11

Tabel Periodik Unsur-unsur dalam Format XLS (+2)

Urip Rukim September 13, 2013

Format tabel periodik unsur-unsur kebanyakan yang beredar di jagad maya berformat image (gambar), kadang format file animasi, juga format pdf. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan tujuan yang membuatnya. Namun demikian ternyata untuk format lain juga masih dapat kita jumpai. Misalnya tabel periodik unsur-unsur dalam format xls (microsoft excel) bahkan format image vektor juga ada.

Format XLS ini memiliki kelebihan ketika kita akan memerlukan data tertentu yang akan dihubungkan dengan data lain sesuai tujuan. Misalnya untuk menampilkan grafik data tertentu (biasanya data yang terkait sifat periodik unsur), kita bisa memformat grafik sesuai keinginan, tidak seperti selama ini yang hanya menggunakan data berformat image yang relatif sulit untuk dimodifikasi sesuai keperluan. Bahkan dari data asli yang telah dikumpulkan tersebut kita masih dapat mengubahnya, misalnya dengan mengalihbahasakannya.

Beberapa di antaranya ada di tautan ini dan tautan ini.

ptmrbigler screenshoot by urip

ptvertex42 screenshoot by urip

Dengan adanya data yang relatif lengkap maka dengan mudah pula kita bisa membuat tabel periodik unsur-unsur untuk keperluan cetak gambar dengan ukuran raksasa misalnya, tanpa harus mengurangi kualitas cetak yang bisa disesuaikan untuk tujuan tadi. Intinya dengan ketersediaan data dalam format excel yang telah terorganisir dengan baik kita bisa bebas memanfaatkannya, titik.

Selamat berkreasi untuk mengoptimalkan yang ada guna memperlancar pembelajaran kimia. Semoga sekelumit informasi ini bermanfaat.

Urip Kalteng.

Comments (11)

  1. Alhamdulillah, terima kasih banyak pak. Maaf lahir bathin pak, kangen nih. Dulu saya mendengar Guraru dari bapak, sekarang saya baru bergabung. Ternyata memang asyik dan mantap deh web ini. Saya sedang banyak belajar dari Guraru. Baru hari ini ada kimia, hehehe. Salam perjuangan pak.

  2. @Bunda Etna Rufiati: Waoo… Nun Injih, sami-sami Bunda Etna Rufiati yg tetap energik, luar biasa dah, terima kasih atas banyak hal ttg pembelajaran kimia selama ini yang membuka wawasan saya. Semoga Bunda selalu dikarunia kesehatan.

    @Mas Sukani: Lanjutkan biar mantab dan selalu hot di guraru 🙂

  3. Amin YRA. Alhamdulillah, walau sudah pensiun dari PNS saya masih mengajar kok, bahkan ikutan ngajar kelas X disamping kelas XI dan XII SMA dan SMK Farmasi. Saya sekarang agak rajin sharing di web ini, amat menyenangkan. Terima kasih sharingnya dan salam perjuangan.

  4. Hahaha pak Sukani ini bagaimana toh, saya lho yang merasa malu. Seumurku masih belum bisa menandingi kerajinan, keuletan, kemampuan, ketrampilan,dll dari bapak. Bapaklah salah satu Guraru yang telah memotivasiku untuk terus mendampingi bangsa dalam perjuangannya. Hehehe terima kasih responnya. Salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar