapapun hebat seorang guru dia harus mempersiapkan pembelajaran sebelum masuk kelas. Dia harus menyiapkan berbagai hal yang harus dilakukan saat di kelas nanti.

Sesenior apapun Anda seorang guru maka sangat penting untuk melakukan persiapan. Supaya apa? Supaya mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan ketika dalam pembelajaran seperti salah langkah-langkah pembelajaran, atau justru berlama-lama di saat di pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran yang hendak dicapai malah tidak terpenuhi.

Karena itu sangat penting untuk melakukan manajemen waktu. sebetulnya hal ini sudah terjawab di perangkat pembelajaran disana sudah dibuat rancangan-rancangan proses pembelajarannya waktu yang dibutuhkan

asal kita mengikuti rencana pembelajaran bisa dipastikan kita akan melakukan pembelajaran dengan tepat waktu.Kedua, suka belajarsaat menjadi guru bukan berarti seorang guru tidak perlu berhenti mengejar mimpi tidak jadi seorang guru juga harus terus belajar.

Belajar dari mana? Tentu dari mana saja. Bisa dari internet,membaca buku, atau berdiskusi dengan teman sejawat.

nah pertanyaan selanjutnya sudah kah kita selalu meng-upgrade diri diri dengan selalu belajar ar-rahman satu pekan ini berapa kali mau memperbaiki kualitas diri membaca buku atau mengikuti pelatihan-pelatihan?

Meskipun pandemi seperti ini banyak lho peluang untuk mengupgrade diri. Bener kan banyak sekali pelatihan-pelatihan online yang digelar ini merupakan peluang bagi kita untuk meningkatkan kualitas kita sebagai pengajar.

Ketiga, senang mencoba hal yang barumenurut saya seorang guru dikatakan hebat kalau dia selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak didiknya oleh karena itu ia tidak ragu untuk mencoba berbagai hal yang baru. ya jangan mau menjadi guru yang dalam zona nyaman melakukan hal yang sama secara terus-menerus.

Melakukan hal yang sama secara terus-menerus bisa mengakibatkan kebosanan loh. jangankan anak-anak Didik ya kita sendiri kalau mendapatkan hal yang sama melulu maka pasti akan bosan.

Karena itu seorang guru harus berani mencoba hal baru dalam pembelajarannya.

hal ini bisa membuat anak didik menjadi tertarik karena mendapatkan hal yang baru.

sebetulnya kalau mau mencari aman ya kita nggak usah melakukan hal-hal yang baru itu akan membuat kita tidak perlu mengeluarkan energi yang banyak tetapi kita ibaratnya kita punya semangat untuk memberikan yang terbaik.

sekarang tinggal pilih Apakah kita mau menjadi guru biasa-biasa saja atau menjadi guru yang hebat.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar